visit on my page

Friday, June 8, 2012

Alasan Orang Indonesia Membeli Motor


Kemajemukan Indonesia memang tidak disangkal lagi. Mulai dari potensi alam, adat, budaya, personality, hingga income perperson sungguh memperlihatkan keanekaragaman. Tiap individu satu dengan yang lainnya pun terlalu berbeda disbanding dengan pola personity dinegara maju yang sudah serba seragam. Lihat saja begitu kontrasnya orang KAYA dan orang MISKIN di suatu daerah. Terlebih lagi dengan segala macam birikrasi yang semakin bikin pening kepala. Namun bukan itu yang akan saya bahas. Terkait dengan life style orang Indonesia pada umumnya, saya akan bedah sedikit tentang "alasan kebanyakan orang Indonesia membeli sebuah alat transportasi berupa Motor". 

Kondisi kebanyakan masyarakat saat memutuskan untuk membeli motor
  1. Mulai kerja dan perlu alat transportasi
  2. Sudah ada rencana untuk beli
  3. Sudah menyelesaikan angsuran
  4. Motor yang lama rusak
  5. Ada promo/DP murah
  6. Bosan motor lama

Yup jika dilihat dari poin diatas, bisa kita buat beberapa catatan. Pertama, dan yang paling basic adalah kebanyakan  Orang Indonesia membeli motor untuk sarana bekerja. Ini berarti memang mereka membeli motor untuk kegiatan operasional penunjang kehidupan dan bukan untuk pajangan, hoby ataupun sejenisnya. Kedua, Kebanyakan pembeli motor di Indonesia membeli dengan cara kredit dan akan membeli motor kembali jika angsuran kredit sudah selesai. Pendapatan perkapita penduduk Indonesia memang tidaklah besar, maka mereka kebanyakan hanya sanggup membeli barang diatas 10 juta dengan cara mencicil dengan tanggungan cicilan yang relative kecil.

Selain itu yang Ketiga, relative sedikit orang Indonesia yang cepat bosan dengan barang yang telah mereka miliki, mereka prefer untuk menjaga semaksimal mungkin durabilitas barang tersebut. Ini merupakan life style yang positif. Kemudian yang terakhir adalah orang Indonesia sudah “pintar” untuk mengkonsumsi barang. Hanya sebagian sedikit dari mereka yang membeli motor karena promo ataupun hadiah yang ditawarkan. Mereka lebih memilih untuk membeli barang yang valuenya lebih tinggi walaupun mengeluarkan a little more money.
Yah memang kurang lebih seperti itulah profil kebanyakan orang Indonesia dengan segala macam perbedaan. 

Semoga berguna…

Regards,

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?