visit on my page

Thursday, December 12, 2013

Mio GT Eksis, Mio J Teen Ditepis?


Kehadiran Mio GT di kubu Yamaha sepertinya telah menyemarakkan gen produk Mio yang menjadi motor matik andalan PT YIMM. Sebut saja Mio J Sporty, Mio J Teen, dan Mio Fino serta dilengkapi Mio GT itu sendiri. Bukan adat Yamaha untuk menggelontorkan banyak varian untuk satu type produknya. Terlebih lagi jika dibandingkan, varietas Mio J kalah dibanding Mio GT dalam demand. Dan tak dipungkiri pula jika bentuk keduanya nyaris sama. Maka untuk menyongsong tahun yang baru, seharusnya dibutuhkan suatu kebijakan sebagai usaha evaluasi untuk mempertimbangkan kelangsungan gen Mio pada umumnya.

Akan sangat mungkin jika Mio GT yang memiliki popularitas lebih dan kebanggaan sentuhan tangan lokal akan lebih punya kans di tahun depan. Mio Fino jelas punya pangsa pasar tersendiri. Tinggal Mio J yang butuh evaluasi. Gonta-ganti striping sepertinya tidak memberi sumbang sih signifikan bagi penjualan. Justru skutik entry level jebolan padepokan PT YIMM Karawang West Java itu malah semakin ditendang kompetitor pasca Beat FI rilis. Lihat saja Mio J Teen. Warna semarak, pilihan kontras khas remaja, hingga striping yang agak  nyleneh pun sudah diaplikasikan. Namun hasilnya, tidak lebih dari sekedar pelengkap varian Mio J saja. Berdasar itu, sepertinya evaluasi pantas diberikan kepada Mio J Teen. 

Apakah harus disuntik mati? Nah itu pertanyaan yang hanya petinggi YIMM yang bisa jawab. Yang jelas, imho jika dibandingkan antara Mio J sporty, Mio J Teen, dan Mio GT probabilitas eliminasi jatuh kepada Mio J Teen. Pilihan bijak hanya ada pada suntik mati atau facelift. Jika pilihan pertama ditempuh, sudah pasti Yamaha kehilangan 1 varietas dan itu akan berdampak pada strategi marketing. Jika pilihan jatuh pada opsi kedua pasti petinggi YIMM akan kebingungan dengan cost yang harus digelontorkan. Kemungkinan opsi mempertahankan eksistensi Mio J Teen pun tentu ada. Namun pilihan manapun kita hanya sebagai penonton yang tinggal tunggu hasil. Kalo menurut saya sih mending Mio J Teen disingkirkan, Mio J menyisakan 1 varian saja dengan sedikit facelift minimal striping dan warna. Terus, Mio J bersama Mio GT bergandengan di segmen skutik entry level. Tapi yang jelas PT YIMM punya strategi yang lebih mumpuni dari sekedar usulan nyleneh saya tadi. So, Mio J Teen... “Dilibas atau berhias?” Semoga berguna...
 advertisement


Regards,


waw

3 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?