visit on my page

Thursday, August 30, 2012

MotoGP Berpengaruh Terhadap Penjualan?

Kita semua sepakat bahwa MotoGP merupakan pagelaran kompetisi roda 2 diatas sirkuit paling termasyur sedunia. Dari era Mc Doohan hingga Rossi, ajang balap ini pun salalu menyita berjuta-juta pasang mata seantero jagat raya. Dari kubikasi 500CC sampai sekarang memasang mesin berkapasitas 1000CC pada kuda besi semakin membuat 2wheel lover keranjingan. Persaingan antar pembalap, antar pabrikan, hingga antar grup selalu mewarnai drama di tiap serinya. Namun saya tidak akan membahas lebih jauh mengenai MotoGP itu sendiri. Saya akan coba mengulas tentang hubungannya dengan market share penjualan produk sepeda motor.

Tak pelak persaingan antar pabrikan adalah intrik paling dominan pada scenario drama MotoGP. Adu kecanggihan mesin, adu kecepatan dan akselarasi motor, adu teknisi handal, hingga adu skil para joki selalu membuat ajang ini semakin seru. Dari pabrikan jepang hingga eropa yang selalu menampilkan kemampuan puncaknya untuk mendapatkan predikat jawara. Dari sini sudah sangat terlihat image positif yang menjadi tujuan utama tiap pabrikan. Meraih sebanyak-banyaknya simpati dari semua orang untuk nama baik pabrikan. Semakin oke peran yang dimainkan di ajang MotoGP, semakin bagus pula apresiasi orang akan suatu pabrikan.
 

Nah tentu citra bagus yang terbentuk tidaklah serta merta membuat semua orang membeli produk dari pabrikan tersebut. Masih butuh konsistensi untuk membentuk suatu loyalitas. Pabrikan yang konsisten menaikkan jokinya ke podium akan mendapat kepercayaan dari banyak orang untuk membeli produknya. Selain itu tentu factor gengsi dan ikon joki juga sangat berpengaruh untuk menarik massa. Pembalap yang sudah banyak “fans” akan sangat mudah mempengaruhi khalayak untuk membeli produk dari pabrikan yang dibelanya.
 
Yup, memang secara langsung tidak mudah mencari korelasi antara MotGP dengan penjualan produk motor. Yang berpengaruh langsung tentu adalah marketing dan sales. Lain dari pada itu ya pembentukan mindset. Kurang lebih seperti itu lah. Mungkin para pakar ada yang dapat menambahkan di kolom komentar…
 

Semoga berguna…

Gambar = google search

Regards,

waw
Advertisement
-->

2 comments:

  1. ini lebih ke persoalan gengsi bro... layaknya ajang indoprix di indonesia... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gengsi akhirnya mempengaruhi citra. dan citra pun berpengaruh terhadap mindset. kemudian market moncer didasari mindset yang bagus dari massa... cmiiw

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?