visit on my page

Friday, July 6, 2012

Apa Yang Harus Dilakukan Pasca Cabut Gigi?


Cabut gigi memang pengalaman pertama saya. Kalo ditanya rasanya, saya sekarang bisa menjawab “sakit gigi lebih buruk rasanya daripada cabut gigi”. Namun memang secara estetika tampilan wajah sedikit terciderai dengan hengkangnya salah satu anggotanya itu.Setelah saya sudah bercerita pengalaman saya mencabut gigi molar 3 (wew ini gigi geraham terbesar diantara temen2nya), saya akan sedikit berbagi bagaimana sih seharusnya yang kita lakukan dan tidak boleh kita lakukan pasca cabut gigi? Ini berdasar pengalaman saya saja, dan bukan berarti saya sangat pengalaman masalah ini. 

Tepat saat selesai cabut gigi, gusi bekas dicopotnya gigi meninggalkan lubang luka yang mengaga. Dokter mengantisipasinya dengan menyumpal memakai sebuah kapas yang dibalut dengan kassa. Beberapa kapas penyumpal juga akan diberikan bersama penyerahan resep obat yang harus ditebus. Resep obat biasanya adalah obat penghilang rasa sakit dan antibiotic.

Oke langsung saja, berikut beberapa poin yang harus diperhatikan pasca pencabutan gigi:


1.   Jangan sering meludah di jam2 pertama pasca cabut gigi

Darah yang keluar dari gusi bekas nongkrong gigi yang sudah dienyahkan biasanya tidak 100% dapat ditopang oleh kapas penyumpal. Kadang ada sedikit rembesan darah ke mulut, dan ini memicu kita untuk selalu meludah. Saran saya jangan selalu sering meludah (jarang2 sih gapapa) karena ditakutkan darah akan keluar terus dan susah untuk membeku.

 
2.   Biasakan minum es

Nah agar darah cepat beku dan tidak mbeber ke mulut lagi, segera minumlah es atau air dingin. Lewatkan es/air dingin itu pada gusi bekas cabut agar darah semakin cepat beku.

 
3.   Gantilah kapas penyumpal 3 jam sekali dan janagn pake pnyumpal lagi setelah tidak keluar darah

Kapas hanya dipakai untuk menahan darah agar tetap menempel dibagian gusi dan menggumpal sehingga menutupi luka. Jika kapas masih tetap dipasang padahal darah sudah tidak keluar, kemungkinan malah akan menghambat pembekuan darah dan penyembuhan luka. Kapas disinyalir akan tetap steril untuk waktu sekitar 3 jam didalam mulut.

 
4.   Jangan makan saat kapas penyumpal terpasang

Kalo ini pengalaman penulis. Selain menghambat kita dalam mngunyah makanan, kapas penyumpal yang sekiranya digunakan untuk menutup luka dari makanan justru akan menggores sekitar gusi yang luka dan menekan bagian luka juga. Jadi malah akan timbul luka baru yang memicu sariawan di sekitar gusi tersebut. Dan rasanya… wonderfull… lebih sakit daripada sakit gigi.

 
5.   Makanlah makanan yang tidak keras, tidak panas, dan tidak pedas

Makanan keras jelas akan menyita tenaga kita untuk menggigit dan mengunyah. Jika itu terjadi, akan membuat bekas cabutan gigi terasa sakit dan ngilu karena syaraf2nya dipaksa mengeluarkan tenaga untuk mengunyah walaupun ‘dia’ tidak dapat tugas mengunyah. Sedangkan makanan panas tentu saja akan menghambat pembekuan gumpalan darah pada gusi yang nantinya memperlama proses penyembuhan. dan makanan pedas pun demikian akan membuat luka semakin menganga

 
6.   Jangan sikat dulu gigi di sekitar bekas cabutan

Walaupun boleh mnyikat, tetntu diperlukan alat dan orang yang ahli untuk melakukannya. Daripada beresiko, mending tidak usah disikat dulu deh walaupun nantinya menimbulkan bakteri yang membuat bau tidak sedap. Sikat saja bagian gigi yang lain untuk membersihkan gigi kemudian kumur pake cairan khusus kumur tentunya akan lebih bagus. Oiya ini lah yang memicu sariawan jika ada luka sedikit saja di sekitar gusi bekas cabutan karena bakteri yang lagi konferensi disana gara2 jarang disikat. Dan obat kumur akan sedikit membuat para bakteri lumayan gentar.

 

Oke… itu sedikit share dari saya tentang apa saja yang harus diperhatikan pasca pencabutan gigi. Ini tentunya tidak benar 100%. Namun ini menurut pengalaman yang saya alami. Dan jika saya cabut gigi lagi (semoga tidak) tentu saya akan melakukan hal2 diatas. Mungkin ada pengalaman yang lain dari bro dan sis semua? Monggo dishare juga di kolom komentar.

Semoga berguna…

Advertisement
-->
Regards,

Waw


Ilustrasi Gambar : GOOGLE

Baca Juga :


24 comments:

  1. usahakan ganti tambalan dengan kasa stril hingga benar-benar darahnya berhenti. beli saja di apotek. jangan dibiarkan menganga lubang gusi bekas cabutan gigi. karena klo tidak ditutup proses penggumpalan darah tidak akan efektif dan bisa merembes ke dalam mulut. bagaiamanapun caranya usahakan untuk makan. karena darah yang keluar terlalu banyak bisa membuat kita lemah. klo dirasa agak berkurang, kumurlah dengan air garam hangat. ini pengalaman saya yang tak terlupakan kemarin setelah 3 gigi geraham atas bagian kanan yang tersisa akarnya akhirnya dicabut. pengalamanku kemarin darah masih saja keluar selama kurang lebih 9 jam.Tanya informasi yang sedetil-detilnya sebeum meninggalkan t4 dokter gigi. salam

    ReplyDelete
  2. saya sudah dua hari cabut gigi,darahnya sudah besrsih klo sakit masih terasa ngilu tapi tidak parah sekali cuma datang sekali-kali.yang mU saya tanyakan boleh gak bekumur pake listerine atau obat kumur lain..mohon di jawab.Tq

    ReplyDelete
  3. saya sudah dua hari cabut gigi,darahnya sudah besrsih klo sakit masih terasa ngilu tapi tidak parah sekali cuma datang sekali-kali.yang mU saya tanyakan boleh gak bekumur pake listerine atau obat kumur lain..mohon di jawab.Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. IMHO sih boleh kumur pake obat kumur asal kumurnya tidak terlalu kencang saja. apalagi darah sudah gak keluar. tapi kalau masih ragu mending kumur dengan air putih saja.

      Delete
  4. Sya 4 hari yg lalu ke dokter gigi dan menyarankan untk kmbali lagi untk mncabut gigi graham saya, mhon share-nya kira2 lebih baik dicabut apa tidak ya,,,, sya dilema sekali disatu sisi hampir tiap hari gigi tersa nyut2-an, tapi sya takut juga jika gusi sya berlubang. Thx ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah memang selalu ada kekurangan dibalik kelebihan. jika anda tidak segera mencabut gigi, dikhawatirkan nyut-nyutan akan ke level yang lebih tinggi dan pasti kesehatan gigi yang jadi taruhan. tapi disisi lain gigi anda masih "terlihat" lengkap dan estetika pun masih terjaga.

      sebaliknya jika anda mencabut gigi, tentu saja rasa nyut-nyutan akan segera sirna. jangan khawatir gusi akan bolong, karena luka bekas cabut akan menutup sempurna. tapi memang akan sedikit mengurangi estetika karena saat mulut terbuka akan terlihat kehilangan satu gigi, dan tentu akan mengurangi kenyamanan mengunyah makanan. namun anda bisa mensiasatina dengan pasang gigi palsu.

      yup, saran saya cabut saja dan untuk selanjutnya menjaga kesehatan gigi adalah suatu kewajiban.. thanks @glutera glutathione telah mampir...

      Delete
  5. Share aj ya. Saya sudah cabut gigi geraham bungsu yg impaksi 4 kali, cabut gigi belakang taring 4 kali juga karena pake behel. Setahu saya, kapas hanya oleh digigit 1 jam awal setelah itu jangan ganti kapas lagi. Karena gumpalan darah yang sudah terbentuk justru bisa ikut tertarik keluar bersama kapas. Dan kalo kumur, mendingan betadine kumur aja.

    ReplyDelete
  6. Share aj ya. Saya sudah cabut gigi geraham bungsu yg impaksi 4 kali, cabut gigi belakang taring 4 kali juga karena pake behel. Setahu saya, kapas hanya oleh digigit 1 jam awal setelah itu jangan ganti kapas lagi. Karena gumpalan darah yang sudah terbentuk justru bisa ikut tertarik keluar bersama kapas. Dan kalo kumur, mendingan betadine kumur aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew... makasi gan atas sharing nya.

      btw pengalaman sekali tuh.. sudah 8X mencabut gigi.. pemakaian kapas memang diperuntukkan agar darah bekas cabut gigi tidak deras kuluar (menggumpalkan darah) kalau darah sudah menggumpal memang tidak diperlukan lagi penggunaan kapas ini. namun ada beberapa kasus yang mengharuskan pemakaian kapas lebih dari 1X karena darah sulit menggumpal. jadi tergantung kasusnya.. cmiiw

      tapi untuk peringatan aja, jangan pakai kapas saat anda makan, karena akan merusak gumpalan darah yang sudah "susah2" terbentuk.

      untuk berkumur, boleh sih pakai apa saja asalkan bersih, steril, dan tidak terlalu keras karena akan merusak gumpakan darah yang sudah terbentuk tadi.. cmiiw lagi.. hehe

      Delete
  7. baru cabut gigi kemarin. 2 gigi. geraham atas bawah. dokter bilang malah ga boleh kumur pake obat kumur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, memang kalo kumur dikhawatirkan gumpalan darah yang sedianya akan mengering nanti malah terangkat. sedang pembentukan gumpalan darah untuk menutup luka itu akan lebih sulit setelahnya. intinya pasca pencabutan gigi itu adalah menjaga agar gumpalan darah yang terbentuk di bekas gigi yang dicabut cepat kering dan menyatu dengan gusi.

      sebenarnya imho, kumur sih tidak masalah asal "tidak terlalu keras". dan jika sidah dipastikan gumpalan darah tersebut sudah kering, maka silahkan untuk berkumur.

      Delete
  8. Saya hbs cabut gigi geraham hr sabtu kemarin (4jan).skg sdh berkurang(hmpir sembuh) ngilu2nya.tp msh ada kaya sisa2 darah di bekas lubang nya itu ya?? Apa memang pasca cabut gigi ada sisa2 darah spt itu?? Karena 10thn lalu wktu sya mncbut gigi geraham jg..bbrp hr stl d cabut..kondisi lubangnya bnr2 brsih tnp ada sisa2 darah dan gusi menyatu menutup perlahan2.
    Makanya ini saya bertanya2..kok beda sama yg dulu.
    Mohon sharin nya gan..thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak selalu setiap kasus pencabutan gigi, kondisi pasca nya sama. cmiiw. ada yang agak lama dan cepet keringnya.

      mungkin pada kasus agan pada pencabutan gigi yang ke dua kalinya ini tidak secepat yang dulu keringnya. karena kalau masih ada sisa2 darah meski sedikit berarti bekas pencabutan belum kering betul. mungkin bisa diakali dengan mengkompres dengan es agar sisa2 darah tsb bisa cepat kering.

      btw thank lawatannya

      Delete
  9. Oiya..stl cabut gigi..ada gumpalan darah di bekas lubangnya.stl bbrp hr, ada sdkt wrna putih2 dan merah kehitaman.apakh itu norml ya.., dan bbrp hri kmdian..berubah total mjd
    wrna putih semua.
    Ada yg mengalami spt ini gk??

    ReplyDelete
    Replies
    1. cmiiw... saya kira itu masih normal. warna putih itu dimungkinkan adalah sel yang sudah mati dan warna merah kehitaman menunjukkan darah yang menggumpal akan mengering. namun jika anda kurang yakin silahkan untuk check up kembali ke dokter untuk memastikannya. saya sendiri tidak mengalami hal tersebut, atau lebih tepatnya adalah kurang memperhatikan adanya warna putih bekas pencabutan gigi.

      mungkin ada rekan2 yang lain yangmengalami hal yang sama, silahkan share dimari... thanks...

      Delete
  10. saya baru kemaren malam cabut gigi geraham kanan bawah. sampe sekarang masih agak ngilu2. kira2 normal gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah 2 hari ngilunya biasanya udah gak terlalu. tp kalo baru sehari emang masih lumayan soalnya obat biusnya udah mulai ilang. cmiiw
      kalo udah 3 hari masih juga teras ngilu mending periksa lagi kedokter yang eksekusi gigi agan...

      Delete
  11. sakit gigi biasanya berhubungan dengan sakit gusi waduh minta ampun

    ReplyDelete
  12. terima kasih atas sharing nya. bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2... senang sekali bisa memberi sedikit manfaat... terimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  13. Semalam saya habis cabut gigi . Dan sudah tidak merasakan sakit/pun ngilu.kasanya masih menempel digigi dari semalam .kira2 bis akah saya mebgganti kasa yang baru pagi ini juga.tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dong gan. Memang seharusnya diganti secara berkala biar gak banyak bakteri nyangkut. Tp jng keseringan juga ya. Takutnya bekas cabut yg seharusnya sudah kering n tertutup malah terbuka lagi. Dikira2 aja. Sehabis makan ganti kasa is oke.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?