visit on my page

Sunday, February 12, 2012

KA Sri Tanjung


Backpacker an lagi yuk....

Wala... saya akan share sedikit tentang kereta api nih. Sejak pertama menaikinya, Kereta api menjadi alternatif pertama saya untuk armada angkutan darat. Dan, itu saya canangkan sejak saya sudah lulus kuliah... Hahaha... Memang saya pertama kali naik kerata api setelah saya sudah berumur lebih dari 25. Kasihan ya... Tapi setelah saya menggunakan kereta saya merasa lebih safe aja. Resiko kecelakaan lebih kecil daripada bus, pemandangan selama perjalanan lebih alami dan sejuk di mata, dan yang peling penting, kalo kereta api lewat, bus, mobil, motor, dll pada berhenti mempersilahkan kereta api melenggang... Hahaha...


LOGO KERETA API INDONESIA
 Seperti kita tahu ada 3 kelas di kereta api. Saya lebih prefer pake yang ekonomi atau eksekutif sekalian. Kalo kelas bisnis nanggung, fasilitas dan harga yang dibayar tidak sebanding menurut saya. Fasilitas deda tipis dengan ekonomi, tapi beda agak tebal diongkos. Hehe.. bedanya hanya kalo bisnis ada kipas angin dan dipastikan dapat tempat duduk. Tapi sekarang kan ekonomi sudah dipastikan dapat tempat duduk, tapi harus beli tiket jauh hari sebelum kereta berangkat. Saya pertama naik kereta api adalah tawangjaya (kereta ekonomi jurusan semarang-pasar senin) bejubel, untung dapat tempat duduk karena saat itu belum berlaku aturan kereta ekonomi tidak ada yang berdiri, maka banyak yang berdiri, nglesot, nungging, dan lain2...
Kereta JADUL
Well, kali ini saya akan bercerita saat saya naik kereta api di jalur selatan. Yup, saat itu saya sedang berkelana untuk mengikuti tes PNS di surabaya. Bersama my Huni saya berangkat ke surabaya dari semarang. Lha saat pulang kami juga akan ikut meramaikan tes PNS juga di jogjakarta. Selesai tes, iseng2 ke stasiun kereta api gubeng (belum pernah sebelumnya) lihat jadwal kereta, itung2 duit dan waktu, dan jatuhlah pilihan pada kereta api SRITANJUNG. Hmm kereta ekonomi, murah (saat itu 19.000 IDR) dan juga ingin merasakan kereta jalur selatan.
Stasiun Kereta Api Gubeng Surabaya
Di St. Gubeng ada Kereta Komuter juga Ya...
  
Berikut profilnya 

KA Sri Tanjung

 Sri Tanjung adalah salah satu rangkaian kereta api kelas ekonomi unggulan yang melayani rute Banyuwangi Baru-Yogya Lempuyangan. Kereta ini milik Daop 9 Jember, yang diambil dari nama tokoh dalam cerita rakyat setempat.
Memiliki 2 rangkaian yang berangkat setiap hari. Dari Lempuyangan, Yogyakarta berangkat Pkl. 07.30 sedangkan dari Banyuwangi berangkat Pkl. 06.00. Tarif untuk perjalanan Lempuyangan-Banyuwangi adalah Rp. 35.000. Pada saat tertentu, rangkaian Kereta Api Sri Tanjung membawa antara 6-10 kereta penumpang kelas ekonomi, 1 kereta makan pembangkit kelas ekonomi, dan hampir selalu membawa kereta bagasi unik yang berwarna biru.
Kereta api ini berhenti di Stasiun Kalibaru, Kalisat, Jember, Probolinggo, Pasuruan, Bangil, Sidoarjo, Wonokromo, Surabaya Gubeng, diteruskan ke Mojokerto, Jombang, Kertosono, Nganjuk, Madiun, Sragen, Solo Jebres, Klaten, dan terakhir Lempuyangan.

Hwahaha, kereta datang, rebutan masuk untuk dapat tempat duduk (karena saat itu hari libur dan semua tiket ekonomi pasti bertuliskan ‘tiket berdiri’), dan yesss dapat tempat duduk. Weleh, tapi kok sepi ya ni gerbong kereta?? Owh mungkin di stasiun depan banyak yang naik kali (pikir kami saat itu). Lewat beberapa stasiun, kok tetep sepi aja. Sarasa nyewa gerbong aja nih... Mumpung gerbong sepi, kita gunakan untuk take picture dah... Hahaha


Teman Perjalanan (3K IDR)

Gerbong KA Sri Tanjung yang lengang

Smile

Hehe ada satu penumpang yang nengok

Pose di depan pintu

Ngapain to Hun??

Jok yang Lebar hehe

FYI ya... KA Sri Tanjung ini saat sampai stasiun Gubeng, baik dari arah Banyuwangi ataupun Jogja selalu ke Stasiun Wonokerto untuk Isi Bahan Bakar dan checking segala sesuatu. Jadi Gubeng dapat dikatakan pertengahan antara kedua ujung tujuan kereta api jarak jauh tersebut.



Sneek a peak from Sri Tanjung window

Naik lagi ah...

Pintu KA Sri Tanjung

Buritan

Kereta yang lewat saat (sritanjung harus berhenti)

Kereta apa ini ya?

Singgah di Stasiun Madiun

Kereta Lewat Lagi

Foto dari jendela

Akhirnya sampai juga di lempuyangan... karena memang KA Sritanjung ini jurusannya BANYUWANGI-LEMPUYANGAN. Selalu berhenti tiap stasiun, selalu ngalah kalo lagi sisipan dengan kereta eksekutip ataupun bisnis (kereta ekonomi adalah kereta paling sopan). Sampai lempuyangan ternyata gerbong masih sepi juga. Entah memang selalu sepi atau pada saat itu saja sepinya. Karena baru pertama naik sritanjung dan belum naik lagi setelah itu.


Jadwal kereta di St. Lempuyangan

Jadwal kereta di St Lempuyangan lagi

X-CODE
  BERIKUT SAYA LAMPIRKAN PULA MENGENAI KERETA EKONOMI

Jalur Krerta Api

Jalur KA Ekonomi
Semoga Berguna Yak...

Ragards,

waw
Advertisement
-->

9 comments:

  1. huniii, ceritanya kurang lengkap ahhhh... jam berapa dari gubeng ? jam berapa nyampe lempuyangan.. hehhe

    ReplyDelete
  2. lha lupa oq... hahaha

    seingat ane... berangkat sekitar asar dari gubeng trus sampai lempuyangan tengah malem... hiiiii takuuuut...

    ReplyDelete
  3. haha...suka kata-kata "kereta ekonomi adalah kereta yang paling sopan..
    FYI, pengalaman pertama saya naek kereta adalah juga kereta ekonomi, dari Purwokerto ke Kediri...berangkatnya siy wangiiiiii....turunnya? jangan tanya...lusuh bin lecekkk!!! wkwkwk...
    Hidup kereta ekonomi!!! xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. pokoknya jangan ngaku pernah naek kereta api kalo belum jajal kereta ekonomi... yess.. wkwkwk

      Delete
  4. Thanks Ms Ve Atas kunjungannya...

    Tapi ga kapok naik Kereta Ekonomi kan Ms??

    Bukan masalah murahnya, namun pengalaman justru mahal harganya...

    Hiduu...p!!!

    ReplyDelete
  5. waw,ada cc 200 15 punya cn

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?