visit on my page

Thursday, October 30, 2014

Mesin Pencopot Ban Di Bengkel Yamaha

Yess, its time for Keling regular maintenance. Saatnya menyambangi beres untuk servis berkala Fino. Service tidak ada masalah, hanya service rutin dan ganti oli saja. Namun yang aneh, saat kunjungan ke beres Yamaha kali ini saya dikagetkan oleh sebuah alat berat yang tronggok di sudut bengkel. Terlihat seperti mesin bubut. Saya amati saja dari kejauhan. Sepertinya alat tersebut sengaja diletakkan di bagian depan bengkel agar pasien service melihatnya. Entah alat ini sudah terpasang lama dan saya tidak ngeh pada kunjungan service saya sebelumnya, atau memang baru-baru saja dipajang. Dan, ternyata alat tersebut bukan hanya sebagai pajangan saja, sesaat kemudian terlihat ada beberapa mekanik yang mengoperasikannya.
 



Sebuah ban beserta velgnya dibawa dan dieksekusi menggunakan alat berat tersebut. Karena sedikit kepo dan takut ada adegan mutilasi, saya pun mendekat ke sana. Cepret-cepret beberapa foto untuk dokumentasi dan, tentunya menyela mereka dengan beberapa perntanyaan. Pertanyaan pun dijawab dengan gamblang. Ternyata alat tersebut adalah sebuah alat berat untuk melepaskan ban dari velgnya. Ini ditujukan untuk konsumen yang mengganti ban di beres Yamaha. Manja amat Cuma urusan buka ban saja harus pakai alat segede gaban (batin saya). Jangan salah pak, (ternyata mekanik tersebut mampu membaca apa yang ada di batin saya). Ini sebenarnya khusus untuk ban tubeless seperti ban Byson, New Vixion, atau R series. Soalnya menurut pengalaman, mereka (para mekanik) pernah membuka ban Byson dan hasilnya velg jadi amburadul dan pengerjaan membutuhkan waktu yang lama. Dengan alat ini pelepasan ban dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Sepertinya ini adalah alat yang dipersiapkan khusus dari Yamaha sendiri untuk keperluan service. Buktinya ada logo pabrikan garputala yang nangkring di bagian depan. Sebuah alat yang cukup besar jika hanya untuk keperluan melepas ban (tubeless). Bahkan alat tersebut tidak bisa untuk menambal ban tubeless yang bocor. Namun apapun itu, sebuah alat memang dipergunakan untuk membantu pengerjaan agar mendapatkan hasil yang efektif dan efisien. Mau bagaimana bentuknya, yang penting hasilnya. Semoga berguna...
advertisement


Regards,


waw

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?