Di suatu tempat yang memang biasa buat
nongkrong, Main Dealer Honda di Lampung sedang menyelenggarakan hajat yang
cukup besar. Mengundang artis papan atas Cerrybell (bener gak sih nulisnyah? Haha)
PT. Tunas Dwipa Matra selaku Dealer utama Honda di Lampung menggelar acara
launching. Apalagi kalo bukan launching New Beat FI produk yang diembassadori
girl band ternama nasional itu. Memang acara ini kelihatan seperti pagelaran
acara dealer biasa, namun dengan poster CB2 yang terpampang di sepanjang jalan
menuju TKP, pastinya akan menggugah masa untuk berbondong-bondong mendatangi
hajatantersebut. Maklum juga di sini (baca : Lampung) jarang kedatangan artis
ibu kota. Sebenarnya acara diselenggarakan dari pagi hingga malam hari sebagai
puncaknya. Namun saya yang memang bukan fans berat CB2 memilih untuk mengintip
acara pada sore harinya saja.
Hari itu 20 oktober 2012, di Bandar Lampung
memang sedang diguyur hujan lebat. Hal tersebut yang mungkin menjadikan alasan
tempat hajatan PT. Tunas Dwipa Matra masih sepi dengan pengunjung. Apalagi sempat
ada kecelakaan kecil yakni tenda acara rubuh diterjang angin saat hujan deras
melanda. Dan syukurlah tidak ada hal serius yang diakibatkan insiden kecil
tersebut. Oke langsung saja akan sedikit saya beberkan oleh-oleh saya saat
mampir di sana.
Layaknya perhelatan serupa, sudah pasti berjajar
display yang memang hanya produk yang dilaunching yang terpampang. Dan hal ini
lazim untuk memfokuskan pada produk tersebut. Namun terdapat stand yang membuat
semua orang pasti mendekat ingin tahu lebih jauh. Dalam sebuah aquarium besar,
satu motor skutik bertulis “Beat FI” dicemplungkan ke dalamnya pada keadaan
standar 2 dan mesin tetap menyala. Ban yang berputar di dalam air menunjukkan
RPM dijaga pada putaran tertentu untuk menunjukkan Beat FI tahan air. Mesin PGM-FI
yang dicangkokkan pada skutik anyar Honda tersebut menyemburkan air bukti bahwa
engine juga terndam air. Penjaga stan menjelaskan perlakuan tersebut ditujukan
untuk membantah mindset orang tentang injeksi yang bersifat elektrik dan tidak
boleh masuk dalam air. Dan memang hal tersebut juga sekaligus membuka mindset
masa bahwa skuter matik injeksi sanggup menerobos banjir. Dan Beat-FI lah
buktinya. Lumayan juga kedalaman air dalam aquarium, terlihat angka 30 cm pada
rata permukaan air dalam aquarium.
Beat FI nyemplung dalam air (keadaan standart 2) |
Mesin Beat Terendam air namun masih bisa hidup |
Tinggi permukaan air yang merendam Beat FI sekitar 30 CM |
Unik memang, bahkan ada pengunjung yang bertanya pada penjaga stand dengan polosnya “kalo Mio-J bisa gini gak mas?”. Sang penjaga pun membalas dengan sangat diplomatis “wah kalo Mio-J saya gak tahu buk, lha wong belum dijajal”. Sang penjaga stand pun menambahkan bahwa penempatan aki di bawah dek (tenggelam dalam aquarium juga) tidak terjadi korslet atau gangguan apapun saat mesin start hingga ban berpusing ria.. Wih keren juga yak, Mio-J bisa gitu gak ya?? Hahaha…
Letak Aki yang dibawah dek dipastikan tercelup saat Beat FI dinyalakan |
Dalam RPM tertentu Mesin Beat tetap menyala meski tercelup air |
Evolusi Beat Karbu à Beat FI (Tidak jauh beda denagn
evolusi skutik entry level competitor)
Setelah
melihat meraba dan menerawang bentukan All New Beat di stand display, saya coba
bandingkan dengan Beat karbu. Yup Bentuk memang lebih futuristic dibanding
versi sebelumnya. Namun Beat FI sepertinya kalah slim dibanding versi karbunya.
Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal tampilan. Hal ini sepertinya
tidak terlalu jauh berbeda dengan evolusi skuter matik competitor yakni Mio
menjadi Mio-J. Namun upgrade fitur seperti varian CBS menjadi nilai lebih Beat
FI atas Mio-J. Memang Honda terkenal dengan produk dengan fitur yang melimpah. Beat
FI IMHO punya sedikit kelemahan. Tombol-tombol pada handle sebelah kiri
ternyata masih menganut bel diatas saklar sein. Namun jika sudah terbiasa
dengan mahzab seperti itu, hal tersebut bukan menjadikan suatu kelemahan.
Beat FI on the wall |
Tombol Bel Beat FI terletak diatas saklar sein |
Secara keseluruhan Beat FI terlihat
lebih ciamik dari versi sebelumnya. Harga juga sudah dilegalkan. Tinggal menunggu
review para user atau test rider mengenai performa nih motor aja. Beat FI
apakah bisa melanjutkan kesuksesan kakak kandungnya? Time will tell aja lagh…
Banjir??
Terabas ajah… Lha wong pake Beat FI kok… Hehe… Semoga berguna…
BONUS :
PGM FI Simulator |
Kaki Beat FI (ternyata cakram disebelah kiri) #baru ngeh |
Honda Riding simulator |
Update : Baru keinget bahwasanya suara starter Beat FI ini masih 'lumayan' berisik. Meskipun Sudah tidak seberisik versi pendahulu, namun IMHO masih kalah senyap jika dibanding kompetitor aka Mio-J. Entah karena saat itu pendengaran saya sedang kurang oke atau ada efek lain yang membuat suara starter Bet FI belum terasa halus. Mungkin ada yang sudah mengcompare secara langsung? silakah dishare di kolom komentar...
Advertisement
Regards,
waw
Link Terkait :
Beat FI nyemplung akuarium lagi 72 jam alias 3 hari non stop
Mesin bisa nyemprot gitu gan??
ReplyDeletehooh gan... semburannya kenceng lho...
DeleteWah, minggu kemarin di tempatku juga ada masbro. Sayang saya malah gak njepret yang sampean jepret ini. :)
ReplyDeleteTitip yaaa
http://nyobamoto.com/2012/10/24/galeri-foto-honda-racing-championship-2012-seri-malang/
Daerah mana ntu bro?? berarti ane yang telat dong sebenernya...
DeleteJaman Mio pertama kali keluar juga direndem gitu masbro, di PRJ tahun 2005 apa 2006 ane lupa... yg jelas semua motor matic rata-rata lebih tahan banjir dibanding bebek
ReplyDeleteiya bro... katanya juga asal lubang snalpot ga masuk aer beat FI aman, lubang snalpot nyemplung pun gpp asal betot gas pool... hehe
Deletemio lawas bisa gitu juga, kalo mio-J pasti bisa banget ya bro???
Anti air,,, kayak daun talas aja...!!
ReplyDeleteEmang Sakti Mandra Guna Gan...
Deletesmua mtor matic ya gtu Kalee, katrok bget.
ReplyDeleteYang Bikin Unik Penempatan Aki di Bawah Dek yang juga terendam aer dan tidak tibul gejala KORSLET Gan...
Deletekeren ya bro, anti banjir
ReplyDeletehttp://irza4627.wordpress.com/2012/10/25/honda-tralis-k15-what-are-you-waiting-for/
Simulasi aja itu bro... Prakteknya sih belum ngerti emang anti banjir beneran atw gak. Tapi at least sudah menjawab keraguan masyarakat akan motor yang bisa terobos banjir.
Deletesip tinggal impresi ridingnya saja nih
ReplyDeleteKita tunggu saja tanggal mainnya bro...
DeleteBeat lawas juga rem cakram nya di sebelah kiri..
ReplyDeleteiya bro baru ngeh... kebanyakan kan aplikasi cakram sebelah kiri ntu pada motor2 jadul...
Deleteternyata gak selalu...
mau aja di tipu marketing>.......kalau dah masalah malah bilang gak tauw.....yg ngorok aja gak tauw masalahnya dmna wkwkwkwkwk
ReplyDeletemeskipun dibilang "tipuan", hal tersebut merupakan strategi marketing juga lho bro...
DeleteAne aje punya mio 2009 dan Vixion 2011 mau dijual, malah byk mslh motor yamaha..
ReplyDeletemasalahnya ente bosenan kali bro?
Deletemasalah stater beat yang lebih kasar di bandingkan mio,,.,setau ane karena beat mengaplikasikan jenis stater pinion (mirip stater mobil) yang ketika di operasikan pinion gear stater bergerak maju ,itu yang menyebabkan suarany agak "keras" klo mio mengaplikasikan stater tipe rante yang biasa ada di motor bebek lainnya,.
ReplyDeletesip gan... nice share...
Deletekeunggulan dan kelemahan diantara keduanya pegimane gan??
maksih bos atas info beat nya...
ReplyDeleteMasama gan... Senang Tulisan saya bisa berguna...
DeleteThanks atas kunjungannya
banjir 30 cm (1/2 ban matic)-> semua motor lolos aja (ga heran). kl banjir jakarta kemaren gmn ? kl perkiraan baNJIR 50cm (3/4 ban motor bebek), apa matic n bebek bs laju ?
ReplyDeleteitu disinyalir cuma menunjukkan aki beat yang tahan air bro.
Deletetapi kata taknisi yang jaga stan, beat terendam lebih dari 30 cm pun bahkan knalpot kerendam asal gas pol terus tetep bisa jalan mesinnya bro..
dibuktikan lagi pada even lanjutan dengan menyemplungkan beat FI ini selama 72 jam alias 3 hari non stop >> http://wawwiwiwaw.blogspot.com/2012/11/beat-fi-nyemplung-akuarium-72-jam.html
walah kalo banjir motor matic mending jgn nerobos, bahaya bisa mati ditengah jalan. pengalaman ane di bandung banjir selutut, vario, mio, mati ditengah jalan, tapi motor bebek biasa masih jalan selamat sampe tujuan...kecuali motorna dimodif knalpot dan pernapasan mesin disambung selang gede yg tahan panas, block cvt dan ecu di sealer, jadi aman deh banjir 1 meter bisa diterobos...wussss...wussss
ReplyDeleteiya bro, metik biasanya lebih pendek (baca rendah) dibanding motor bebek, bisa jadi ini yang membuat metik lebih rawan mati jika terobos banjir.
Deletenamun yang perlu diperhatikan saat terobos banjir adalah filter udara dan busi (jangan sampai ikut tergenang)
batas aman banjir yang bisa diterabas yakni sebatas as roda motor mas bro..
apakah mungkin beda hasil bila langsung terjun ke medan banjir sesungguhnya?
ReplyDeletesalam kenal, ditunggu kunjungannya..
bisa jadi beda, bisa jadi sama. namun seharusnya simulasi ini memberikan keyakinan kepada calon pembeli agar tidak risau dengan kondisi banjir jika memakai Beat FI.
Delete