visit on my page

Monday, January 16, 2012

Analisa Regresi Linier 2 lanjutan (Dengan SPSS) - Pengambilan Data


Lanjut gaan… Setelah kita ngerti dasar pemakaian analisa regresi linier, sekarang kita kudu ngerti juga cara pengambilan data dan evaluasi data tersebut (cek kevalidan) agar dapat diolah dan mendapatkan hasil yang tidak bias.


Pertama, gimana mengambil data. Saya ambil contoh seperti pada postingan saya sebelumnya. Kita mau menganalisa seberapa besar variabel2 belajar siswa mempengaruhi nilai mata pelajaran A seorang siswa. Kita pecah dulu Variabel belajar menjadi intensitas belajar, referensi (buku) yang digunakan, dan berapa jumlah pengajar. Ke-3 variabel pecahan tersebut sebagai acuan membuat pertanyaan pada kuesioner. Misalnya untuk variabel intensitas belajar à “Berapa kali dalam seminggu anda mempelajari mata pelajaran A?”; referensi (buku) à berapa buku yang anda pakai untuk mempelajari mata pelajaran A?; dan seterusnya sehingga mendapatkan jawaban berupa numerik (angka). Dapat pula dipakai standart likert : Seberapa sering anda mempelajari mata pelajaran A dalam seminggu? (Sangat sering : 5; Sering : 4; biasa saja : 3; Jarang : 2; Sangat Jarang :1).

Setelah Kuesioner jadi, jangan lupa untuk melakukan presampling dengan mengambil data beberapa untuk mengecek kekuatan kuesioner (keakuratan, mudah dipahami; tidak membuat bingung, dll). Setelah dianggap kuat, maka dapat dilakukan sampling sesuai dengan jumlah sampel minimal

 n = N/(1+Ne2)

di mana :
n : Ukuran Sampel
N : Ukuran populasi
e : Nilai kritis (batas ketelitian) yang diinginkan (persen kelonggaran ketidak
telitian karena kesalahan pengambilan sampel populasi), yaitu 10%

Sebagai contoh :
Jika tingkat kesalahan yang diinginkan (e) adalah 10% ; N = 2934, maka
jumlah sampel yang diteliti adalah sebanyak :
n = 2934/1 + (2934 (0.10)2)
   = 96,70 à dibulatkan 97 (jadi harus mengambil data minimal 97 orang)
  
Setelah mendapatkan Sejumlah sampel sesuai dengan perhitungan diatas, maka barulah jumlah sampel tersebut dapat mewakili jumlah populasi yang ada.

Kemudian setelah data semua terkumpul, maka perlu dilakukan evaluasi data. Evaluasi ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan reliabilitas data yang didapat.

Penjabaran cek validitas dan reliabilitas dilanjut ke lain waktu yak… hehe.. kalo ada yang kurang, salah, kelebihan mohon juragan koreksi… disini kita belajar bareng…

Regards,

waw



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?