visit on my page

Saturday, October 13, 2012

Suzuki Nex Tak Bergaung Lagi

Sejak kemunculan pertamanya di blantika skutik Indonesia, produk entry level Suzuki ini menggebrak dengan slogan “IRIT”. Dicatat oleh rekor MURI, Produk yang diberi nama Nex ini tembus nyaris 80 km dengan hanya menggunakan BBM jenis premium sebanyak 1 liter. Jelas hal ini membuat gempar jagat permotoran Indonesia. Hingga tidak sedikit orang yang membanding-bandingkan skutik produk jepang lain dengan Nex. Hingga muncul skutik injeksi dari Yamaha yang diunggulkan karena iritnya pun kebanyakan masyarakat mengkomparasikan dengan produk Suzuki tersebut. “Iritan mana ama Nex?” celetuk seseorang saat temannya membuka pembicaraan tentang Mio-J. tapi anehnya kenapa pruduk yang dianggap super irit itu jarang beredar di jalanan alias tidak moncer penjualannya?. Hal tersebut mungkin yang memicu Suzuki hingga akhirnya merilis Nex injeksi. Waw… type karbunya saja uirit, apalagi versi injeksinya ya???



Well.. Menilik masalah Nex ini sebenarnya cukup membuat bingung. Mindset ke masyarakat akan skutik uirit sudah cukup nampol. Terus kenapa awareness yang sudah terbangun tidak menciptakan market share yang bagus?? Kebanyakan konsumen Indonesia memang sangat memprioritaskan after sales. Apapun keunggulan dari suatu produk, jika after sales nya memble, sudah dipastikan tidak menarik untuk dibeli. Jadi awareness hanya akan bertahan sebentar, lalu hilang ditelan masa. Konsumen Indonesia juga typical follower. Jika banyak yang beli suatu produk hingga produk tersebut popular, maka orang-orang akan berbondong-bondong unutk meminangnya.


Hingga sekarang gaung Nex pun semakin pudar oleh eksistensi pabrikan tetangga yang lebih mumpuni di sector after sales. Gaung Mio-J dan terakhir launching Honda Beat Injeksi semakin memaksa Nex menyingkir pelan-pelan. Suara Nex baik karbu maupun injeksi pun samar-samar mulai menghilang. Apalagi menurut kabar Nex injeksi hanya dijual di aerah tertentu saja yakni JABODETABEK dan JAWA BARAT . entah apa strategi di balik ini. Uji coba atau memang kurang all out. Yang jelas Nex injeksi yang juga tak muncul di web site resmi Suzuki tersebut tidak membekas di benak konsumen Indonesia sama sekali. Meski memang lebih uirit dibanding versi karbunya (Suzuki Nex FI: Bandung-Jakarta Hanya Butuh Rp 8600) namun ternyata belum dapat menggugah dan menggoyahkan market share skutik di Indonesia. Nex FI tak punya pamor sama sekali, bagaimana menurut Anda??

Semoga berguna…

Regards,

Waw
Advertisement
-->

19 comments:

  1. iya gan... irit tapi kalo rusak bingung cari bengkelnya kan lucu...

    ReplyDelete
  2. body nya aye juga ga begitu sreg gan...

    ReplyDelete
  3. wah kasihan itu motor jadi mati suri
    http://yudhadepp.blogspot.com/2012/10/bikin-yamaha-fizr-semakin-kencang.html?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi bro. Dominasi Honda n Yamaha sudah kadung 'menindih' Suzuki

      Delete
  4. Yah mau bagaimana lagi bro, itu Nex kita akui saja kalo desainnya super duper katro abis, iya ga iya ga? Kalo ada yg bilang desain Nex keren patut dipertanyakan seleranya berarti :D

    Bandingkan saja dengan Mio keluaran pertama, masih lebih bagus Mio lama tuh. Ane ga ngerti apa yg ada di benak para petinggi suzuki saat ini. Shogun Axelo melempem, Smash tenggelam, Skydrive dan apa tuh satu lagi yg iklannya pake si irfan bachdim? Itu juga gatau gimana nasibnya. Tinggal tunggu kabar pailit deh ini suzuki indonesia. Goblok2 petingginya saat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya kalo masalah desain sih relatif. ada yang bilang katro ada yang ngakuin desain Nex ntu kaga jelek. namun mungkin kebanyakan orang belum yakin aja dengan produk suzuki ini.
      butuh product campaign yang lebih oke lagi kek na gan...

      Delete
  5. maaf, ane beli Nex Injeksi di jawa timur, tepatnya di lawang ada kok ... padahal kota super kecil .....
    Test eco ride nembus skitar 70km/ltr

    ReplyDelete
    Replies
    1. 70 km/l wuiih manteb bro..

      Delete
    2. beli gres di dealer resmi apa pegimane ntu gan?? soalnya officialnya baru disebar di jabodetabek dan jabar hlo tu motor matik injeksi...

      katanya sih emang bener2 uirit kok gan...

      Delete
  6. ndak segitunya mas bro,ditempat ane populasinya juga lumayan kok.nex fi juga ada kok ngak hanya di jakarta doang.di kampung ane malah banyuak yang ambil nex ketimbang mio j

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoih... tapi kalo kita liat secara global ya memang ntu metik injeksi ga laku bro...

      ngemeng2 kampung ente di daerah mane pak bro??

      Delete
  7. nex fi...

    kalau di tanya mesin, performa dan iritnya bener-bener terbukti.. sudah banyak blogger yang mengetes sendiri dan hasilnya di atas motor lainnya.

    nah masalah designnya nih.. agak kurang menarik. gampangnya mah tinggal update body.. mesin tetep pertahankan.. pasti penjualan moncer dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum ada setahun masak udah mau ganti baju bro...

      Delete
  8. Belakangnya sudah oke sih menurutku.
    Depannya yang kurang memang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bokong semok namun muka kurang menggairahkan ya gan... hahaha

      Delete
    2. body masa kini muka masa gitu :P

      Delete
    3. masa lah boeat loe??

      hahahahahahaha...

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?