visit on my page

Friday, March 16, 2012

Teknologi YCAT - Yamaha Compact Automatic Transmission (Sistem penggrak motor bebek matik pada LEXAM)


Menyambung postingan mengenai harga yang pantas untuk Yamaha Lexam. Mungkin ada yang belum faham bagaimana sistem bebek matik ala Yamaha yang diaplikasikan pada Lexam. Sekilas saja (saya juga hanya baca brosur). Sistem ini beda dengan yang diterapkan pada motor bebek ataupun motor matik biasa. Sistem ini dinamakan YCAT (Yamaha Compact Automatic Transmission). Berikut Sekilas penjelasannya...
Brosur Teknologi YCAT pada Lexam
 Mesin dasar yang dipakai pada Lexam adalah berbasic mesin skutik biasa namun mengalami beberapa improvisasi. Improvisasi disini dimaksudkan agar mesin skutik tersebut dapat menggerakkan roda dengan diameter yang lebih besar dari yang semestinya (mesin skutik harusnya untuk menggerakkan ban dengan diameter kecil seperti pada ban Mio). Dengan menggerakkan ban yang berdiameter sebesar motor bebek maka dibutuhkan power yang lebih dan sistem pendingin yang mumpuni.

Sistem Pendingin Mesin Yamaha Lexam
Blok Mesin Yamaha Lexam Dengan teknologi YCAT
Oleh sebab itu dirancanglah mesin skutik yang compact. Dengan beberapa improvisasi sebagai berikut maka dapat terciptalah motor bebek tapi matik.
  1. Memperpendek V-Belt. Dengan memperpendek V-belt maka didapat tenaga yang lebih besar. oleh karena itu V-Belt dibuat sependek mungkin sehingga V-belt dapat masuk dalam sebuah blok mesin.
  2. Dengan V-belt yang terdapat dalam blok mesin, maka sistem pendinginan mesin dibuat sedemikian rupa megikuti putaran mesin dengan menggunakan sirkulasi udara yang efisien.
  3. V-belt dibuat dari material yang kuat (tidak seperti V-Belt Mio). Sehingga membentu performa dan mempunyai durability tinggi.
  4. Ban belakang tetap digerakkan menggunakan rantai dan sproket selayaknya motor bebek biasa yang ditarik dari gear box hasil putaran mesin ke V-Belt.
Engine Cut Yamaha Lexam
Demikian sekilas Sistem penggerak motor bebek matik semoga berguna. Yang lebih expert bisa berbagi ilmunya ya...

Regards,

waw 

Link Terkait :
Harga Yang Pantas Untuk Yamaha Lexam
Advertisement
-->

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?