Sejak kemunculan pertamanya di
blantika skutik Indonesia, produk entry level Suzuki ini menggebrak dengan
slogan “IRIT”. Dicatat oleh rekor MURI, Produk yang diberi nama Nex ini tembus
nyaris 80 km dengan hanya menggunakan BBM jenis premium sebanyak 1 liter. Jelas
hal ini membuat gempar jagat permotoran Indonesia. Hingga tidak sedikit orang
yang membanding-bandingkan skutik produk jepang lain dengan Nex. Hingga muncul
skutik injeksi dari Yamaha yang diunggulkan karena iritnya pun kebanyakan
masyarakat mengkomparasikan dengan produk Suzuki tersebut. “Iritan mana ama Nex?”
celetuk seseorang saat temannya membuka pembicaraan tentang Mio-J. tapi anehnya
kenapa pruduk yang dianggap super irit itu jarang beredar di jalanan alias
tidak moncer penjualannya?. Hal tersebut mungkin yang memicu Suzuki hingga
akhirnya merilis Nex injeksi. Waw… type karbunya saja uirit, apalagi versi
injeksinya ya???
Well.. Menilik masalah Nex ini sebenarnya
cukup membuat bingung. Mindset ke masyarakat akan skutik uirit sudah cukup
nampol. Terus kenapa awareness yang sudah terbangun tidak menciptakan market
share yang bagus?? Kebanyakan konsumen Indonesia memang sangat memprioritaskan
after sales. Apapun keunggulan dari suatu produk, jika after sales nya memble,
sudah dipastikan tidak menarik untuk dibeli. Jadi awareness hanya akan bertahan
sebentar, lalu hilang ditelan masa. Konsumen Indonesia juga typical follower. Jika
banyak yang beli suatu produk hingga produk tersebut popular, maka orang-orang
akan berbondong-bondong unutk meminangnya.
Hingga sekarang gaung Nex pun
semakin pudar oleh eksistensi pabrikan tetangga yang lebih mumpuni di sector after
sales. Gaung Mio-J dan terakhir launching Honda Beat Injeksi semakin memaksa
Nex menyingkir pelan-pelan. Suara Nex baik karbu maupun injeksi pun samar-samar
mulai menghilang. Apalagi menurut kabar Nex injeksi hanya dijual di aerah
tertentu saja yakni JABODETABEK dan JAWA BARAT . entah apa strategi di balik
ini. Uji coba atau memang kurang all out. Yang jelas Nex injeksi yang juga tak
muncul di web site resmi Suzuki tersebut tidak membekas di benak konsumen Indonesia
sama sekali. Meski memang lebih uirit dibanding versi karbunya (Suzuki
Nex FI: Bandung-Jakarta Hanya Butuh Rp 8600) namun ternyata belum
dapat menggugah dan menggoyahkan market share skutik di Indonesia. Nex FI tak
punya pamor sama sekali, bagaimana menurut Anda??
Semoga berguna…
Regards,
Waw
Advertisement
Advertisement
iya gan... irit tapi kalo rusak bingung cari bengkelnya kan lucu...
ReplyDeletewew after sales rupanya...
Deletebody nya aye juga ga begitu sreg gan...
ReplyDeleteKan ramping n sekseeeh gan
Deletewah kasihan itu motor jadi mati suri
ReplyDeletehttp://yudhadepp.blogspot.com/2012/10/bikin-yamaha-fizr-semakin-kencang.html?m=1
yoi bro. Dominasi Honda n Yamaha sudah kadung 'menindih' Suzuki
DeleteYah mau bagaimana lagi bro, itu Nex kita akui saja kalo desainnya super duper katro abis, iya ga iya ga? Kalo ada yg bilang desain Nex keren patut dipertanyakan seleranya berarti :D
ReplyDeleteBandingkan saja dengan Mio keluaran pertama, masih lebih bagus Mio lama tuh. Ane ga ngerti apa yg ada di benak para petinggi suzuki saat ini. Shogun Axelo melempem, Smash tenggelam, Skydrive dan apa tuh satu lagi yg iklannya pake si irfan bachdim? Itu juga gatau gimana nasibnya. Tinggal tunggu kabar pailit deh ini suzuki indonesia. Goblok2 petingginya saat ini.
Sebenernya kalo masalah desain sih relatif. ada yang bilang katro ada yang ngakuin desain Nex ntu kaga jelek. namun mungkin kebanyakan orang belum yakin aja dengan produk suzuki ini.
Deletebutuh product campaign yang lebih oke lagi kek na gan...
maaf, ane beli Nex Injeksi di jawa timur, tepatnya di lawang ada kok ... padahal kota super kecil .....
ReplyDeleteTest eco ride nembus skitar 70km/ltr
70 km/l wuiih manteb bro..
Deletebeli gres di dealer resmi apa pegimane ntu gan?? soalnya officialnya baru disebar di jabodetabek dan jabar hlo tu motor matik injeksi...
Deletekatanya sih emang bener2 uirit kok gan...
ndak segitunya mas bro,ditempat ane populasinya juga lumayan kok.nex fi juga ada kok ngak hanya di jakarta doang.di kampung ane malah banyuak yang ambil nex ketimbang mio j
ReplyDeleteyoih... tapi kalo kita liat secara global ya memang ntu metik injeksi ga laku bro...
Deletengemeng2 kampung ente di daerah mane pak bro??
nex fi...
ReplyDeletekalau di tanya mesin, performa dan iritnya bener-bener terbukti.. sudah banyak blogger yang mengetes sendiri dan hasilnya di atas motor lainnya.
nah masalah designnya nih.. agak kurang menarik. gampangnya mah tinggal update body.. mesin tetep pertahankan.. pasti penjualan moncer dah
belum ada setahun masak udah mau ganti baju bro...
DeleteBelakangnya sudah oke sih menurutku.
ReplyDeleteDepannya yang kurang memang.
Bokong semok namun muka kurang menggairahkan ya gan... hahaha
Deletebody masa kini muka masa gitu :P
Deletemasa lah boeat loe??
Deletehahahahahahaha...