visit on my page

Saturday, December 14, 2013

Xeon RC dan Xeon GT 125 Bertandem Tahun 2014?


Xeon RC baru saja muncul namun sudah deras sekali rumor akan lahirnya Xeon GT. Spekulasi ini nampaknya bukan bualan semata. Bahkan status sudah confirmed. Para pengamat otomotif menegaskan kemungkinan basic mesin dari kedua produk tidaklah berbeda. Namun pasti akan sedikit mengalami modifikasi. GT memang sudah tersemat sebelumnya pada skutik entry level andalan pabrikan garputala. Soul GT dan Mio GT. Yup, GT version sekarang seakan menjadi idola baru di dunia motor tanpa gigi. Desain dan aura yang ‘berbeda’ namun minim perubahan di sektor body membuat sang GT seakan punya segmen tersendiri. Dan akankah analogi terjadi pada Xeon GT?

Mio GT diperkirakan tetap kontinyu memeriahkan market skutik entry level di tahun depan mendampingi Mio J. Tampaknya analogi akan berlaku juga pada generasi terbaru Xeon itu nantinya. Xeon RC yang masih membawa aura generasi ‘Xeon terdahulu’ akan terus melenggang bersama tandemnya Xeon GT yang akan mengusung aura ‘Baru’. Dengan basic mesin yang sama namun pesona desain yang berbeda sepertinya akan membuat menu line up Yamaha di tahun 2014 semakin crunchy.
Namun memang harus sedikit berhati-hati. Segmen motor matik semi premium ini tidaklah segendut level di bawahnya. Itu berarti jika line up ditambah varian, maka otomatis market akan terbagi. Apalagi disinyalir alokasi skutik 125 CC yang disebut-sebut dengan kode 2SV itu jauh lebih banyak dari versi sebelumnya. Atau justru dengan strategi ini akan menambah gendut segmen motor matik semi premium karena alternatif pilihan menjadi lebih longgar? Hmm, respon pasar yang akan menjawabnya. Dan, bisa pula Xeon yang akan dikenal dengan nama GT 125 tersebut merupakan potitioning baru untuk market baru skutik semi premium sehingga tidak mengganggu segmen yang sudah terbentuk.

Diperkirakan menjadi line up baru pembuka di tahun 2014, harapan tinggi tentu dibebankan di pundak sang adik. Xeon GT diharap dapat menjadi idola baru di ceruk pasar matik Indonesia. Lalu apa ada kemungkinan Xeon RC lengser? Segala kemungkinan pasti ada. Jika respon positif signifikan deterima Xeon GT dibanding sang kakak, dengan legowo yang lebih tua harus mundur. Yup, lagi-lagi respon pasar yang menjadi patokan. Jadi, bagaimana jika Xeon RC dan Xeon GT bertandem di segmen skutik 125CC? Semoga berguna...
 advertisement


Regards,


waw

gambar : iwanbanaran.com dan tmcblog.com

Link Terkait :
Xeon GT ata GT 125?

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?