visit on my page

Saturday, July 20, 2013

Yamaha VS Honda di Media Sosial

Tak kita pungkiri jika media social menjadi kian populer saat ini. Hitung berapa jumlah akun aktif yang terdaftar di facebook maupun twitter. Dan bisa saya pastikan anda telah menjadi member dari kedua jejaring sosial tersebut. Siapa yang tak kenal facebook atau twitter? Dari anak SD hingga yang udah pada tue merasa belum keren kalo tidak punya akun di facebook atau twitter. Indonesia menjadi peringkat papan atas dalam hal mengakses jejaring sosial. Saling bertegur sapa, chating, ngegame, kirim terima gambar maupun video, hingga jualan pun sangat bisa dilakukan di sana. Nah, bukan fenomena tersebut yang akan saya ungkap, namun saya hanya akan mengkaitkannya dengan panasnya kompetisi pabrikan roda 2 yang tentunya terpusat kepada Honda dan Yamaha.


Seberapa jauh kedua pabrikan memanfaatkan jejaring sosial untuk kepentingan bisnis mereka? seberapa hebat pengaruh yang diberikan oleh media jejaring sosial tersebut? Dan Seberapa populer mereka di dunia media sosial? Pertanyaan2 tersebut tentu muncul di benak kita. Tidak mungkin kedua pabrikan sekelas Honda ataupun Yamaha menyianyiakan kesempatan tersebut. Promo ‘gratis’ yang direct to people. Dan so pasti keduanya mempunyai fan page di facebook dan twitter.  Pengaruh yang dirasa pun saya kira cukup hebat. Followers tentu bisa langsung berinteraksi dengan admin fanpage. Ini lebih efektif ketimbang harus telp atau berkunjung ke dealer resmi. Dan tak sedikit yang rela bergabung menjadi follower fan page Honda maupun Yamaha. Simbiosis mutualisme lah.  


Untuk tingkat kepopuleran harus diakui Yamaha lebih populer di dunia maya ketimbang Honda. Fans Yamaha di facebook mencapai 3,7 juta akun. Bandingkan dengan fans Honda, yang tidak ada separuhnya (1,1 juta jiwa). Kemudian untuk followers di twitter, Yamaha juga mengungguli Honda dengan 2X lipatnya. Tercatat Yamaha mempunyai 104,6 ribu followers, sedang Honda hanya 57,8 ribu followers saja. Dari data (17/07/2013) tersebut sudah terbaca jika Honda memang bertekuk lutut atas keunggulan Yamaha di dunia maya, namun di dunia nyata data pun berbicara lain. Kenyataannya Honda menguasai market share dengan penjualan 2X lipat volume penjualan Yamaha. Memang tidak ada korelasi yang nyata antara jualan dengan followers, namun dunia maya tidak boleh dipandang sebelah mata. Seiring perkembangan zaman, dunia internet akan menjadi makanan wajib setiap orang. Dan bisa jadi suatu saat nanti dunia maya akan berbanding lurus dengan dunia nyata. Semoga berguna...
 Advertisement

Regards,

waw

6 comments:

  1. Saya pengguna honda...saya bakal nambah 1 deh buat Honda

    ReplyDelete
  2. memang yamaha klo masalah promo atau pamer / unjuk gigi lebih maju dari HONDA tapi dari penjualan dan after sales masih Honda yang megang .. hmmm aneh yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya tautan hati masyarakat kepada Honda tak akan pernah luntur, tak akan lekang oleh waktu, dan tak akan pindah ke lain hati.. hehe

      Delete
  3. Wah Honda keren ya, dia mengikuti tema, baik FB maupun twitter. Tema yang ramadhan nya bagusss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mantab bin jeli om mamet...

      btw emang lebih nikmat dipandang kalo pas ramadhan gini themanya jg tentang ramadhan.
      sip buat Honda...

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?