Tak kita pungkiri jika media social menjadi
kian populer saat ini. Hitung berapa jumlah akun aktif yang terdaftar di
facebook maupun twitter. Dan bisa saya pastikan anda telah menjadi member dari
kedua jejaring sosial tersebut. Siapa yang tak kenal facebook atau twitter? Dari
anak SD hingga yang udah pada tue merasa belum keren kalo tidak punya akun di
facebook atau twitter. Indonesia menjadi peringkat papan atas dalam hal
mengakses jejaring sosial. Saling bertegur sapa, chating, ngegame, kirim terima
gambar maupun video, hingga jualan pun sangat bisa dilakukan di sana. Nah,
bukan fenomena tersebut yang akan saya ungkap, namun saya hanya akan mengkaitkannya
dengan panasnya kompetisi pabrikan roda 2 yang tentunya terpusat kepada Honda
dan Yamaha.
Seberapa jauh kedua pabrikan
memanfaatkan jejaring sosial untuk kepentingan bisnis mereka? seberapa hebat
pengaruh yang diberikan oleh media jejaring sosial tersebut? Dan Seberapa populer
mereka di dunia media sosial? Pertanyaan2 tersebut tentu muncul di benak kita. Tidak
mungkin kedua pabrikan sekelas Honda ataupun Yamaha menyianyiakan kesempatan tersebut.
Promo ‘gratis’ yang direct to people.
Dan so pasti keduanya mempunyai fan
page di facebook dan twitter. Pengaruh
yang dirasa pun saya kira cukup hebat. Followers tentu bisa langsung
berinteraksi dengan admin fanpage. Ini lebih efektif ketimbang harus telp atau
berkunjung ke dealer resmi. Dan tak sedikit yang rela bergabung menjadi
follower fan page Honda maupun Yamaha. Simbiosis mutualisme lah.
Untuk tingkat kepopuleran harus
diakui Yamaha lebih populer di dunia maya ketimbang Honda. Fans Yamaha di facebook mencapai 3,7 juta akun. Bandingkan dengan fans Honda, yang tidak ada separuhnya
(1,1 juta jiwa). Kemudian untuk followers
di twitter, Yamaha juga mengungguli Honda dengan 2X lipatnya. Tercatat Yamaha
mempunyai 104,6 ribu followers, sedang Honda hanya 57,8 ribu followers saja. Dari
data (17/07/2013) tersebut sudah terbaca jika Honda memang bertekuk lutut atas
keunggulan Yamaha di dunia maya, namun di dunia nyata data pun berbicara lain. Kenyataannya
Honda menguasai market share dengan penjualan 2X lipat volume penjualan Yamaha.
Memang tidak ada korelasi yang nyata antara jualan dengan followers, namun
dunia maya tidak boleh dipandang sebelah mata. Seiring perkembangan zaman,
dunia internet akan menjadi makanan wajib setiap orang. Dan bisa jadi suatu
saat nanti dunia maya akan berbanding lurus dengan dunia nyata. Semoga berguna...
Advertisement
Regards,
waw
Saya pengguna honda...saya bakal nambah 1 deh buat Honda
ReplyDeletesip sip sip ane tambahken
Deletememang yamaha klo masalah promo atau pamer / unjuk gigi lebih maju dari HONDA tapi dari penjualan dan after sales masih Honda yang megang .. hmmm aneh yaaa
ReplyDeletesepertinya tautan hati masyarakat kepada Honda tak akan pernah luntur, tak akan lekang oleh waktu, dan tak akan pindah ke lain hati.. hehe
DeleteWah Honda keren ya, dia mengikuti tema, baik FB maupun twitter. Tema yang ramadhan nya bagusss.
ReplyDeletewah mantab bin jeli om mamet...
Deletebtw emang lebih nikmat dipandang kalo pas ramadhan gini themanya jg tentang ramadhan.
sip buat Honda...