Sudah setengah tahun lebih ‘Keling’ aka Fino Clasic Hitam menemani saya hilir mudik mencari sesuap nasi (turahane nggo tuku mobil) hehe. Sampai saat ini belum ada keluhan dari motor matik retro Yamaha tersebut. Servis pun masih menggunakan kupon sobekan gratis dari buku servis bawaan dealer. Odometer juga ‘baru’ menunjukkan angka 5 ribuan. Sejak awal ni motor memang agak terasa ngowos alias gampang ngelak. Berbekal rasa penasaran tingkat karesidenan tersebut, saya berencana mengorek konsumsi bahan bakar keling.
Sabtu pagi saya dandan rapih dan
berangkat ke SPBU .Jangan kira saya mau ngecengin orang SPBU, tapi saya dandan
karena memang hari itu saya masuk kantor. “Full mbak” kata saya pada petugas
SPBU untuk mengisi penuh tangki bensin Fino saya. Meniru cara para blogger profesional
dalam mengetes konsumsi bbm sebuah motor, saya pun memakai teknik top up untuk
mendeteksi konsumsi BBM Fino saya. Dan.. cepret-cepret didapatlah foto kondisi
tangki BBM Fino dan angka odometer nya sebelum tes.
Muter-muter kesana kemari, ke tempat
kerja, pulang, jalan-jalan ke mol, nganter belanja istri ke pasar dan
lain-lain. Pokoknya berkendara ala harian yang biasa saya lakukan. Dari gas
pelan hingga gas pol pun dilakoni agar hasil tes tidak mendekati metode
ocoriding. Dan, besoknya tepat hari minggu sore posisi jarum odometer sudah
nempel pada posisi merah. Weleh, lha kok
cepet bianget turunnya. Senin pagi pun (setelah dandan juga), mampir ke SPBU
yang sama untuk mengisi penuh tangki Keling.
Waduh, SPBU nya kok ra mothok blas... Diminta struk kok ora iso.. Ya sudah poto mesinnya ajah.
Yang penting angka volume bensin yang masuk ke tangki terekam. Dan.. wew 3,61
liter tertera pada foto. Yang bikin tepok jidat, itu habis dalam waktu 2 hari
saja. Perjalanan dalam kota tanpa menemukan kemacetan saat tes. Diperparah lagi
tangki fino yang sak uprit
benar-benar membuat penggunanya sering ngecengin mbak-mbak SPBU. Yowis lah
langsung dihitung saja berapa jauh fino saya menempuh jarak dalam 1 liternya.
(Odometer akhir– odometer awal) /
jml liter = arak yang ditempuh motor dengan 1 liter bensin
(5819,5 – 5717,1) km/ 3,61 liter=
...
Sik jipuk kalkulator sik.
Dan hasilnya adalah 28,36565
km/liter.
Jiaaaan... boros opo boros kui.
Angka segitu berarti menunjukkan bahwa Fino saya tidak bisa menempuh lebih dari
30 km dengan 1 liter bensin premium. Tepuk
ndas meneh... apa ini karena fino saya sudah menempuh jarak 5 ribuan km? Ah
rasanya enggak. Atau tukang servisnya gak bisa nyetting motor saya? Ah, lha
wong saya servis di bengkel resmi terus. Atau saya makenya terlalu ekstrim? Ah,
saya paling gak suka ngebut2. Atau tangkinya bocor? Walah coba nanti saya periksa
dulu.
Yah, memang tidak salah kata
orang-orang kalau mesin Mio karbu mudah haus alias boros. Dan bisa saja ini lah
yang menyebabkan si Raja
skutik menjadi lengser terpukul leh Beat waktu itu. Namun saya rasa yang
versi injeksi (baca Mio-J) tidak seboros ini. Inilah
salah satu kekurangan mesin karbu atas mesin injeksi. Yup, kurang efisien
alias lebih boros. Yasudah lah, saya masih tetep bahagia dengan Keling sejauh
ini. Lagian
ane beli Fino bukan karena alasan konsumsi BBM namun lebih kepada model dan
desainnya yang unik. Semoga berguna...
Advertisement
Regards,
Waw
Update :
Ternyata hasil test ini sama dengan daftar konsumsi BBM dari pak RT. Mio Soul menghabiskan premium 1 lt untuk jalan2 sejauh 28 km. Lha mesinnya aja sama... Berikut daftar konsumsi BBM dari berbagai motor by pak rete (http://ridertua.com/) :
Link terkait :
Kelemahan
dan kekurangan Mio Fino Riding Feeling Mio Fino
rame bener mas Iklannya.. :lol:
ReplyDeletenamanya juga usaha om.. hehe
DeleteJual aja gan, trus beli beat
ReplyDeletewalah, ni fino istri gan..
Deletebisa dipunggungin ane kalo tau2 motornya dijual.
Hematan Vega ZRku :D
ReplyDeletehttp://www.lowongansoloraya.com/
jangankan vega zr gan, sama cbr150 yg lagi ditest wak haji aja masih kalah jauh iritnya. hehe
Deletesegitu broskah Fino? *geleng2 kpala
ReplyDeletekok sama kaya Xeon Carbu ane dlu gan, itupun gaspol terus, :)
bukan geleng kepala lagi ane gan, udah sampai goyang pantat segala
Deleteah itu spbu yang agan sambangi gak dpt sertifikat "pasti pas" kali?
ReplyDeletebisa jadi masbro... tapi kalopun gak pas, masak ya kebangetan amat dikorupnya..
DeleteHhhaa .. mio fino ane juga sama,, masih iritan pulsar 135 cc ane daripada mio fino,, biasa pulang pergi berangkat hanya cukup uang 15rbu buat 4hari, ini ko miofino ane ksringan stiap hri isiin bbm,, hduhh,, pertamax pula ..
ReplyDeleteYah begitulah om. Tak bisa dipungkiri generasi mio karbu emang mudah haus...
DeleteGanti fino fi aja gan. Sy yakin pasti lebih irit...
punya saya fino karbu dri ordometer akhir 54459,0-54330,1+ 6,8 =135,7÷ beli bensin full 3,400 =135,7÷3,400=39,911764706 jdi 40 km 1 liter lumayan irit tuh punya saya
ReplyDeleteMotor tersebut diantara sayang ama kasihan sama tuannya. Makanya dia gak minum banyak bbm. Hehe.
DeleteSelamat om. Anda pandai dalam memainkan putaran gas.
Eh bentar, btw itu muatannya brp kilo?
Baru beli seken nanti bakal dicoba.fino grande 2018.
ReplyDeleteEmang kalau Fino karburator standar boros bgt, emang 28km/L, sejak awal udah setting karbu dan sudah 7 tahun. Ersama Fino gue wkwk hasilnya dapet 38km/L (luar kota alias touring) dan 32km/L (dalam kota Jakarta). Ehehehe yg penting jangan di geber dan jangan telat ganti oli nya😂
ReplyDeletePengen ganti yg lain tapi masih cinta 🖤😂😂
Cool and that i have a dandy offer: How Much Home Renovation Cost home addition construction
ReplyDelete