visit on my page

Wednesday, March 5, 2014

New Vixion Tidak Menggunakan YMJet_FI


YM-Jet FI memang sekarang menjadi suatu istilah yang tak lepas dari pabrikan garputala. Yup, sistem mesin pengganti karburator konvensional ini memang sangat erat sekali dengan teknologi baru yang diusung Yamaha. Tentunya selain image mutakhir, efisiensi mesin pun terdongkrak signifikan oleh mesin penyuplay bahan bakar pengkabut itu. Tengok saja, skutik Yamaha yang termasyur dengan rakusnya akan bahan bakar, kini sudah terbukti berhasil dengan menu dietnya menggunakan YM-Jet FI. Setidaknya mesin Fuel Injection Yamaha ini tercatat lebih irit 30% dibanding versi karburator. Namun saking tingginya popularitas YM-Jet FI ini, banyak awam seperti saya mengira bahwa sistem mesin Fuel Injection yang diterapkan pada semua produk Yamaha terbaru adalah YM-Jet FI. Padahal tidak. Bahkan sales Yamaha yang seharusnya mengerti deskripsi dari setiap produk yang mereka tawarkan sama awamnya dengan kita. Lalu bagaimana sebenarnya?
spek New Vixion
Spek Mio-J
spek Xeon-RC
Dengan alasan tertentu ternyata PT YIMM hanya mengaplikasikan Mixture Jet nya tersebut pada varian skutik mereka. Produk dengan gigi (persneling) mengaplikasikan jenis lain untuk dapur pacunya. Yup, karena sistem yang berbeda maka aplikasi mesin pun dibuat berbeda pula. Coba tengok saja beberapa produk Yamaha Injeksi seperti Mio J series, Xeon RC, bahkan X-Ride pasti ada ‘tulisan’ YM_JET FI pada stripingnya. Beda dengan Jupiter Z1 atau mungkin New Vixion yang hanya ‘bertuliskan’ Fuel Injection. Tapi apakah mesin Fuel Injection pada mesin ber-gigi tersebut juga se-efisien penggunaan YM-Jet FI? Yup, buktinya Yamaha berani melabeli semua mesin pengkabut mereka lebih irit 30% dari varian karbu sebelumnya. 

Jadi intinya sebenarnya YM-Jet FI hanya diaplikasikan oleh pabrikan pada varian skutik saja. Hingga saat ini, Mio-J series, Mio GT, Soul GT, GT 125 hingga X-Ride lah yang menggendong mesin injeksi dengan label YM-Jet FI. Tentu produk bebek seperti Force, Jupiter Z1 tidak menggunakan mesin tersebut. New Vixion sebagai varian sport dengan mesin injeksi pun ternyata tidak memakai sistem Yamaha Mixture Jet Fuel Injection. Lalu kenapa YM-Jet FI yang menjadi lebih terkenal? Yup, memang upgrade mesin pada mio series ini dibilang sangat berhasil. Performa mesin terdongkrak, efisensi pun menjadi semakin baik. Dan tentu, misi Yamaha untuk mengambil alih mahkota market share skutik menjadi satu alasan yang tak terbantahkan.

Jadi, New Vixion memakai mesin YM_Jet FI? Ternyata tidak bro... semoga berguna...
advertisement

Regards,

waw

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?