visit on my page

Sunday, February 26, 2012

Kenali, CIntai, dan Lestarikan Kebudayaan Indonesia (WAYANG)

Hari ini saya kok tumben teringat dengan kebudayaan Indonesia ya... Hehe.. Terutama tentang WAYANG. Yah memang saya tidak menggandrungi wayang sejak kecil. Namun akhir2 ini saya cukup teretarik dengan segala macam yang berbau WAYANG. Dari cerita hingga aksesori. Wayang merupakan warisan budaya asli Indonesia. Namun, di nusantara ini, bentuk ragam wayang tidak lah sama. Ada wayang golek ataupun wayang kulit. Bahkan, bentuk dan rupa wayang kulit maupun wayang golek berbeda di setiap tepat.
Panggung Pagelaran Wayang

Di jaman yang sudah serba internet ini, ternyata wayang sudah tidak menarik lagi di mata para pemuda di tanah air. Setiap ada pagelaran wayang, para pemuda selalu menjadi kaum minoritas yang hadir. Kalaupun mereka memadati pertunjukan, mereka hanya bersifat hura2 dan menikmati kemolekan para penyanyi dangdut atau campursari pada saat sela2 pertunjukan wayang. Apakah mereka kurang sadar dengan kebudayaan negara mereka? Apakah wayang sama sekali tidak menarik di mata mereka? Sebagai kaum muda harusnya kita lah yang pertama kali menjaga kelestarian budaya negara. 


Angklung



Reog Ponorogo

Akhir2 ini semakin miris saja saat kita mengetahui orang2 ekspatriat belajar tentang pewayangan. Kenapa bukan orang2 kita sendiri?? Nah, saat kita berpaling dari dan bersifat acuh dengan kebudayaan kita yang memanglah sangat unik, kemudian negara lain mengklaim kebudayaan kita, kita gerah dan naik pitam. Siapa yang salah? Mengfapa anda acuhkan kebudayaan anda sendiri? Jika anda acuhkan, bukankah malah akan mati hilang ditelan zaman kebudayaan tersebut? Bukan lebih baik kebudayaan tersebut diklam negara lain dan mereka lestarikan dengan sebaik2nya, daripada kebudayaan tersebut diacuhkan, ditinggalkan, dan tidak dilirik sama sekali??? 
Kenali, Cintai, dan Lestarikan Kebudayaan Indonesia
Tentunya itu berangkat dari kesadaran kita untuk selalu ikut melestarikan kebudayaan kita sendiri dan bukan koar2 "ITU KEBUDAYAAN KAMI" setelah dilirik negara lain. Kebudayaan tinggal hanya sejarah dan kenanga jika tidak kita jaga. Banyak kebudayaan lain yang perlu kita jaga dan lestarikan. jangan hanya mengandalkan pemerintah. Melestarikan kebudayaan bukan kewajiban pemerintah tapi kewajiban bersama.
Advertisement
-->
Regards,


waw


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?