visit on my page

Wednesday, January 4, 2012

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN UNTUK MEMBELI JUPITER-Z #2 - by SPSS


Its about my promise in my last posting….. Oke saya berjanji pada postingan saya yang terakhir untuk sharing mengenai “faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen membeli Jupiter” dalam bentuk analisa SPSS. Seperti yang telah saya sebutkan bahwa Hal-hal yang mempengaruhi para pengguna Jupiter kurang lebih yakni :
  1. Kulaitas Produk
  2. Harga
  3. Citra Merek
Tiga faktor pada alinea diatas dijadikan variabel bebas. alias X didunia statistika. ada pula variabel tergantung alias Y disini kita namakan variabel keputusan membeli.  bisa kita kodekan sebagai X1,X2,X3 atau mungkin Y1,Y2,Y3. Dari X1 sendiri dapat dipecah lagi menjadi sub variabel yakni  X11,X12, dst sesuai postingan yang sebelumnya (hal-hal yang dapat menjelaskan tentang X1). Kemudian dari sub variabel tersebut dijadikan pertanyaan yang mewakili sub variabel tersebut.

Dari ketiga faktor tersebut diukur tingkat kepuasan pemilik Jupiter dengan menggunakan standart skala likert yaitu mengubah tingkat kepuasan menjadi sebuah angka sehingga mudah untuk dianalisa. Skala likert tersebut yaitu : Sangat tidak puas (1); Tidak puas (2); Biasa saja (3); Puas (4); Sangat Puas (5). Skala likert tersebut saya jadikan multiple chooice untuk tiap pertanyaan mengenai ketiga faktor diatas.

Data yang diperoleh nantinya harus melewati uji reliabilitas dan validitas, baru dapat dianalisa dengan SPSS melalui regresi linier berganda. Apa itu uji reabilitas dan validitas?? Walah nek cah statistik mesti ngerti… hehe saya yang bukan mahasiswa statistik butuh waktu untuk mempelajari yang gituan.. tapi kapan-kapan akan saya coba ulas mengenai realibilitas dan validitas sekalian belajar bareng.. eeh kembali ke analisa regrasi linier berganda ya… ganti paragraf ajalah biar enak…

Langsung ke aplikasi wae yo… Regresi linier itu untuk menguji suatu variabel yang dipengaruhi variabel lain… Variabel yang dipengaruhi dinamakan variabel tergantung sedangkan variabel yang mempengaruhi merupakan variabel bebas… mumet yo?? Pokeke variabel bebas itu merupakan variabel yang dapat berubah-ubah sesuai lingkungan yang ditempatinya, sedang variabel tergantung itu variabel yang berubah gara-gara perubahan variabel bebas… hehe wis pokoke ngono kui lah…

Lha dalam kasus ini yang jadi variabel tergantung alias yang dipengaruhi yaitu minat beli konsumen, sedangken variabel bebas alias yang mempengaruhi adalah ketiga faktor yang sudah saya sebutkan diatas….

Berikut dasar dari persamaan regresi linier:
Y = a+ b1X1 + b2X2 + b3X3 + … + bnXn
Perludiketahui bahwa :
Y = Variabel tergantung (minat beli konsumen)
X1 = Variabel bebas 1 (Kualitas Produk)
X2 = Variabel bebas 2 (Harga)
X3 = Variabel bebas 3 (Citra Merek)

Persamaan tersebut dapat diinterpretasikan sebagai berikut…

a = Jika semua variable nol, maka y akan a
“Jika semua factor (kualitas produk; harga kompetitif; citra merek) tidak ada , maka minat beli responden akan mengalami kenaikan/penurunan sebesar a “

b1 =  koefisien X1 dapat diartikan sebagai seberapa besar X1 mempengaruhi Y. Atau "seberapa kuat variabel -kualitas produk- mempengaruhi Keputusan membeli.

b2 = koefisien X2 dapat diartikan sebagai seberapa besar X2 mempengaruhi Y. Atau "seberapa kuat variabel -harga- mempengaruhi Keputusan membeli.

b3 = koefisien X3 dapat diartikan sebagai seberapa besar X3 mempengaruhi Y. Atau "seberapa kuat variabel -Citra merek- mempengaruhi Keputusan membeli.

Lha… setelah itu, ini Uji Parsialnya alias uji t… ini untuk menguji apakah tiap-tiap variabel diatas mempengaruhi keputusan membeli apa tidak.

Kemudian, terus, then, laju… "uji simultan" yaitu untuk menguji secara bersama-bersama ketiga faktor apakah signifikan mempengaruhi minat beli konsumen…

Weits… ada satu lagi..  yaitu uji R square. R square ini akan menunjukkan seberapa kuat faktor-faktor ynag menjadi variabel bebas tersebut mempengaruhi variabel Y.


Hufh… kesel ngetik… demikian sedikit share saya semoga berguna…



Regards,

waw
Advertisement
-->
Link terkait :
Pengertian Analisa Regresi Linier
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN UNTUK MEMBELI JUPITER-Z #1
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN UNTUK MEMBELI JUPITER-Z #2

4 comments:

  1. my htb hebattt... ayok banyakin lagi share nya yang beginiannn...

    ReplyDelete
  2. hehe... ketoke postingane marai mumet ya??

    sing nulis mumet, sing moco yo mumet... hehe

    ReplyDelete
  3. SANGAT MEMBANTU, MATUR NUWUN MAS BRO :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak juga bro atas kunjungannya...

      #sangat senang jika tulisan saya bisa membantu

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?