visit on my page

Tuesday, February 28, 2012

Komparasi Motor Matic - Spacy - Mio CW - Mio Soul (#3)

Yup... Telah sampai pada edisi terakhir share saya untuk komparasi motor matik (Spacy, Mio CW, Mio Soul). Telah saya share pada edisi pertama (profiling), edisi kedua (Alasan membeli motor matik tersebut), sekarang akan saya paparkan "motor apakah yang dibandingkan ketika membeli motor matik pilihan". tentu saja sekalian saya review kesimpulannya. Yuk di cekidot.

Hampir seluruh konsumen dipastikan membanding-bandingkan motornya ketika akan membeli sebuah sepeda motor. Yup memang. Hak konsumen untuk memilih barang yang akan mereka miliki. Oke kita bedah kira-kira motor apa saja yang menjadi perbandingan dengan ketiga motor yang kita bahas.
BEAT adalah motor matik paling populer saat ini. Matik ini sangat cocok sebagai pembanding Spacy. Selain sama2 motor matik, Beat juga sama2 dengan SPACY dibawah naungan pabrik sayap ngepak walaupun dari segi body sangat berbeda. Bisa saja para konsumen Spacy tidak jadi membeli Beat karena kurang nyaman untuk berboncengan. Ini juga merupakan alasan mengapa konsumen Honda adalah konsumen yang loyal. Karena mereka biasanya membanding motor yang akan mereka beli hanya pada produk merek tersebut saja.
Keduax ya sekarang... Lanjut ke Mio CW. Sedikit berbeda jika kita menjumpai konsumen Yamaha. Sebagian dari mereka tidak biasa membandingkan motor-motor yang akan mereka beli. Entah ini sebagai keuntungan Pabrikan atau malah kebuntungan. Di satu sisi Pabrikan Pede dengan apa yang mereka buat karena secara tidak langsung konsumen berujar "produk ITU tiada bandingannya". Atau malah justru pabrikan tidak mendapat konsumen yang loyal? karena tidak begitu mengenal beberapa produk yang Pabrikan telurkan.
Kecenderungan KOnsumen Yamaha tidak membandingkan motor sebelum membeli justru ditakutkan mereka akan melirik pada produk tetangga sebelah. Beat yang merupakan Rajanya Matik saat ini adalah objek yang potensial untuk dilirik potensial buyer Mio CW. Entah karena kepopuleran Beat atau Keunggulan Beat di mata mereka, akhirnya potensial buyer Mio CW tersebut beralih ke Beat. Dan fakta talah berbicara Beat semakin moncer seiring turunnya popularitas Mio CW.
Melipir ke motor matik yang ketiga yakni Mio Soul. Konsumen Mio Soul adalah penggila motor yang tidak biasa (baca tidak biasa dipakai orang banyak). Mereka tidak mudah terpengaruh oleh mayoritas. Kebanyakan orang pake Mio CW yo wis ben, semua orang berbondong-bondong meminang Beat yo karepmu, pokokmen saya mau beli motor yang tampilannya lebih oke dari pada yang kebanyakan orang punya. kurang lebih seperti itu lah di benak konsumen Mio Soul. Maka Potensial buyer Mio Soul akan membandingkan motor yang diatas Mio CW atau Beat tentunya. Vario ataupun Xeon sepertinya menjadi pembanding yang setara. 
Okelah kita tinggalkan dulu apa yang ada di benak para pengguna kedua klan MIO. Kita sekarang perhatikan apa saja yang responden Spacy keluhkan dari motor mereka. 'Jarak body terhadap tanah' dan 'posisi kunci bagasi yang sulit' menjadi mayoritas keluhan responden Spacy. Bukan masalah mesin ataupun performa motor, namun yang mereka risaukan adalah masalah kenyaman. Responden mungkin telah cukup puas dengan segala sesuatu pada mesin Spacy sehingga keluhan muncul dari kenyamanan. Honda sepertinya telah cukup berhasil dalam meracik dapur pacu Spacy.


      
Untuk kesimpulan dapat dilihat pada poin2 sebagai berikut :

  1. Pengguna Spacy membeli motornya untuk bagasi yang luas, body besar yang stabil, cocok untuk pasangan muda.
  2. Pengguna Spacy membeli motornya bukan karena kehabisan stok beat
  3. Pengguna Spacy kebanyakan berumur 30 tahun keatas dan sudah menikah, ekonomi menengah
  4. Kepuasan Pengguna Spacy tidak begitu kuat.
  5. Iklan Spacy di TV sangat menarik di mata pengguna ataupun masyarakat.,, Sya tambahi
  6. Pengguna Mio lebih confidence untuk membeli motornya
  7. Loyalitas penguna Mio CW dan Soul terhadap merek yang mereka pakai masih dibawah pengguna Spacy.
  8. Dll. Bisa anda simpulkan sendiri.

Semoga berguna ya bro... n sis...

Regards,

waw
Advertisement
-->
Link Terkait :
Seri 2 (http://wawwiwiwaw.blogspot.com/2012/02/survey-komparasi-motor-matic-spacy-mio_25.html)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?