visit on my page

Sunday, May 27, 2012

PENGARUH WARNA MOTOR PADA MINAT BELI

Warna merupakan suatu citra yang ditangkap oleh mata kita dan dapat kita rasakan langsung. Karena melalui mata, warna yang kita lihat akan terkirim ke otak dan akan menimbulkan perasaan yang beraneka ragam dan bahkan secara langsung akan mempengaruhi mood seseorang. Kita masing-masing individu akan merasakan hal yang tidaklah sama ketika melihat suatu warna. Kita pun mempunyai warna yang menjadi favorit kita karena perasaan tenteram ketika melihat warna tersebut. Suatu warna bahkan dapat melambangkan suatu keadaan atau sifat. Misalnya merah melambangkan berani, merah jambu melambangkan feminin dan lain sebagainya. Selain warna yang kita suka, tentu kita pun akan merasakan perasaan yang kurang nyaman ketika melihat suatu warna tertentu. Tetapi tiap orang akan punya warna favorit dan warna yang dibenci masing-masing.
Karena warna berpengaruh terhadap mood dan perasaan kita, maka tidak aneh jika kita suka mendekatkan diri pada warna favorit kita atau sebaliknya. Kita membeli baju yang warnanya sesuai dengan warna favorit, kita membeli barang-barang yang lain dengan warna yang berdasar pada warna kesukaan.
Tak terkecuali juga motor yang menyedikan dalam banyak pilihan, warna akan menjadi salah satu pertimbangan seseorang untuk membeli. Produsen motor selalu berinovasi dalam mengubah penampilan produk-produknya agar menjadi semakin baik. Warna mendapat proporsi besar dalam memodifikasi tampilan produk karena warna merupakan fist impression terhadap suatu produk motor. Selain karena memang tidak membutuhkan dana sebanyak riset mesin, facelift warna juga menjadi andalan produsen motor karena sangat berpengaruh pada ketertarikan orang untuk membeli.
Warna putih seolah menjadi primadona di jagat permotoran saat ini. Warna yang dianggap elegan, beda dari yang lain, nyentrik, dan sesuai dengan jiwa muda ini sangat banyak peminatnya. Bukan berarti warna yang lain tidak banyak peminatnya, namun warna yang dulunya dianggap norak dan cepat kotor ini malah semakin tinggi demand nya. Memang seiring bergantinya era, bergeser pula klangenan masyarakat. Namun tidak dipungkiri sebuah warna dapat menjadi penentu minat beli masyarakat terhadap sepeda motor.
 
Tampilan memang seakan menjadi hal paling pertama seseorang tertarik pada sebuah motor. Model, disain, warna, dan stripping akan sangat menentukan bagaimana penampilan sebuah motor. Karena tampilan (baca warna) merupakan first impression seseorang terhadap motor sebelum ia mencobanya. Namun selain penampilan tentunya masih banyak lagi hal-hal yang menjadikan seseorang tertarik untuk membeli sebuah motor. Dari harga, perawatan, hingga merek pun mempunyai proporsi tersendiri untuk mempengaruhi alasan seseorang membeli motor. Tapi seberapa besar proporsi mereka masing-masing akan memerlukan studi tersendiri karena berbeda komunitas atau populasi akan berbeda hasilnya. Ada orang yang sangat memperhitungkan harganya, ada pula orang yang harus membeli sebuah motor dengan warna tertentu bahkan akan ditunggu walaupun harus inden. Tiap individu akan mempunyai alasan tersendiri dalam hal ini.
Advertisement
-->
Regards,

waw

2 comments:

  1. tapi kok katanya kalo warna selain hitam, kalo mau dijual lagi pasti harganya jatuh ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah kayaknya belum tentu bro.. biasanya yang menentukan harga jual kembali itu dari faktor body dan mesin yang masih oke dan ada pula faktor2 yang lain seperti ketersediaan dan demand.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?