visit on my page

Monday, January 28, 2013

Gabovira Ikon Batik Lampung

Oke, sekarang kita berbicara masalah batik. Ngobrolin batik tentunya tak lepas dari mode dan budaya. Batik sendiri asli budaya Indonesia. Sudah diresmikan kok. Dan, well teryata batik semakin populer setelah itu. Kalo dulu hanya mbah-mbah atau ibu-ibu atau palingan bapak-bapak yang mengenakan batik, sekarang banyak anak muda yang menyukai batik. Berbagai corak dari yang klasik hingga modern bahkan hingga corak batik klub bola pun sudah ada. Kepopuleran batik ini ternyata juga sampai ke tanah ruwa jurai. orang lampung pun gemar memakai batik. Nah saya akan sedikit share tempat yang merupakan ikon batik khas Lampung. Gabovira namanya. And did you know? banyak orang Lampung yang belum tahu lhooo..

Gabovira adalah salah satu nama kios butik yang fokus menjual batik khas Lampung. Letaknya di Kemiling Bandar lampung. Jika Anda menemukan SPBU kemiling, ikuti tikungan kiri kemudian nanjak sedikit, setelah 100-200 meter Anda akan menemui papan yang bertulis Gabovira. Masuk saja ke gang tersebut, ikuti jalan maka tidak jauh Anda akan melihat masjid yang di sampingnya adalah toko/butik Gabovira.

Setiap daerah tentunya mempunyai corak batik yang khas sesuai dengan budaya atau ikon dari daerah tersebut. Lihat saja Lampung dengan ikon 'siger' nya. Mereka dengan bangga menggunakan lambang siger sebagai corak batik khas Lampung. Selain lambang siger, hewan gajah yang tentunya sangat membuat Lampung terkenal juga diangkat menjadi carak batik khas daerah tersebut. Berdasar corak tersebut, Gabovira menciptakan desain-desain corak unik khas Lampung untuk produk batik yang mereka jual.

Desain yang diciptakan bagus-bagus dan kain yang ditawarkan sangat beragam. Anda bisa membeli baju atau bahan untuk dijahit sendiri. Namun Anda tidak bisa pesan baju disana, karena mereka tidak punya tukang jahit. Baju ataupun bahan yang dijual cukup beragam, dari ragam corak, model hingga ragam kainnya. Ada kain katun, katun-dobi, dobi, hingga kain berbahan sutera. Harganya pun cukup beragam berkisar 80ribu hingga jutaan tergantung corak dan bahan kain nya. Untuk bahan kain, ternyata satu potong untuk satu baju dan satu corak/motif untuk 2 baju. Selain Baju dan bahan, Gabovira juga menawarkan tas, kaos, peci/kupluk/kopiah, marchandise yang semuanya khas Lampung. 

Pemilik Gabovira ini ternyata awalnya adalah pengusaha batik asal kota batil yakni Pekalongan. Dan memang terlihat dari desain yang diciptakan, sentuhan corak batik Pekalongan masih terasa. Hampir dari desain corak batik disana adalah motif yang tidak dapat dipotong sembarang. Pemotongan kain harus sesuai dengan motif yang telah tercipta. Setiap desan corak dibuat limited. Jadi jangan khawatir untuk bertemu dengan orang yang memakai batik yang bermotif dengan Anda, karena motif batik yang Anda pakai hanya dibuat untuk 2 orang saja. Konon Gabovira ini adalah langganan instansi pemerintahan di Provinsi ataupun Kota Lampung.


Ada beberapa kios/butik yang menjual batik khas Lampung. Namun sepertinya Gabovira lah yang pantas menjadi ikon di Bandar Lampung. Pergi ke Lampung sepertinya akan sangat lengkap jika membawa oleh-oleh batik Lampung. Anda orang Lampung yang belum punya batik kebanggan daerah Anda? silakan pilih-pilih di butik Gabovira. Saya yang pendatang saja bangga dengan batik Lampung, apalagi Anda orag Lampung... Semoga berguna...

Regards,

4 comments:

  1. ajib.. nama gabovira memang sudah populer untuk batik lampung dengan desain uptodate.. dan pesanan jumlah banyak OK..

    ReplyDelete
  2. wanna going there n belanja batikkk lagiiii :) kembran lagii :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?