Kita
semua sepakat bahwa MotoGP merupakan pagelaran kompetisi roda 2 diatas sirkuit
paling termasyur sedunia. Dari era Mc Doohan hingga Rossi, ajang balap ini pun
salalu menyita berjuta-juta pasang mata seantero jagat raya. Dari kubikasi
500CC sampai sekarang memasang mesin berkapasitas 1000CC pada kuda besi semakin
membuat 2wheel lover keranjingan. Persaingan antar pembalap, antar pabrikan,
hingga antar grup selalu mewarnai drama di tiap serinya. Namun saya tidak akan
membahas lebih jauh mengenai MotoGP itu sendiri. Saya akan coba mengulas
tentang hubungannya dengan market share penjualan produk sepeda motor.
Tak
pelak persaingan antar pabrikan adalah intrik paling dominan pada scenario drama
MotoGP. Adu kecanggihan mesin, adu kecepatan dan akselarasi motor, adu teknisi
handal, hingga adu skil para joki selalu membuat ajang ini semakin seru. Dari pabrikan
jepang hingga eropa yang selalu menampilkan kemampuan puncaknya untuk
mendapatkan predikat jawara. Dari sini sudah sangat terlihat image positif yang
menjadi tujuan utama tiap pabrikan. Meraih sebanyak-banyaknya simpati dari
semua orang untuk nama baik pabrikan. Semakin oke peran yang dimainkan di ajang
MotoGP, semakin bagus pula apresiasi orang akan suatu pabrikan.
Nah
tentu citra bagus yang terbentuk tidaklah serta merta membuat semua orang
membeli produk dari pabrikan tersebut. Masih butuh konsistensi untuk membentuk suatu
loyalitas. Pabrikan yang konsisten menaikkan jokinya ke podium akan mendapat
kepercayaan dari banyak orang untuk membeli produknya. Selain itu tentu factor gengsi
dan ikon joki juga sangat berpengaruh untuk menarik massa. Pembalap yang sudah
banyak “fans” akan sangat mudah mempengaruhi khalayak untuk membeli produk dari
pabrikan yang dibelanya.
Yup,
memang secara langsung tidak mudah mencari korelasi antara MotGP dengan
penjualan produk motor. Yang berpengaruh langsung tentu adalah marketing dan
sales. Lain dari pada itu ya pembentukan mindset. Kurang lebih seperti itu lah.
Mungkin para pakar ada yang dapat menambahkan di kolom komentar…
Semoga
berguna…
Gambar = google search
Regards,
waw
Advertisement
Advertisement
ini lebih ke persoalan gengsi bro... layaknya ajang indoprix di indonesia... hehe
ReplyDeletegengsi akhirnya mempengaruhi citra. dan citra pun berpengaruh terhadap mindset. kemudian market moncer didasari mindset yang bagus dari massa... cmiiw
Delete