Iseng2 buka website Yamaha Indonesia. Dan saat buka pada halaman produk motor bebek, saya baru benar2 sadar dengan spesifikasi Jupiter Z dan Vega ZR. Setelah saya bandingkan, kok tidak ada perbedaan signifikan? Saat itu suwer kewer2 saya baru menyadari sepenuhnya bahwasanya kedua motor tersebut memakai mesin yang sama.
JUPITER ZPrice: 14.950.000,- Harga on the road untuk wilayah Jakarta dan sekitarnyaMACHINE
Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Mendatar Volume Silinder : 113,7 cc Diameter x Langkah : 50,0 × 57,9 mm Perbandingan Kompresi : 9,3 : 1 Daya Maksimum : 6.0 kW / 7500rpm Torsi Maksimum : 8.52Nm / 4000rpm Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter Sistem Pelumasan : Basah Kapasitas Oli Mesin : Total : 1 Liter / Penggantian Berkala : 0,8 Liter Sistim Bahan Bakar : Karburator VM17SH x 1 Tipe Kopling : Basah, Kopling Sentrifugal, Multiplat Tipe Transmisi : Rotary, 4 Kecepatan Pola Pengoperasian Transmisi : N-1-2-3-4-N
Yup. Dari tipe, kapasitas, hingga karbu sama plek. Perbedaan cuma pada torsi maksimum yang sak umprit dan system pola pengoperasian transmisi. Walah berarti ini cuma mesin yang sama tapi casingnya saja yang berbeda. Sama kasusnya dengan Mio series yang menggunakan mesin yang sama baik dari tipe Jari2, Cast Wheel hingga Fino. Dan Mio-J sendiri juga mempunyai spesifikasi mesin yang sama dengan Soul GT. Wew, kesimpulannya berarti motor Yamaha yang cem-macem tipenya ntu cuma mengaplikasikan beberapa mesin ya…
VEGA ZRPrice: 12.200.000,-Harga on the road untuk wilayah Jakarta dan sekitarnyaMACHINE
Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Mendatar Volume Silinder : 113,7 cc Diameter x Langkah : 50,0 × 57,9 mm Perbandingan Kompresi : 9,3 : 1 Daya Maksimum : 6.0 kW / 7500rpm Torsi Maksimum : 8,3 Nm / 4500rpm Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter Sistem Pelumasan : Basah Kapasitas Oli Mesin : Total : 1 Liter / Penggantian Berkala : 0,8 Liter Sistim Bahan Bakar : Karburator VM17SH x 1 Tipe Kopling : Basah, Kopling Sentrifugal, Multiplat Tipe Transmisi : Seesaw, 4 Kecepatan Pola Pengoperasian Transmisi : N-1-2-3-4
Oke.. memang riset mesin lebih sulit daripada riset model dan desain. Dan ini memang salah satu strategi Yamaha dan juga pabrikan otomotif lain untuk memperbanyak tipe varian tanpa harus mengeluarkan banyak cost. Namun sekali lagi kita orang Indonesia sangat melek dengan pricing strategi. Kita lihat saja jangkauan perbedaan dari beberapa tipe motor yang menggunakan mesin yang sama. Dimulai dari Mio series. Mio CW yang dibanderol 12,75 jt yang terpaut hampir 1 juta lebih murah daripada Mio Fino series (13,5jt - 13,65jt). Kemudian Soul GT yang dijual 14,05jt juga terpaut 1 juta lebih mahal dengan varian Mio-J CW ataupun Teen. Namun akhirnya yang aneh adalah rentang harga pada Jupiter Z dengan Vega ZR. Sungguh sangat berbeda dengan kedua ilustrasi sebelumnya yang terpaut sekitar 1 juta saja. Kedua motor bebek Yamaha itu terpaut sekitar 2,7 juta. Hanya dengan beda model dan desain saja yang espektasi saya sebelumnya, mesin keduanya berbeda. Wajarlah pikiran orang awam, dengan perbedaan harga 2,7 kemungkinan besar segmentasi dan mesinnya berbeda. (Sumber ilustrasi harga dari pricelist Yamaha per 1 Juli 2012)
price list motor yamaha juli 2012 |
Waw… Dengan ilustrasi tersebut, sangat terlihat jelas bahwa tipe Jupiter Z pricing strateginya kurang tepat dan cenderung terasa overprice IMHO. Well.. Itu adalah pendapat saya. Jupiter Z terasa operpress jika disandingkan dengan Vega ZR dan belum tentu begitu juga jika dibandingkan dengan tipe motor lain.
Advertisement
-->
Sermoga berguna…
Regards,
Waw
orang pintar pilih Vega ZR
ReplyDeleteHoho lebih value ya brow...
DeleteBetul brow..speknya sama aj,sy prhatikan justru di jalanan lbih enteng zr larinya,.mesn sma,body enteng vs berat,
ReplyDeleteTinggal kembali ke selera ya bro...
Deletetapi kayaknya kalo semua orang sadar kedua produk ini mesinnya sama, bakalan semakin ga laku ya jupiternya... hehe
honda juga gitu bro,liat tu revo ma blade,supra fit ma supra x,klo soal harga apa cuma di liat dari mesin saja,banyak faktornya catnya,kualitas plastiknya,orang pandai pasti tau kualitas,orang pinter pasti tau teknologi,wk wk wk sok nggurui
ReplyDeletetapi kayaknya lebih ke mindset desain/model ya..
Deletekalo dilihat (baca : menurut banyak orang)memang Jupiter itu lebih 'elegan' daripada Vega.
Dan memang pabrikan mengeset nya seperti ituh kali...
vega zr mesinnya warna hitam, jupiter z mesinnya warna silver.
ReplyDeletejadi harganya beda.
:p
sisi eleganitas yang membuat harganya berbada ya bro..
Deleteselain itu mungkin benar jika material yang di pakai kulitasnya tidak sama.
bintang iklan Jupi z pakai lorenzo jd cost lebih mahal mungkin buat nutup biaya kontrak iklan kalee
ReplyDeletekalo pake doni tata ma masih ngangkat ya gan.. hhe
DeleteHonda lbh parah lagi, dr thn '89-2009 mereka pakai mesin seri c100, mulai dr honda supercap, grand, legenda, kirana ,karisma, supra, supra x, smp terakhir 2009 karisma x pakai mesin yg sama.
ReplyDeletejd apa yg di lakukan yamaha terbilang wajar, krn jg dilakukan oleh pabrikan2 lain.
hmmh... emang sudah jamak dari dulu ya gan...
Deletetp kyknya banyak konsumen yang kurang ngeh lhoo
Tapi suara mesin vega zr lebih mendengung mas bro.
ReplyDelete