Waktu nongkrong di bengkel
kemarin dapet oleh-oleh bro… oleh2nya mengerikan. Saya melihat ada mobil pickup
membawa motor byson. Setelah diturunkan kok ada yang aneh dari motor tersebut,
wew… tampilan dari bagian tangki bensin ke depan sumuanya peyang… wah.. korban
kecelakaan nih pikir saya. Selidik punya selidik, e ternyata tu motor abis buat
nabrak tronton. Mampus… motor versus tronton yo jelas pasti jaran wesi ambyar…
Velg Byson patah |
Velg byson peyang, Speadboard pecah |
Tuh… velg bisa sampai patah-patah
begono… peyang, muntir, wis pokoke nggilani bgt… Saya taksir sih itu kecepatan
motor saat nabrak lebih dari 80km/jam. Lha bentuknya wis kayak gitu… minimal
gagar otak juga tuh yang bawa motor. E tapi menurut keterangan yang nyervisin
motor (ayah yang mengalami kecelakaan), penunggang byson cuma patah tulang kaki
lho… ‘Cuma’?? Mending goyang patah-patah
lah daripada patah-patah tulang… hehe..
ngeri bro |
Penasaran juga pengen ngerti
itungan berapa habisnya dandan tu motor. Setelah bagian sparepart ngitung
sekitar sejam, muncul lah angka 11 juta sekian… mak glodagh… dibeliin motor mio
baru dah dapet tuh… e tapi tunggu dulu, ternyata kepala mekanik mengingatkan
pemilik tentang asuransi.. wah ternyata masih dalam asuransi tu motor. Ternyata
kalo kerusakan bisa nyampe lebih dari 75% harga motor itu sendiri, pemilik
motor bisa claim ke perusahaan asuransi. Dengan segala perhitungan lagi, dandan
motor tersebut akhirnya dihargai menjadi 15 juta sekian… weleh.. malah semakin
gila… Tapi mbuh juga lah apakah claim tersebut bisa bener-bener tembus atau ga.
Yang jelas pemilik mengiyakan saja apa kata kepala mekanik di sana.
Yang saya tegaskan disini bukan
masalah berapa habisnya dandan motor ataupun bagaimana tentang asuransi motor,
namun lebih kepada kenapa motor itu bisa berubah bentuk jadi peyang seperti
itu??? Jelas disini faktor safety rading lebih dapat menjadi alasan. Entah si
pengendara yang kurang hati-hati ataupun sebaliknya pemegang stir tronton yang
ugal-ugalan. Yang jelas, terjadinya accident pasti karena kurangnya kehati-hatian.
Hati-hati = syarat safety rading yang paling utama sebelum pemakaian
pelengkapan seperti helm, jaket, ataupun sepatu. Dijalan raya memang ada slogan ‘hati-hati atau
mati’. Dan itu benar adanya. Kita hati-hati tapi pengguna jalan yang lain ugal-ugalan
saja itu baru setengah dari keselamatan, apalagi semua tidak hati-hati ya mesti
jadinya ‘mak glodagh’.
Saat anda membawa motor, anda
mempertaruhkan nyawa anda sendiri di tangan anda. jika hati-hati maka resiko
nyawa lepas dari badan akan semakin jauh. Sebaliknya jika tidak ada
kehati-hatian, maka resiko nyawa melayang akan semakin besar. Jadi cintailah
nyawa anda sendiri dengan berkendara yang berhati-hati. Yang bisa menyelamatkan Anda ya Anda sendiri. Apalagi anda
memboncengkan orang, anda memundak 2 nyawa saat itu.
Selain hati-hati
tentunya jangan lupa berdoa dan memakai perlengkapan seperti helm SNI, jaket, ataupun
sepatu saat berkendara. Kalaupun berkendara jarak dekat, janganlah lupa untuk
memakai helm. Karena helm itu sejatinya pasangan dari motor. Keduanya tidak dapat terpisahkan...
Regards,
waw
waw
nah tuh ngerti aturan safety riding.. tapi kenapa masi suka oportunis kalo di jalan... take good care selalu ya haneii...
ReplyDeletesekarang kan udah safety riding banget...
Delete