visit on my page

Saturday, February 2, 2013

Matik OffRoad Memakai Mesin Matik Entry Level?

Memang lumayan santer desas-desus dari para pemerhati motor di Indonesia bahwasanya akan hadir motor matik adventure atau off road ke tanah air. Yup, tercatat kedua pabrikan motor terbesar di Indonesia disinyalir sedang bersiap-siap untuk itu. Honda sedang berkemas untuk menghadirkan Zoomer X dan Yamaha tak mau kalah dengan berencana memboyong TTX. Nah, walaupun kans motor type ini tidak lah se-asoy matik entry level, namun dapat menjadi line up pelengkap dari produk2 yang sudah ada. Tentunya Yamaha ataupun Honda akan kecolongan jika terlambat menguasai segmen motor matik offroad ini. Satu pertanyaan yang sering muncul, mesin apa sih yang mungkin dicangkokkan pada body zoomer x ataupun TTX nantinya? 

Mesin Zoomer X
Mesin Beat FI
Banyak yang menerka motor matik off road akan dipasangi engine berkapasitas 125 CC atau bahkan lebih. Yah, demi mendapat aura yang pas dan mumpuni melibas jalanan ekstrim. Mosok motor ofroad kok mesine sak iprit. Namun, menurut saya tidak saya menerawang kok kemungkinan besar motor2 matik  adventure tersebut akan diinstall mesin matik entry level. Yup, bisa saja TTX ditermploki mesin Mio-J, sedangkan Zoomer x ditempeli mesin Beat FI. mengapa bisa seperti itu? Hal-hal berikut mungkin bisa menjadi alasan.
 


Di Thailand, volume Silinder Zoomer X hanya 108 CC dan Yamaha TTX 115 CC
Dengan kapasitas mesin setara dengan matik entry level, kedua kuda besi itu pun sudah dapat dijuluki motor penakluk medan ekstrim. Akan sangat mungkin Honda dan Yamaha juga memakai displacement mesin yang serupa untuk Zoomer X Indonesia dan Yamaha TTX Indonesia.

Mesin entry level sudah melalui proses riset panjang
YM Jet Fi pada Mio-J dan juga PGM FI yang tersemat pada Beat FI sudah pasti telah melalui proses panjang di dapur RnD. Proses tersebut tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit bro. Dari pada susah meriset kembali mesin yang baru, mungkin lebih efisien memakai barang yang sudah ada dan terbukti advance.

Pemakaian mesin matik entry level akan menekan cost
Selain tidak perlu waktu dan biaya riset mesin baru, sudah menjadi rahasia umum jika memproduksi barang dengan jumlah massal akan semakin mempersempit keuangan. Dan ini bisa saja dilakukan untuk kasus motor matik offroad yang dipasang mesin matik entry level.

Image type ini diciptakan bukan pure sebagai motor matik offroad
Yah, bisa saja pabrikan menghadirkan motor type ini ke tanah air hanya karena alasan mode. Maksutnya adalah motor diciptakan untuk commuter biasa, namun mengetengahkan desain offroad. Jadi, pabrikan lebih menekankan pada aura desain ofroad tersebut daripada aura performa mesin. So, tidak wajib lah untuk menggunakan mesin berkapasitas besar.


Nah, itu beberapa alasan jika memang benar motor matik offroad nantinya dipasangi mesin matik entry level. Hal itu bisa saja terjadi, tapi mungkin juga tidak, Namanya juga cuma terawangan. Yang penting ada alasan yang masuk. Jangan hanya bisa pokoke saja tanpa mengutarakan alasan yang masuk akal. Matik offroad memakai mesin matik entry level, menurut Anda bagaimana? Sutuju atau tidak? Monggo urun rembug di kolom komentar… Semoga berguna…


Regards,

waw

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?