Pages

Wednesday, October 24, 2012

Honda All New Beat FI Mampu Terobos Banjir

Di suatu tempat yang memang biasa buat nongkrong, Main Dealer Honda di Lampung sedang menyelenggarakan hajat yang cukup besar. Mengundang artis papan atas Cerrybell (bener gak sih nulisnyah? Haha) PT. Tunas Dwipa Matra selaku Dealer utama Honda di Lampung menggelar acara launching. Apalagi kalo bukan launching New Beat FI produk yang diembassadori girl band ternama nasional itu. Memang acara ini kelihatan seperti pagelaran acara dealer biasa, namun dengan poster CB2 yang terpampang di sepanjang jalan menuju TKP, pastinya akan menggugah masa untuk berbondong-bondong mendatangi hajatantersebut. Maklum juga di sini (baca : Lampung) jarang kedatangan artis ibu kota. Sebenarnya acara diselenggarakan dari pagi hingga malam hari sebagai puncaknya. Namun saya yang memang bukan fans berat CB2 memilih untuk mengintip acara pada sore harinya saja.

Hari itu 20 oktober 2012, di Bandar Lampung memang sedang diguyur hujan lebat. Hal tersebut yang mungkin menjadikan alasan tempat hajatan PT. Tunas Dwipa Matra masih sepi dengan pengunjung. Apalagi sempat ada kecelakaan kecil yakni tenda acara rubuh diterjang angin saat hujan deras melanda. Dan syukurlah tidak ada hal serius yang diakibatkan insiden kecil tersebut. Oke langsung saja akan sedikit saya beberkan oleh-oleh saya saat mampir di sana.


Layaknya perhelatan serupa, sudah pasti berjajar display yang memang hanya produk yang dilaunching yang terpampang. Dan hal ini lazim untuk memfokuskan pada produk tersebut. Namun terdapat stand yang membuat semua orang pasti mendekat ingin tahu lebih jauh. Dalam sebuah aquarium besar, satu motor skutik bertulis “Beat FI” dicemplungkan ke dalamnya pada keadaan standar 2 dan mesin tetap menyala. Ban yang berputar di dalam air menunjukkan RPM dijaga pada putaran tertentu untuk menunjukkan Beat FI tahan air. Mesin PGM-FI yang dicangkokkan pada skutik anyar Honda tersebut menyemburkan air bukti bahwa engine juga terndam air. Penjaga stan menjelaskan perlakuan tersebut ditujukan untuk membantah mindset orang tentang injeksi yang bersifat elektrik dan tidak boleh masuk dalam air. Dan memang hal tersebut juga sekaligus membuka mindset masa bahwa skuter matik injeksi sanggup menerobos banjir. Dan Beat-FI lah buktinya. Lumayan juga kedalaman air dalam aquarium, terlihat angka 30 cm pada rata permukaan air dalam aquarium.
Beat FI nyemplung dalam air (keadaan standart 2)
Mesin Beat Terendam air namun masih bisa hidup
Tinggi permukaan air yang merendam Beat FI sekitar 30 CM
Unik memang, bahkan ada pengunjung yang bertanya pada penjaga stand dengan polosnya “kalo Mio-J bisa gini gak mas?”. Sang penjaga pun membalas dengan sangat diplomatis “wah kalo Mio-J saya gak tahu buk, lha wong belum dijajal”. Sang penjaga stand pun menambahkan bahwa penempatan aki di bawah dek (tenggelam dalam aquarium juga) tidak terjadi korslet atau gangguan apapun saat mesin start hingga ban berpusing ria.. Wih keren juga yak, Mio-J bisa gitu gak ya?? Hahaha… 
Letak Aki yang dibawah dek dipastikan tercelup saat Beat FI dinyalakan
Dalam RPM tertentu Mesin Beat tetap menyala meski tercelup air
Evolusi Beat Karbu à Beat FI (Tidak jauh beda denagn evolusi skutik entry level competitor)
Setelah melihat meraba dan menerawang bentukan All New Beat di stand display, saya coba bandingkan dengan Beat karbu. Yup Bentuk memang lebih futuristic dibanding versi sebelumnya. Namun Beat FI sepertinya kalah slim dibanding versi karbunya. Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal tampilan. Hal ini sepertinya tidak terlalu jauh berbeda dengan evolusi skuter matik competitor yakni Mio menjadi Mio-J. Namun upgrade fitur seperti varian CBS menjadi nilai lebih Beat FI atas Mio-J. Memang Honda terkenal dengan produk dengan fitur yang melimpah. Beat FI IMHO punya sedikit kelemahan. Tombol-tombol pada handle sebelah kiri ternyata masih menganut bel diatas saklar sein. Namun jika sudah terbiasa dengan mahzab seperti itu, hal tersebut bukan menjadikan suatu kelemahan.
Beat FI on the wall
Tombol Bel Beat FI terletak diatas saklar sein
Secara keseluruhan Beat FI terlihat lebih ciamik dari versi sebelumnya. Harga juga sudah dilegalkan. Tinggal menunggu review para user atau test rider mengenai performa nih motor aja. Beat FI apakah bisa melanjutkan kesuksesan kakak kandungnya? Time will tell aja lagh…

Banjir?? Terabas ajah… Lha wong pake Beat FI kok… Hehe… Semoga berguna…

BONUS :
PGM FI Simulator
Kaki Beat FI (ternyata cakram disebelah kiri) #baru ngeh
Honda Riding simulator

Update : Baru keinget bahwasanya suara starter Beat FI ini masih 'lumayan' berisik. Meskipun Sudah tidak seberisik versi pendahulu, namun IMHO masih kalah senyap jika dibanding kompetitor aka Mio-J. Entah karena saat itu pendengaran saya sedang kurang oke atau ada efek lain yang membuat suara starter Bet FI belum terasa halus. Mungkin ada yang sudah mengcompare secara langsung? silakah dishare di kolom komentar...
Advertisement
-->
Regards,

waw

Link Terkait :
Ganti Dapur Pacu, Apakah Honda Beat Masih Digdaya?
Beat FI nyemplung akuarium lagi 72 jam alias 3 hari non stop

30 comments:

  1. Mesin bisa nyemprot gitu gan??

    ReplyDelete
  2. Wah, minggu kemarin di tempatku juga ada masbro. Sayang saya malah gak njepret yang sampean jepret ini. :)

    Titip yaaa
    http://nyobamoto.com/2012/10/24/galeri-foto-honda-racing-championship-2012-seri-malang/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daerah mana ntu bro?? berarti ane yang telat dong sebenernya...

      Delete
  3. Jaman Mio pertama kali keluar juga direndem gitu masbro, di PRJ tahun 2005 apa 2006 ane lupa... yg jelas semua motor matic rata-rata lebih tahan banjir dibanding bebek

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro... katanya juga asal lubang snalpot ga masuk aer beat FI aman, lubang snalpot nyemplung pun gpp asal betot gas pool... hehe

      mio lawas bisa gitu juga, kalo mio-J pasti bisa banget ya bro???

      Delete
  4. Anti air,,, kayak daun talas aja...!!

    ReplyDelete
  5. smua mtor matic ya gtu Kalee, katrok bget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang Bikin Unik Penempatan Aki di Bawah Dek yang juga terendam aer dan tidak tibul gejala KORSLET Gan...

      Delete
  6. keren ya bro, anti banjir
    http://irza4627.wordpress.com/2012/10/25/honda-tralis-k15-what-are-you-waiting-for/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Simulasi aja itu bro... Prakteknya sih belum ngerti emang anti banjir beneran atw gak. Tapi at least sudah menjawab keraguan masyarakat akan motor yang bisa terobos banjir.

      Delete
  7. sip tinggal impresi ridingnya saja nih

    ReplyDelete
  8. Beat lawas juga rem cakram nya di sebelah kiri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro baru ngeh... kebanyakan kan aplikasi cakram sebelah kiri ntu pada motor2 jadul...
      ternyata gak selalu...

      Delete
  9. mau aja di tipu marketing>.......kalau dah masalah malah bilang gak tauw.....yg ngorok aja gak tauw masalahnya dmna wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. meskipun dibilang "tipuan", hal tersebut merupakan strategi marketing juga lho bro...

      Delete
  10. Ane aje punya mio 2009 dan Vixion 2011 mau dijual, malah byk mslh motor yamaha..

    ReplyDelete
  11. masalah stater beat yang lebih kasar di bandingkan mio,,.,setau ane karena beat mengaplikasikan jenis stater pinion (mirip stater mobil) yang ketika di operasikan pinion gear stater bergerak maju ,itu yang menyebabkan suarany agak "keras" klo mio mengaplikasikan stater tipe rante yang biasa ada di motor bebek lainnya,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip gan... nice share...

      keunggulan dan kelemahan diantara keduanya pegimane gan??

      Delete
  12. maksih bos atas info beat nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama gan... Senang Tulisan saya bisa berguna...

      Thanks atas kunjungannya

      Delete
  13. banjir 30 cm (1/2 ban matic)-> semua motor lolos aja (ga heran). kl banjir jakarta kemaren gmn ? kl perkiraan baNJIR 50cm (3/4 ban motor bebek), apa matic n bebek bs laju ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu disinyalir cuma menunjukkan aki beat yang tahan air bro.
      tapi kata taknisi yang jaga stan, beat terendam lebih dari 30 cm pun bahkan knalpot kerendam asal gas pol terus tetep bisa jalan mesinnya bro..

      dibuktikan lagi pada even lanjutan dengan menyemplungkan beat FI ini selama 72 jam alias 3 hari non stop >> http://wawwiwiwaw.blogspot.com/2012/11/beat-fi-nyemplung-akuarium-72-jam.html

      Delete
  14. walah kalo banjir motor matic mending jgn nerobos, bahaya bisa mati ditengah jalan. pengalaman ane di bandung banjir selutut, vario, mio, mati ditengah jalan, tapi motor bebek biasa masih jalan selamat sampe tujuan...kecuali motorna dimodif knalpot dan pernapasan mesin disambung selang gede yg tahan panas, block cvt dan ecu di sealer, jadi aman deh banjir 1 meter bisa diterobos...wussss...wussss

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro, metik biasanya lebih pendek (baca rendah) dibanding motor bebek, bisa jadi ini yang membuat metik lebih rawan mati jika terobos banjir.
      namun yang perlu diperhatikan saat terobos banjir adalah filter udara dan busi (jangan sampai ikut tergenang)
      batas aman banjir yang bisa diterabas yakni sebatas as roda motor mas bro..

      Delete
  15. apakah mungkin beda hasil bila langsung terjun ke medan banjir sesungguhnya?

    salam kenal, ditunggu kunjungannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi beda, bisa jadi sama. namun seharusnya simulasi ini memberikan keyakinan kepada calon pembeli agar tidak risau dengan kondisi banjir jika memakai Beat FI.

      Delete