visit on my page

Wednesday, July 4, 2012

Mesin New Jupiter Z sama dengan Mesin Vega ZR?

Iseng2 buka website Yamaha Indonesia. Dan saat buka pada halaman produk motor bebek, saya baru benar2 sadar dengan spesifikasi Jupiter Z dan Vega ZR. Setelah saya bandingkan, kok tidak ada perbedaan signifikan? Saat itu suwer kewer2 saya baru menyadari sepenuhnya bahwasanya kedua motor tersebut memakai mesin yang sama.

JUPITER Z
Price: 14.950.000,- Harga on the road untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya
MACHINE
Tipe Mesin
:
4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
Jumlah / Posisi Silinder
:
Cylinder Tunggal / Mendatar
Volume Silinder
:
113,7 cc
Diameter x Langkah
:
50,0 × 57,9 mm
Perbandingan Kompresi
:
9,3 : 1
Daya Maksimum
:
6.0 kW / 7500rpm
Torsi Maksimum
:
8.52Nm / 4000rpm
Sistem Starter
:
Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan
:
Basah
Kapasitas Oli Mesin
:
Total : 1 Liter / Penggantian Berkala : 0,8 Liter
Sistim Bahan Bakar
:
Karburator VM17SH x 1
Tipe Kopling
:
Basah, Kopling Sentrifugal, Multiplat
Tipe Transmisi
:
Rotary, 4 Kecepatan
Pola Pengoperasian Transmisi
:
N-1-2-3-4-N
Yup. Dari tipe, kapasitas, hingga karbu sama plek. Perbedaan cuma pada torsi maksimum yang sak umprit dan system  pola pengoperasian transmisi. Walah berarti ini cuma mesin yang sama tapi casingnya saja yang berbeda. Sama kasusnya dengan Mio series yang menggunakan mesin yang sama baik dari tipe Jari2, Cast Wheel hingga Fino. Dan Mio-J sendiri juga mempunyai spesifikasi mesin yang sama dengan Soul GT. Wew, kesimpulannya berarti motor Yamaha yang cem-macem tipenya ntu cuma mengaplikasikan beberapa mesin ya…
VEGA ZR
Price: 12.200.000,-Harga on the road untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya
MACHINE
Tipe Mesin
:
4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
Jumlah / Posisi Silinder
:
Cylinder Tunggal / Mendatar
Volume Silinder
:
113,7 cc
Diameter x Langkah
:
50,0 × 57,9 mm
Perbandingan Kompresi
:
9,3 : 1
Daya Maksimum
:
6.0 kW / 7500rpm
Torsi Maksimum
:
8,3 Nm / 4500rpm
Sistem Starter
:
Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan
:
Basah
Kapasitas Oli Mesin
:
Total : 1 Liter / Penggantian Berkala : 0,8 Liter
Sistim Bahan Bakar
:
Karburator VM17SH x 1
Tipe Kopling
:
Basah, Kopling Sentrifugal, Multiplat
Tipe Transmisi
:
Seesaw, 4 Kecepatan
Pola Pengoperasian Transmisi
:
N-1-2-3-4
Oke.. memang riset mesin lebih sulit daripada riset model dan desain. Dan ini memang salah satu strategi Yamaha dan juga pabrikan otomotif lain untuk memperbanyak tipe varian tanpa harus mengeluarkan banyak cost. Namun sekali lagi kita orang Indonesia sangat melek dengan pricing strategi. Kita lihat saja jangkauan perbedaan dari beberapa tipe motor yang menggunakan mesin yang sama. Dimulai dari Mio series. Mio CW yang dibanderol 12,75 jt yang terpaut hampir 1 juta lebih murah daripada Mio Fino series (13,5jt - 13,65jt). Kemudian Soul GT yang dijual 14,05jt juga terpaut 1 juta lebih mahal dengan varian Mio-J CW ataupun Teen. Namun akhirnya yang aneh adalah rentang harga pada Jupiter Z dengan Vega ZR. Sungguh sangat berbeda dengan kedua ilustrasi sebelumnya yang terpaut sekitar 1 juta saja. Kedua motor bebek Yamaha itu terpaut sekitar 2,7 juta. Hanya dengan beda model dan desain saja yang espektasi saya sebelumnya, mesin keduanya berbeda. Wajarlah pikiran orang awam, dengan perbedaan harga 2,7 kemungkinan besar segmentasi dan mesinnya berbeda. (Sumber ilustrasi harga dari pricelist Yamaha per 1 Juli 2012)
price list motor yamaha juli 2012
Waw… Dengan ilustrasi tersebut, sangat terlihat jelas bahwa tipe Jupiter Z pricing strateginya kurang tepat dan cenderung terasa overprice IMHO. Well.. Itu adalah pendapat saya. Jupiter Z terasa operpress jika disandingkan dengan Vega ZR dan belum tentu begitu juga jika dibandingkan dengan tipe motor lain.
Advertisement
-->
Sermoga berguna…

Regards,


Waw

13 comments:

  1. orang pintar pilih Vega ZR

    ReplyDelete
  2. Betul brow..speknya sama aj,sy prhatikan justru di jalanan lbih enteng zr larinya,.mesn sma,body enteng vs berat,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal kembali ke selera ya bro...

      tapi kayaknya kalo semua orang sadar kedua produk ini mesinnya sama, bakalan semakin ga laku ya jupiternya... hehe

      Delete
  3. honda juga gitu bro,liat tu revo ma blade,supra fit ma supra x,klo soal harga apa cuma di liat dari mesin saja,banyak faktornya catnya,kualitas plastiknya,orang pandai pasti tau kualitas,orang pinter pasti tau teknologi,wk wk wk sok nggurui

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kayaknya lebih ke mindset desain/model ya..
      kalo dilihat (baca : menurut banyak orang)memang Jupiter itu lebih 'elegan' daripada Vega.
      Dan memang pabrikan mengeset nya seperti ituh kali...

      Delete
  4. vega zr mesinnya warna hitam, jupiter z mesinnya warna silver.

    jadi harganya beda.

    :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. sisi eleganitas yang membuat harganya berbada ya bro..
      selain itu mungkin benar jika material yang di pakai kulitasnya tidak sama.

      Delete
  5. bintang iklan Jupi z pakai lorenzo jd cost lebih mahal mungkin buat nutup biaya kontrak iklan kalee

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pake doni tata ma masih ngangkat ya gan.. hhe

      Delete
  6. Honda lbh parah lagi, dr thn '89-2009 mereka pakai mesin seri c100, mulai dr honda supercap, grand, legenda, kirana ,karisma, supra, supra x, smp terakhir 2009 karisma x pakai mesin yg sama.
    jd apa yg di lakukan yamaha terbilang wajar, krn jg dilakukan oleh pabrikan2 lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmh... emang sudah jamak dari dulu ya gan...
      tp kyknya banyak konsumen yang kurang ngeh lhoo

      Delete
  7. Tapi suara mesin vega zr lebih mendengung mas bro.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?