visit on my page

Wednesday, September 12, 2012

Pamor Jupiter Kembali Pasca Lahirnya Jupiter Z1?

Telah kita ketahui bersama. Yamaha telah menghadirkan motor bebek injeksi pertama mereka. Mesin pengkabut Yamaha telah dicangkokkan kepada produk 115CC. yup Jupiter Z yang dulu terkenal dengan DNA balapnya yang nggegirisi. Namun entah mengapa gaung jupiterZ akhir2 kurang terdengar. Bukan hanya aplikasi mesin Fuel Injection biasa. Namun YIMM telah menggaet teknisi handal MotoGP untuk memodifikasi basis mesin Jupiter Z1 tersebut. Hasilnya bukan saja lebih irit, namun telah diklaim oleh pabrikan bahwa performa Jupiter Z1 ini meningkat sebesar 20% dari versi sebelumnya. Memang jamaknya produk baru akan lebih baik dari versi sebelumnya. Terdapat peningkatan teknologi yang pasti. Namun, dengan adanya upgrade versi tersebut, apakah Jupiter Z1 akan dapat mengembalikan pamor Jupiter yang terkenal nggilani? Mari kita bahas bersama.


Karbu sudah tidak jaman lagi
Upgrade pertama tentunya dari bagian mesin. Mesin karbu digantikan dengan mesin FI. disini Yamaha telah menagantisipasi sejak awal akan adanya era motor injeksi. Dimungkinkan kedepan dalam waktu yang tidak lama lagi, kendaraan roda 2 akan cibekali mesin injeksi. Dan sampai pada suatu saat nanti yang namanya mesin karbu itu jadul. Maka, Jupiter Z1 tidak masuk dalam kategori jadul.

FI lebih irit jelas
Transformasi dari karbu ke injeksi jelas  memberikan dampak yang signifikan dalam segi konsumsi bahan bakar. Mesin injeksi tidak akan minum lebih banyak bengsin dibandingkan mesin karbu. Bagaimana jika sudah kenceng, ngirit lagi… apa ga semakin naik tuh image Jupiter??
Modifikasi mesin dapat meningkatkan performa 20%
Segala macam cara dialkukan RND Yamaha Indonesia untuk menciptakan produk yang diinginkan orang Indonesia. Jiah… orang Indonesia itu simple kok tapi edyan. Masak minta motor kenceng tapi uirit… opo tumon?? Namun Yamaha Indonesia menjawabnya dengan menggandeng teknisi handal MotoGP sebagai otak unutk mngotak-atik Jupiter menjadi kenceng bin irit. Dan lahirlah Jupiter Z1. Diklaim pabrikan jika Jupiter Z1 lebih irit dan performanya meningkat 20% dari versi sebelumnya.

Mesin masih dapat dibore up bahkan lebih mudah (tidak pake diasil cylinder)
Kecerdikan Yamaha bukan sampai di modifikasi mesin saja. Namun pengaplikasian piston dan silinder pun dicerna dengan matang. Jika Jupiter MX yang dihembuskan ruh bebek sport mengaplikasi apek andalah forged piston dan diasil cylinder dan tak mungkin dapat dibore up, maka Jupiter Z1 ini cukup menggunakan forged piston dan cylinder biasa (bukan diasil). Tujuannya pun sangat mulia yakni performa. Piston tetap bisa maksimal karena materialnya ringan nan kuat, sedangkan cylinder dapat dibore up sesuai keinginan. Yup berarti gampangannya Jupiter Z1 masih bisa dibore up layaknya Jupiter pendahulu.

Bagaimana kiprahnya di dunia balap nanti (terdekat PON)
Nah inilah poin yang penting. Gen Jupiter besar karena kancahnya di sirkuit balap nasional yang sangat disegani. nama beasr Jupiter muncul dari raungan mesin dan aksi diatas sirkui berkelok. Mudahnya boreup dan modifikasi mesin sangat membantu untuk mancapai nama besar itu. Dqan pertanyaanya adalah, bisakah versi terbaru dari Jupiter ini menjawab tantangan itu? Seberapa dominan Jupiter Z1 menguasai dunia perbalapan motor bebek nasional? Kita lihat saja aksinya. Ajang balap pertama Jupiter Z1 mungkin dapat kita nikmati pada PON 2012 di Pekanbaru Riau.
 

Berikut spesifikasi Yamaha Jupiter Z1
Semoga berguna…

Regards,

waw
-->

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?