YM-Jet FI memang sekarang menjadi
suatu istilah yang tak lepas dari pabrikan garputala. Yup, sistem mesin
pengganti karburator konvensional ini memang sangat erat sekali dengan
teknologi baru yang diusung Yamaha. Tentunya selain image mutakhir, efisiensi mesin
pun terdongkrak signifikan oleh mesin penyuplay bahan bakar pengkabut itu.
Tengok saja, skutik Yamaha yang termasyur dengan rakusnya akan bahan bakar,
kini sudah terbukti berhasil dengan menu dietnya menggunakan YM-Jet FI.
Setidaknya mesin Fuel Injection Yamaha ini tercatat lebih irit 30% dibanding
versi karburator. Namun saking tingginya popularitas YM-Jet FI ini, banyak awam
seperti saya mengira bahwa sistem mesin Fuel Injection yang diterapkan pada semua
produk Yamaha terbaru adalah YM-Jet FI. Padahal tidak. Bahkan sales Yamaha yang
seharusnya mengerti deskripsi dari setiap produk yang mereka tawarkan sama
awamnya dengan kita. Lalu bagaimana sebenarnya?
spek New Vixion |
Spek Mio-J |
spek Xeon-RC |
Dengan alasan tertentu ternyata PT
YIMM hanya mengaplikasikan Mixture Jet nya tersebut pada varian skutik mereka.
Produk dengan gigi (persneling) mengaplikasikan jenis lain untuk dapur pacunya.
Yup, karena sistem yang berbeda maka aplikasi mesin pun dibuat berbeda pula. Coba
tengok saja beberapa produk Yamaha Injeksi seperti Mio J series, Xeon RC,
bahkan X-Ride pasti ada ‘tulisan’ YM_JET FI pada stripingnya. Beda dengan
Jupiter Z1 atau mungkin New Vixion yang hanya ‘bertuliskan’ Fuel Injection. Tapi
apakah mesin Fuel Injection pada mesin ber-gigi tersebut juga se-efisien
penggunaan YM-Jet FI? Yup, buktinya Yamaha berani melabeli semua mesin
pengkabut mereka lebih irit 30% dari varian karbu sebelumnya.
Jadi intinya sebenarnya YM-Jet FI
hanya diaplikasikan oleh pabrikan pada varian skutik saja. Hingga saat ini,
Mio-J series, Mio GT, Soul GT, GT 125 hingga X-Ride lah yang menggendong mesin
injeksi dengan label YM-Jet FI. Tentu produk bebek seperti Force, Jupiter Z1
tidak menggunakan mesin tersebut. New Vixion sebagai varian sport dengan mesin
injeksi pun ternyata tidak memakai sistem Yamaha Mixture Jet Fuel Injection.
Lalu kenapa YM-Jet FI yang menjadi lebih terkenal? Yup, memang upgrade mesin
pada mio series ini dibilang sangat berhasil. Performa mesin terdongkrak,
efisensi pun menjadi semakin baik. Dan tentu, misi Yamaha untuk mengambil alih
mahkota market share skutik menjadi satu alasan yang tak terbantahkan.
advertisement
Regards,
waw
No comments:
Post a Comment