visit on my page

Monday, August 31, 2015

Saat Kartu ATM Tertelan Mesin ATM


ilistrasi dari riaubertuah.com

Mungkin bagi Anda yang sering mendengar kisah atau kejadian ini akan menganggap biasa saja. “Hmmh ATM tertelan mesin? Doang? Apanya yang heboh?....”, itu dalam benak saya dulu  jika ada seseorang yang mengalami kejadian kartu ATM ngadat di mesin paling dermawan sedunia. Tapi, saat saya mengalaminya sendiri, sumpah paniknya bukan main. Sedang akan membayar tiket promo pesawat online dan tiba-tiba mesin ATM blue screen tanpa bilang apa2 adalah sesuatu yang sangat sesuatu sekali. Jelas, transaksi belum selesai dan sistem sudah membaca PIN. Yang saya takutkan, jika mesin yang terhormat tersebut tidak saya tunggu, dan tiba-tiba sang mesin dermawan itu  bangun dari mati surinya, dan orang disekitar bisa mengakses untuk mengeruk semua kekayaanku, dan aku seketika menjadi gelandangan kan gak lucu. 

Saya pun sabar menunggu. 5 menit, 10 menit, 15 menit, saya pun mulai gusar dan ingin sekali memperkosa, mengkoyak-koyak, dan memporak-porandakan sang dermawan namun saya tahan. Untung mesin  ATM berada di dalam gedung sebuah mini market. Saya pun segera bernegosiasi dengan mas penunggu toko (karena mbak2nya gak ada.. hehe). Dimulai dari interogasi seberapa sering kejadiaan nahas seperti ini terjadi di sini hingga rekues mematikan mesin ATM dengan mencabut daya atau bahkan menutup tokonya saja biar uang tabungan saya selamat. Akhirnya musyawarah pu berakhir dengan kesepakatan mas penunggu toko bersedia memantau sang mesin dermawan yang baik hati itu jika ada hal-hal yang mencurugakan.

Saya pun bergegas pulang, dan pagi itu (sekitar jam 07.30 WIB) saya beranikan diri untuk ijin telat ngantor ke pak bos untuk mengurus kartu ATM saya yang dimakan oleh sang dermawan. Bersiap-siap (tetep mandi) untuk menuntaskan 2 misi yakni membayar tiket promo pesawat mudik dan membuat kartu ATM baru. Persiapan usai, saya langsung meluncur ke TKP. Dan, apa yang saya lihat? Ada seseorang yang sangat mencurigakan sedang bertransaksi dengan sang dermawan. Wew jangan2 dia yang akan membuat saya jatuh miskin... saya segera mendatangi mas2 penunggu toko untuk meminta pertanggung jawaban. Namun kepanikan saya berhasil diredam oleh seorang penunggu toko. “tidak mas, tadi memang hidup sendiri, tapi ya kayak tidak ada apa2”. Well, berarti saldo saya tidak terjamah. Syukur...

Misi pertama (ganti kartu ATM) masih bisa ditunda sesaat. Langsung booking ulang tiket promo yang alhamdulillah belum naik harga dan sukses dibayar dengan klik BCA. Kenapa tidak dari tadi saja kampr*t... Setelah kelar, saya meluncur ke Bank BCA Bandar Lampung di Jl. Yos Sudarso. Yup, dan hanya bermodal identitas diri (yang sesuai dengan buku tabungan rekening) dan tentu saja buku tabungan, saya bisa membuat kartu ATM baru. Dengan potongan uang 10k yang ditarik langsung dari saldo tabungan, kartu ATM yang muluz pun mendarat di tangan.

Sederhana memang, namun memang butuh mental baja untuk meredam kepanikan. Sebagai modal anda yang kebetulan mengalami hal sama “Jangan panik saat kartu ATM Anda tertelan di mesin ATM”. Selain dermawan, mesin tersebut juga pintar. Pintar memilih orang pintar untuk dimakan kartu ATM nya. Dan pintar pula untuk tidak membuat pemilik ATM miskin mendadak. Ada sistem yang otomatis menutup transaksi saat ATM bermasalah di dalam mesin. Sang mesin dermawan nan pintar itu bisa mendeteksi kartu ATM yang “cacat”. Entah retak, pecah, tertekuk, dll. Identifikasi untuk kasus saya ini, kemungkinan adalah kartu ATM yang barusan tertelan ternyata sebelumnya sempat ikut bergumul bersama pakaian saya di mesin cuci. Meskipun tidak kasat mata, mungkin sang mesin selain dermawan dan pintar juga punya indera ke 6 untuk mendeteksi kartu ATM yang kacao karena digempur rinso. Jadi ada baiknya jika kartu ATM sudah ada sedikit cacat, sempatkan lah untuk menggantinya dengan kartu yang baru di kantor Bank terdekat. Semoga berguna...

Regards,

waw

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?