visit on my page

Friday, March 16, 2012

Perjalanan SOLO/SEMARANG - BANDAR LAMPUNG


Kali ini saya ingin berbagi sama teman-teman masalah perjalanan antara Jawa (Ngluwak, Jatipuro, Karanganyar, Jawa Tengah yang menjadi tanah air saya) sampai Lampung tepatnya kota Bandar Lampung. Saya tahu melakukan perjalanan sejauh itu bukan perkara mudah, makanya saya mencoba berbagi pada kalian yang mungkin saja sangat memerlukannya.

Bis PO. Putera Mulya

Dari desa saya Ngluwak, saya diharuskan dahulu menuju kota Solo ataupun Semarang. Sedangkan perjalanan dari Ngluwak ke Solo atau Semarang sudah saya jabarkan panjang lebar pada postingansaya terdahulu. Sekarang tinggal bahas bagaimana melakukan perjalanan dari kedua kota tersebut. Sebenarnya kalau mau naik bis yang langsung ke arah Lampung sih gampang tinggal beli tiket, naik sekali dan sudah sampai. tapi kali ini saya coba berbagi seandaninya perjalanan kita ngeteng alias berpindah-pindah armada.

Mengenai Bus-bus Solo/Semarang – Lampung yang reasonable kita bahas nanti ya….
Loket Damri Lampung

Kita mulai ya... Dari terminal (Solo/Semarang) bisa langsung pilih bis jurusan Jakarta, atau Ke Merak, atau ke kota-kota berikut yang menjadi jangkauan bis Damri Lampung (kota tersebut adalah Bandung, Bogor, Bekasi, Jakarta) jikalau memang akan meneruskan perjalanan menggunakan bus Damri Lampung. Kalau pilih yang jurusan jakarta, Sesampainya di terminal besar jakarta tinggal mau langsung ke arah Merak atau mau naik bus damri yang langsung ke arah bandar lampung. bus damri bandar lampung selalu standby di stasiun gambir dan berangkat pagi (8am s/d 10am) serta malam (8pm s/d 10pm). bus tersebut tidak berhenti untuk mencari penumpang lagi dan langsung menuju bandar lampung. Sedangkan jika naik bus ke arah merak, jam berapapun ada yang berangkat dari terminal besar, namun jika sudah menjelang tengah malam sampai dini hari butuh kesabaran, karena memang akan lebih jarang.

Bis Damri Bandar Lampung

Pelabuhan Merak
Sampai di Merak (pelabuhan), baik malam, pagi, ,atupun sore akan tetap melayani penyeberangan. karena kapal di sana beroperasi selama 24 jam kecuali kapal cepat yang beroperasi pagi sampai sore dan saat cuaca sedang baik-baik saja. memang penyeberangan menggunakan kapal cepat akan cepat sandar di pelabuhan bakauheni tidak lebih dari 1 jam, sedangkan kapal roro (roll on roll off) bisa memakan waktu kurang lebih 3 jam. namun tiket kapal cepat memang harganya lebih mahal 3X pula dari kapal roro yang seharga 11K IDR. jika Anda sekalian mau, biasanya ada di sepanjang jalan menuju pelabuhan dari terminal merak, ada mobil2 baru plat putih yang akan dikirim ke sumatera dari jawa dan mencari penumpang (biasanya di samping koridor penjaja makanan). Dengan membayar 50K seorang, anda bisa langsung naik dan diantar sampai tempat tujuan di bandar lampung. namun sedikit hati-hati ya, disana premanisme masih lumayan kental.

Pelabuhan Bakauheni (Siger View)
 setelah kapal sandar di dermaga pelabuhan bakauheni (jika anda naik kapal), anda dapat mencari bus ke arah mana saja di lampung dari pangkalan/terminal di sana. atau anda dapat memilih naik travel yang mengantarkan penumpang sampai tempat tujuan. Dengan naik bus ke arak rajabasa misalnya, anda dipungut biaya 22K IDR (untuk AC - Tapi biasanya AC alakadarnya) dan menempuh perjalanan yang panjang dan lama (bisa sampai 5 jam). Sedangkan jika naik travel, perjalanan dapat ditempuh 2 - 3 jam dengan biaya 35 ribu (biasanya mobil avanza,grandmax, APV). Saran saya jika naik bus, pilih bus yang bener-bener oke. Jika naik travel pilihlah yang berplat kuning (punya ijin trayek). Selebihnya tinggal menunggu waktu sampai armada yang kita tumpangi sampai pada kota Bandar Lampung. Untuk Bis masuk ke terminal rajabasa (terminal besar di Bandar Lampung). Terminal ini sepertinya sudah terkenal dengan terminal yang keras. Selain retribusi selangit (seorang bisa 5K IDR bayangkan!!!), premanisme juga masih subur di sana. hindari masuk ke terminal jika belum terbiasa apalagi kalau waktu petang. minta turun saja di luar terminal atau naik bus dari luar terminal.
Semoga Share saya bermanfaat...
Advertisement
-->
Regards, 

waw

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?