visit on my page

Tuesday, March 13, 2012

SEPEDA MOTOR SEBAGAI ALAT TRANSPORTASI POPULER


Manusia merupakan makhluk sosial yang akan selalu bergerak dan bukan berdiam diri di tempat saja. Demi kelangsungan hidup manusia akan memenuhi kebutuhannya. Hal tersebut menuntut manusia memerlukan alat untuk berpindah tempat. Tuhan telah menganugerahkan kaki kepada manusia agar manusia bisa bergerak ke mana saja yang mereka inginkan. Seiring dengan kemajuan zaman, manusia terus berfikir untuk memudahkan segala keinginannya. Zaman sekarang manusia bergerak bukan hanya menggunakan kaki saja. Banyak sekali mesin-mesin yang mereka ciptakan untuk memudahkan segalanya. Kita mengenal berbagai macam alat transportasi seperti mobil, motor, kapal, pesawat terbang, dan lain sebagainya. Semua itu dibuat manusia untuk memepermudah dan memperluas jarak jangkauan mereka.


Macetnya Jalan Raya
Semakin tua umur bumi ini, sedemikian banyak pula populasi manusia di yang hidup di atasnya. Manusia berkoloni dan mambentuk suatu komunitas pada suatu tempat yang dinamakan kota. Karena aktifitas yang serba padat, tempat ini menuntut penghuninya untuk selalu bergerak cepat. Maka tak ayal alat transportasi menjadi barang wajib untuk semua orang. Dari alat transportasi umun yang merupakan moda yang dapat dipakai oleh kebanyakan orang, hingga alat transportasi pribadi yang dipakai hanya oleh pemiliknya pun menjejali jalan perkotaan. Dengan alat transportasi yang sangat beragam, manusia tentu akan memilih moda yang mereka anggap paling aman dan nyaman. Mereka akan memilih sesuai dengan kebutuhan dan membanding-bandingkan dari berbagai macam sudut pandang. Keamanan, kenyamanan hingga biaya menjadi pertimbangan utama.
Jargon Pengguna Jalan
Dilhat dari potret alat transportasi umum sekarang, tidak salah jika dirasa sangat tidak nyaman dan jauh dari kata aman. Dengan banyaknya kasus pencopetan, penjambretan, hingga pelecehan seksual mewarnai moda transportasi dengan cost paling rendah ini. Orang-orang pun mulai bergeser kepada alat transportasi pribadi demi mendapatkan rasa aman dan nyaman..Bukan hanya keamanan, kenyamanan dan cost saja yang mereka cari dari alat transportasi. Tapi efektif dan efisien waktu menurut mereka menjadi hal yang sangat penting ketika hidup di perkotaan.
Touring
Banyak pilihan untuk mendapatkan alat transportasi pribadi. Dan kebanyakan orang memilih mobil atau motor. Mobil yang menawarkan kenyaman dan keamanan yang lebih tinggi, menjadi pilihan orang-orang dengan tingkat ekonomi menengah ke atas. Namun costnya yang relatif tinggi menjadikan kebanyakan orang enggan memilih alat transportasi pribadi ini. Selain itu, di jalanan kota yang selalu penuh jejal, mobil tidak dapat berbuat banyak. Keefektifan waktu yang kurang menjadi nilai minus untuk alat transportasi ini. Lain halnya dengan motor, walaupun kenyamanan dan keamanan yang ditawarkan tidak lebih baik dari mobil, namun motor tentu jauh lebih nyaman dan aman dibandingkan alat transportasi umum sekarang. Disamping itu costnya yang jauh lebih rendah ketimbang mobil menjadi alasan kebanyakan orang untuk memilih moda transportasi ini. Motor memang seakan menjadi alat transportasi yang paling populer sekarang. Baik laki-laki ataupun perempuan, tua maupun muda lebih memilih moda ini dibanding alat transportasi yang lain. motor merupakan salah satu moda yang paling bisa menembus macetnya jalanan perkotaan. Maka kebanyakan orang beranggapan kefektifan waktu motor lah yang paling tinggi.


Regards,


waw

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?