Sebenarnya
hal ini sudah basi di kalangan otomotoif Indonesia. Namun apa salahnya jika
saya mengangkat lagi topic ini karena memang evolusi mesin motor dari systemkarburator menjadi system injeksi merupakan perubahan yang sudah pasti tercatat
pada history otomotif. Dari tampilan mungkin tidak terlalu berubah. Motor
karburator akan terlihat sama dengan motor injeksi jika tidak ada pembeda
seperti tatto “FI” pada tubuh si roda 2. Namun jika dilihat dari performa mesin
tentu akan berbeda. Dari cara perawatan pun tidak lah sama. Logikanya sih
teknologi injeksi harusnya lebih bagus performanya dan tentu juga mudah untuk
dirawat. Dan ternyata memang demikian adanya. Tentu yang namanya teknologi
mutakhir lebih banyak keuntungannya dibanding kekurangan.
Teknologi
mutakhir dan mumpuni bukan jaminan akan mendapat perhatian lebih dari
masyarakat. Ada yang menganggap motor injeksi ya sama aja dengan karburator.
Ada pula yang bilang teknologi injeksi lebih ribet. Tidak sedikit yang
menyatakan antipatinya dan ‘emoh’ jika disodori teknologi yang justeru lebih
ramah lingkungan tersebut. Entah kurangnya sosialisasi atau memang tipikalmasyarakat Indonesia yang kurang apresiatif terhadap teknologi baru. Yang
jelas, semenjak mesin injeksi dikampanyekan oleh para pabrikan motor,
Masyarakat belum menjadikan motor dengan mesin injeksi suatu prioritas.
Kita
lihat saja betapa unggulnya Honda Beat atas Mio-J dalam hal penjualan. Atau
kegagalan Supra-X PGM-FI selama hampir 1 dekade. Cuma satu motor dengan mesin
injeksi dan sangat diminati masyarakat Indonesia. Adalah Vixion salah satumotorsport mid-end Yamaha menjadi jawara motor laki 150 CC di Indonesia. Itupun
belum tentu si empunya membeli motor tersebut karena system injeksi pada mesin.
Bisa kita tarik benang merah dari sini. Bahwa tipikal konsumen Indonesia
tidaklah mementingkan teknologi yang disematkan dalam sebuah sepeda motor.
Namun Tampilan yang menjadi prioritas mereka dalam mengidolakan sebuah
tunggangan.
Graphic from edorusyanto.wordpress.com |
Yah,
begitulah adanya. Kebanyakan orang belum memprioritaskan mesin injeksi untuk
sepeda motor. Bagaimana dengan Anda? Semoga berguna…
Advertisement
Regards,
Waw
Gambar
dari google search
kata org, kalo karbu lebih gampang settingnya, org biasa aj bisa wlpun blm tentu bisa korek mesin..
ReplyDeleteKalo injeksi hrus dgn alat.. Jadi agak ribet..
So, teknologi dibuat untk memudahkan qta..
Yup memang disitulah salah satu keengganan orang dengan mesin injeksi. tidak semua orang punya tools nya.
DeleteTapi disinyalir dalam waktu tidak akan lama lagi, bengkel-bengkel umum tersedia tools tersebut. seperti halnya bengkel-bengkel umum mobil.