Xeon RC baru saja muncul namun sudah
deras sekali rumor akan lahirnya Xeon GT. Spekulasi ini nampaknya bukan bualan
semata. Bahkan status sudah confirmed. Para pengamat otomotif menegaskan kemungkinan
basic mesin dari kedua produk tidaklah berbeda. Namun pasti akan sedikit
mengalami modifikasi. GT memang sudah tersemat sebelumnya pada skutik entry
level andalan pabrikan garputala. Soul GT dan Mio GT. Yup, GT version sekarang seakan menjadi idola
baru di dunia motor tanpa gigi. Desain dan aura yang ‘berbeda’ namun minim
perubahan di sektor body membuat sang GT seakan punya segmen tersendiri. Dan
akankah analogi terjadi pada Xeon GT?
Mio GT diperkirakan tetap kontinyu
memeriahkan market skutik entry level di tahun depan mendampingi Mio J.
Tampaknya analogi akan berlaku juga pada generasi terbaru Xeon itu nantinya.
Xeon RC yang masih membawa aura generasi ‘Xeon terdahulu’ akan terus melenggang
bersama tandemnya Xeon GT yang akan mengusung aura ‘Baru’. Dengan basic
mesin yang sama namun pesona desain yang berbeda sepertinya akan membuat menu
line up Yamaha di tahun 2014 semakin crunchy.
Namun memang harus sedikit
berhati-hati. Segmen motor matik semi premium ini tidaklah segendut level di
bawahnya. Itu berarti jika line up ditambah varian, maka otomatis market akan
terbagi. Apalagi disinyalir alokasi skutik 125 CC yang disebut-sebut dengan
kode 2SV itu jauh lebih banyak dari versi sebelumnya. Atau justru dengan strategi
ini akan menambah gendut segmen motor matik semi premium karena alternatif
pilihan menjadi lebih longgar? Hmm, respon pasar yang akan menjawabnya. Dan, bisa pula Xeon yang akan dikenal dengan nama GT 125 tersebut merupakan potitioning baru untuk market baru skutik semi premium sehingga tidak mengganggu segmen yang sudah terbentuk.
Diperkirakan menjadi line up baru
pembuka di tahun 2014, harapan tinggi tentu dibebankan di pundak sang adik.
Xeon GT diharap dapat menjadi idola baru di ceruk pasar matik Indonesia. Lalu
apa ada kemungkinan Xeon RC lengser? Segala kemungkinan pasti ada. Jika respon
positif signifikan deterima Xeon GT dibanding sang kakak, dengan legowo yang
lebih tua harus mundur. Yup, lagi-lagi respon pasar yang menjadi patokan. Jadi,
bagaimana jika Xeon RC dan Xeon GT bertandem di segmen skutik 125CC? Semoga
berguna...
advertisement
Regards,
keren juga tuh Gt125 nya.
ReplyDeleteapanya om yang bikin keren? 3D nya yah?
Delete