visit on my page

Friday, January 13, 2012

Analisa Regresi Linier 1 (Dengan SPSS) - Pengertian dan Dasar Metoda

SPSS, memang tak lepas dari data-data numerik. Program (software in memang sangat membantu sekali untuk melakukan analisa dari data-data numerik yang bejibun. Saya saat ini lagi mulai mempelajari analisa statistik dengan SPSS. Jadi saya akan sedikit share tentang Analisa regresi linier.
Karena memang saya baru mempelajari yang itu. Hehe.. ini bukan untuk menggurui tapi lebih kepada share kalo emang ada yang kurang dan salah ya cmiiw ya…

Regresi lilier memang berawal dari persamaan matematis. Tapi dapat digunakan untuk menjabarkan hubungan yang bersifat linier. Tentu hal-hal yang dapat dianalisa haruslah data yang berupa numerik. Saya ambil contoh. “Pengaruh belajar siswa dengan nilai yang didapatkan”. Diasumsikan belajar dapat mempengaruhi nilai yang akan didapat. Maka belajar harus dikonversi menjadi numerik dulu sebelum dianalisa dengan spss. Belajar dapat di konversi ke intensitas, berapa buku yang dipejari, atau berapa guru yang mengajar, dll (pokoknya diusahakan dapat dikonversi sebagai angka).

Variabel belajar yang mempengaruhi nilai tadi kita anggao sebagai variabel independen karena merupakan variabel yang berdiri sendiri, dan tidak dipengaruhi variabel lain. Sedangkan Nilai kita anggap sebagai variabel dependen karena di berubah sesuai dengan perubahan variabel belajar. Sampai sini lah dasar analisa regresi linier yang saya mengerti. Lain kali disambung lagi, karena masih panjang kali lebar kalo dijabarkan dalam satu artikel.

Kalo mau lihat hasil analisa regresi linier. Dapat dilihat disini.

Regards,

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?