visit on my page

Sunday, July 8, 2012

Jalan-jalan ke PPI Lempasing Bandar Lampung

PPI merupakan kependekan dari Pusat Pelelangan Ikan. Atau mungkin memiliki arti yang sama dengan TPI (Tempat Pelelangan Ikan). PPI Lempasing lumayan tersohor seantero Bandar Lampung. Suatu saat bad mood makan ditempat favorit di Bandar Lampung sedang melanda, saya bersama huni berencana untuk membeli seafood segar untuk dimasak. Last minutes seperti biasa ketika motor akan diparkirkan di parking area sebuah pusat perbelanjaan, muncul ide briliant untuk membeli seafood segar di Lempasing. Padahal Lempasing baru kita dengar beberapa hari yang lalu, boro-boro pernah kesana. Katanya tempat penjualan segala macem hasil laut yang masih segar.
pelabuhan nelayan Lempasing
Perjalanan kearah Pesawaran namun melewati Jl. RE Martadinata Teluk Betung Barat. Seperti perjalanan ke arah Pantai Mutun. Kurang lebih tidak ada setengah jam perjalanan pelan menaiki distro, terlihat di kiri jalan terpampang tulisan "Selamat datang di PPI Lampasing". Tak ragu sayapun menggiring vega saya masuk kesana. Well, mana ikan yang katanya seger2 dijual? ga ada, cuma ada beberapa perahu dan aura terasa seperti palabuhan kecil para nelayan. Malah ada juga UPTD Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi.
UPTD Dinas KKP Pemprov Lamping di Lempasing

Docking Perahu
Menelusuri tiap detail jalan disana, kami menemukan kapal yang lagi docking. Ah entah itu lagi dokcing atau justru tempat pembuatan perahu. Hampir putus asa, tinggal satu gang lagi yang belum terjamah. Karena memang ada gerombolan pemuda di perempatannya yang membuat kami sungkan untuk melintas. Namun rasa penasaran membuat tangan mengarahkan roda depan motor melintasi gang tersebut. Ngeeeng... aman... Dan aroma ikan segar pun mulai tercium. Ternyata memang benar, seratusan meter dari perempatan digelar lapak2 untuk menjual berbagai hasil laut yang masih segar.
Ikan segar di beberapa lapak PPI Lempasing
Tidak terlalu luas tempatnya (walaupun dinamakan 'pusat' pelelangan ikan), ya kira2 tidak sampai 50m2 lah.. Wew... bingung juga nih mau pilih beli yang mana. Sebenarnya tadi harusnya setelah belok kiri dari JL. RE Maradinata dan masuk komplek PPI, selang 50m lagi langsung belok kiri lagi. Karena baru kesana kali itu dan ditambah ada segerombolan orang yang kayaknya kurang bersahabat, jadi kebablasan deh. Usai borong beberapa ekor ikan dan yang lainya, langsunglah capcus Hampir melintasi perempatan tempat gerombolan tadi, terdengar ".Mas... seru salah satu anggota gerombolan itu memanggil. Waduh... apa hal niii... (pikir dalam hati). "Bayar retribusi dulu..." Owh ada retribusi juga tah... Yasud ternyata mereka bertugas untuk menarik uang retribusi bagi peshoping ikan segar disana. Retribusi yang wajarlah "seribu rupah" sangat friendly dibanding retribusi di terminal Rajabasa yang menarik "LIMA RIBU RUPIAH" tiap orang yang masuk terminal.
Huni bigung milih

namanya kan apa lupa kalo ga salah kakap hijau...
Harga seafood yang rekomended ketimbang di supermarket dan lebih seger daripada beli di pasar, membuat PPI Lempasing menjadi tempat yang oke untuk belanja seafood segar. Tentu dengan sedikit jurus menawar harga kita bisa mendapatkan ikan banyak dengan mengeluarkan rupiah yang relatif sedikit. Oke.. Sesampainya dirumah kos, tak sabar lah untuk menyomot satu ekor ikan segar untuk dibakar. Dan wala... this is it... hehe

ikan yang ga tahu tadi pun dibakar

tinggal menyantap (lumayan kok rasanya)
Regards,

waw

Baca Juga :

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?