Geleng kepala menjadi petinggi
Yamaha Indonesia jika melihat perkembangan Beat. Dari
Beat menjadi New Beat hingga berevolusi menjadi Beat FI. Grafik marketnya
cenderung selalu naik. Senjata andalan Mio-J
pun tak kuat memukul kedigdayaan
Beat. Meskipun Yamaha ngotot membentuk opini masyarakat bahwa Yamaha lah
yang duluan memasang mesin Injeksi pada motor matik entry level. Beat FI justru
semakin meraja lela.
Penjualan Mio Vs Beat (dari edorusyanto.wordpress.com) |
Penjualan Mio-J Vs Beat (dari proud2rideblog.com) |
Sebenarnya apa yang menjadi
keunggulan Beat FI atas Mio-J? Pertanyaan tersebut masih berkecamuk di kepala
saya hingga saat ini. Desain? Realtif, Konsumsi BBM? Saya rasa tidak jauh
berbeda, Brand? Yamaha juga tak kalah pamor atas Honda, Popularitas? Klan mio pernah
mengalami kejayaan. Nah, ada yang bisa menambahkan? Atau ada yang bisa menjawab
pertanyaan diatas?
Namun menurut saya sendiri (IMHO)
sepertinya kultur masyarakat kita yang mempengaruhi keunggulan Beat FI atas
Mio-J. Mayoritas orang Indonesia bersifat sebagai pengikut, mudah terpengaruh,
dan sangat percaya dengan rekomendasi. Pengguna Beat sekarang jelas lebih
buanyak dibanding Mio-J. Potensial buyer cenderung lebih percaya dengan Beat,
yang jelas lebih banyak digemari. Rekomendasi saudara atau teman juga pasti
merujuk kepada Beat FI dibanding Mio-j. Nah lengkaplah sudah penderitaan Mio-J.
Hal tersebut mestinya menjadi pembelajaran Yamaha dalam strategi menggulingkan
Beat FI dari singgasana skutik entry level. Pelajari keadaan, kuasai dengan
tindakan... semoga berguna...
Advertisement
Regards,
waw
Link Terkait :
hukum alam. yang populer ya digemari
ReplyDeletekalo hukum rimba meskipun populer tetep dibantai.. hehe
Deletemotor itu ya honda .... tapi koq....si vixion malah gila-gilaan ya
ReplyDeletenah, itu dia gan. fenomena ini seperti venomena Vixion. cuma beda segmen aja (matik - sports)
Deleteselain ngikut, recomended, tp hrg jualnya paling bagus diantara matic....
ReplyDeleteBisa jadi gan.
Deletetapi kayaknya gak di semua tempat itu beat FI lebih mahal 2nd nya dibanding Mio-J (cmiiw)
menurut analisa ªkυ͡ yang konsumen awam yo mas:
ReplyDelete1. Sektor pulii jelaslah mang unggul honda karna berdasr pengalaman kalo sektor puli bwtan honda kyaknya lama bgt u/ rewelnya.
2. Untuk dikendarai penak honda karna bane lbih besar.
3.Onderdile lbih murah Yamaha
- perlu adanya uji komparas material kalo masalah puli gan kayaknya.
Delete- yang untuk nyaman dan aman memang ban lebih besar lebih empuk.
- tidak semua, tapi untuk kebanyakan sparepart fast moving sepertinya memang begitu.
menurut aq juga yang awam.....untuk bbm lebih irit matic honda dibanding matic yamaha.....pernah tes jalan kurang lebih 100 km....jalan kombinasi lurus dan tanjakan curam...matic yamaha sudah kehabisan bbm....imho
ReplyDeletemasalah konsumsi bbm sepertinya butuh metode uji komparasi yang terpercaya. tidak bisa langsung seperti itu.
Deletesecara langsung memang dapet hasilnya, namun keakuratan data blm bisa diandalkan (imho juga)
Factor CHERRY BELLE!
ReplyDeleteCoba diingat lagi history-nya, mulai kapan penjualan Beat meroket melampaui Mio.
Beat mulai meroket persis setelah ahm mengontrak cherry belle sebagai icon Beat!
Percaya deh, begitu cherry belle sudah gak jadi idola abg & ibu-ibu lagi, penjualan Beat juga gak akan sekuat sekarang lagi.
sips.. masuk akal sangat bro.. suatu yang sudah populer pasti akan menularkan kepopulerannya
Deletekalo cherrybelle dah gak populer lagi, tinggal pakai artis lain yang sedang naik daun juga dong brooo...
modelx lebih bagus beat fi + fitur berlimpah,,,,,,,,,,,
ReplyDeletekalo fitur memang begitu ah adanya.
Deletetapi kalo model/desain relatif lho gan
ini gara-gara mio edisi pertama amat sangat boros, jadi pandangan orang, yamaha itu boros apapun modelnya,kedua di daerah kami orang takut pakai mio karena tidak ada, belim iklannya yg lebay gak masuk akal,
ReplyDeletedaerah mana bro? takut pakai karena tidak ada bagaimana bro maksutnya? kemudian, iklan nya yg lebay yang bagaimana juga nih bro?
Deletewaduh ane kok malah banyakan nanya...
ini baru fakta gannn...
ReplyDeletefakta yang menyakitkan bagi Yamaha ya gan
DeleteKeliatan Banget ya Wahyu Adi Wibowo Pengguna YAMAHA dari replay komentar2nya. Dasar Bodoh kena Ilakan YAMAHA ya gini ini. BOROS TAU!
ReplyDeletemaaf banget ya bro. gak usah dikira-kira, memang ane pengguna yamaha, dan pernah juga jadi konsumen honda. namun bukan berarti ane fby dan atau anti honda atau merek motor lain bro..
Deleteproduk yang bagus yang tetep ane bilang oke, motor yang jelek ya tetep ane kritisi, dari pabrikan manapun itu.
yang penting hati senang bisa berbagi.. regards bro...
Untuk motor di bawah 17 jutaan kayaknya honda ga terkalahkan.. udah ada di mindset orang indonesia honda=irit, jual kembali tinggi dan bla2..
ReplyDeleteklo untuk motor di atas 17 juta penggunanya lebih liat kualitas masing2 motornya.. itu sih menurut pendapat ane sih..
nah itu..
Deletesegmen menengah ke bawah masih memperhitungkan faktor irit, harga jual kembali, dan 3S. dan itu Honda lebih dominan dari kompetitor.
kalo segmen menengah ke atas udah gak pikirin tetek bengek gitu. asal sreg ama motornya langsung boyong tanpa pikir panjang.
rekomendasi? ngaco aja lo! orang pake honda tuh pake hati, kan one heart :D
ReplyDeletejustru pake yamaho tuh yg cm ikut2 an, motor jelek di ikutin :D
jangan cuma pake hati gan. pakenya juga kudu hati-hati.. hehe
DeleteHonda kemahalan. Fitur biasa, harga lebih dr yg laen. Cuannya kebanyakan bos. Dr dulu honda ga pernah ada di hati saya. Motor kuno
Deletegak ada di hati? berarti ada di lubuk sanubari ya gan.. hehehe
Deletehonda ama yamaha ntu sih bagi saya sama saja , wong masih butuh bensin bensin juga.tetangga ane yang sebelah kanan rumah pakenya mio, trus yang depan rumah pakenya beat, nah klo gua mo beli kawasaki yang 250cc
ReplyDeletemantab gan... gak yang 300cc sekalian??
Delete