visit on my page

Friday, October 31, 2014

Tapis Carnival (Kirab Budaya di Tanah Lada)

 
Well, this is about Lampung again. Pernah dengar istilah diatas? Kalau belum mari kita jelajah sedikit sebagai wawasan. Jika disodorkan pertanyaan “apa yang anda ingat saat mendengar kata “Lampung” dan “Kain”? apa yang akan anda jawab? Anda yang tahu akan budaya Lampung akan menjawab “TAPIS”. Yup, salah satu jenis kain yang dirajut dengan benang emas. Biasa untuk slempang atau sebagai penghias di dinding bangunan. Kain ini asli came from Lampung. Harga? Sudah pasti sangatlah mahal, hanya orang dari kalangan berduit dan sadar budaya saja yang memiliki kain ini. Dan, perlu anda tahu juga bahwasanya ibu kota propinsi Lampung yakni Bandar Lampung sangat termasyur dengan julukan “Kota Tapis”. Lalu apa yang dimaksut dengan “Tapis Carnival”? dari istilah saja kita sudah bisa menebak bahwa itu adalah suatu kegiatan berbentuk karnaval yang ber-tema-kan Tapis. Dan benar adanya memang. Tapis Carnival adalah suatu kegiatan rutin annual yang diselenggarakan pemerintah propinsi Lampung untuk melestarikan salah satu budaya nya.

Kegiatan ini berbentuk karnaval arak-arakan dengan pakaian budaya dari tiap kabupaten seantero Tanah Lada. Arak-arakan biasanya melintasi jalan utama ibu kota. Tiap kabupaten mewakilkan saetidaknya satu kompi untuk memperkenalkan pakain budaya asal kepada khalayak. Dan, tentunya bukan hanya tapis saja yang diarak. Segala macam bentuk pakaian pun dikenakan dalam kirab budaya tersebut. Dari yang formal hingga ekstreem. Mirip dengan Batik Carnival gitu lah kalau di tanah Jawa. Sepanjang jalan pun dipenuhi pengunjung dari berbagai daerah. Ada yang ingin mengabadikan momen penting tersebut, ada yang ingin melihat bagaimana meriahnya pagelaran, ada pula yang hanya sekedar ikut memeriahkan dengan turun ke jalan.
  


 







Senyum para peserta Tapis Carnival pun semakin membuat acara menjadi semarak. Pakaian adat yang gemerlapan dipadu dengan wajah-wajah ayu dan gagah menghiasi sepanjang jalan. Keceriaan anak-anak hingga orang dewasa yang menyaksikannya juga semakin memberi warna meriah. Ini adalah wajah seni dan budaya tanah Lampung yang asri. Pakaian merupakan identias diri. Sebuah kirab budaya dan seni yang harus diapresisi. Dan tentunya saja dijaga agar tetap lestari. Semoga berguna...
 advertisement


Regards,


waw

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?