visit on my page

Tuesday, October 9, 2012

Review blackberry 9220 aka Davis (komparasi/perbandingan head to head Davis vs Gemini)

Saya adalah salah satu dari jutaan orang pengguna Blackberry. Bukan karena ingin gaya2an atau mengangkat gengsi. Namun lebih kepada fungsi. Tidak saya pungkiri bahwa saya menggunakan blackberry hanya untuk memakai fasilitas Blasckberry Masanger. Memang jika dibandingkan dengan smartphone yang lain IMHO blackberry lebih inferior dari segi kecanggihan. Android salah satu seteru blackberry saat ini menyajikan teknologi yang lebih oke dibanding blackberry. Yup, karena alasan kebanyakan orang telah memakai blackberry, sehingga fitur BBM menjadi sangat optimal. Singkatnya, lebih mudah berkomunikasi dengan kolega adalah alasan menggnakan BB. Apakah anda juga demikian? Saya terhitung sangat newbi dalam hal gadget yang satu ini. Belum genap 3 bulan saya memakai salah satu produk keluaran RIM tersebut. Dengan nama produk BB 9220 alias Davis saya memulai jadi konsumen pabrikan asal Canada itu. Nah kali ini saya coba untuk sedikit review mengenai produk ini. Semoga menjadi bahan pertimbangan jika Anda ingin meminang BB. Bahan Review saya adalah si Davis itu sendiri dan produk RIM yang lain yang sudah popular sebelumnya yakni BB 8520 alias Gemini.


9220 series aka Davis
Beberapa bulan semenjak launchingnya lah saya meminang si Davis. Bentuknya yang compact dan harga yang terjangkau membuat saya tertarik dengan produk ini ketimbang yang lain. Singkatnya dengan budget yang tidak terlalu banyak, saya telah mendapatkan BB. Nah berikut beberapa hal yang saya raskan semenjak saya menggunakan si Davis dibandingkan Gemini yang kebetulan adalah punya istri. catatan : kedua produk Gemini dan Davis ini dari distributor resmi yang berbeda tapi beli di toko yang sama. Gemini = TAM; Davis = Comtech)
8520 series aka Gemini
Desain Davis bagus (IMHO)
Seperti yang telah saya paparkan di atas, bentuk yang slim dibanding Gemini (harganya hampir setara) membuat tampilan Davis lebih kelihatan eksklusif. Disamping itu, deferensiasi bentuk dari Gemini (BB yang banyak dipake orang) membuat sedikit tampil beda.


Keypad yang lebih kokoh
Dibanding dengan seterunya yakni Gemini, keypad Davis atau BB 9220 lebih kokoh dan tidak mudah goyang sepertihalnya pada Gemini aka 8520. Trackpad nya juga lebih mantab saat digunakan. Gemini terasa oblak baik dari keypadnya hingga trackpadnya. Selain oblak keypad Gemini terasa berisik saat digunakan. Beda dengan Davis yang kokoh dan relative ‘diam’ dibanding keypad Gemini. Yang jelas produk yang digadang2 sebagai generasi pengganti Gemini ini memang terjadi improve pada desain dan keypadnya.
keypad Davis

keypad gemini


Sort cut Button to BBM pada Davis dapat diset pada Gemini juga
Button sortcut alias tombol langsung ke menu BBM di samping sebelah kiri pada Davis yang dianggap sebagai keunggulan Davis atas Gemini IMHO sebenernya bukan merupakan keunggulan. Karena pada Gemini sendiri, tombol pada tempat yang sama dapat diset untuk sortcut to BBM seperti halnya pada Davis.

OS yang paling mutakhir
Memang jelas sekali hal yang paling membedakan diantara keduanya selain desain yakni OS. Jika pada Gemini OS masih dengan 5.0, Davis ini telah dipasang OS dari BB yang paling baru (saat peluncurannya) yakni 7.1. Yup, produk entry level namun dijejali operating system paling tinggi. Itu makanya jika budget Anda pas-pas an namun kepengen mencicipi OS terbaru dari BB, si Davis adalah solusinya.

Suara headset Davis lebih buruk dibanding Gemini
Telah saya bandingkan dengan seksama antara kedua produk RIM tersebut. Kualitas load speaker untuk keduanya tidak terlalu ketara berbeda, namun setelah mencolokkan headset (masing-masing bawaan) sungguh terasa perbedaannya. Getaran daun headset lebih terasa nyaring pada seri Gemini. Pun setelah diutak-atik equalizer dan lain sebagainya. Suara yang dikeluarkan headset Gemini lebih nyaring dan bass nya lebih terasa. Nah ketika saya switch perangkat headset diantara keduanya (headset Gemini dipasang pada davis, dan sebaliknya) suara davis menjadi lebih nyaring daripada memakai headset bawaan. Ini berarti kesimpulannya headset bawaan Gemini lebih oke outputnya dibanding bawaan Davis. Entah itu ada hubungannya dengan distributor resmi dari kedua produk atau tidak.
headset bawaan davis


headset bawaan gemini


Timbul noise suara pada music player Davis (9220) saat backlight LCD padam
Ada satu hal lagi yang cukup mengganggu kenyamanan telinga saat mendengarkan music via Davis. Alunan lagu awalnya tidak ada gangguan, namun setelah backlight LCD padam karena Davis tidak dioperasikan atau keypad lock, tiba-tiba saja muncul noise seperti suara kembang api. (“tek..tek..kretek…”) begitu kurang lebihnya namun tidak terlalu parah. Noise semakin ketara saat kita memakai headset. Munculnya noise tersebut juga berbarengan dengan terganggunya suara stereo dan surround. Maniac music pasti akan lumayan terganggu dengan hal ini. Berbeda dengan yang tidak terlalu maniak, hal tersebut tidaklah menjadi hal serius. Problem ini sebenarnya sudah terselesaikan dengan mengupgrade OS Davis. Dalam hal ini Gemini lebih unggul, karena tidak ada noise apapun yang muncul saat music player running.

Kualitas preview gambar ataupun video juga lebih buruk dibanding Gemini
Ditest dengan membuka file gambar yang sama untuk preview file tersebut di kedua produk. Gambar yang ditampilkan oleh 8520 aka Gemini terlihat lebih halus dan jika dizoom tidak menunjukkan gelaja pecah. Namun berbeda untuk preview di 9220 aka Davis. Tampilan file gambar sebelun dizoom sih masih oke, tapi setelah dizoom sekali sudah tampak gejala pecah, apalagi dizoom kedua kali dst wis ora karu-karuan. Bukan hanya file gambar saja si Davis inferior dibanding sang kakak. Dalam memainkan file video juga demikian halnya Gemini lebih halus tampilan videonya dibanding sang adik.

Davis dilengkapi Radio FM, sedang Gemini tidak
Perangkat ini sebenarnya adalah perangkat bonus saja. Toh kebanyakan orang termasuk saya tidak terlalu memprioritaskan Radio FM terbenam dalam Handheld. Namun bagi Anda yang suka dengan perangkat bonus ini, 9220 dapat menjadi bahan pertimbangan.

Spek Davis lebih tinggi namun performa sama saja
Spek yang terpampang di brosur jelas sangat berbeda diantara kedua produk. Davis lebih tinggi speknya dibanding Gemini. Dari RAM hingga Proc (800MHz pada Davis vs 512Mhz pada Gemini) Gemini memang masih dibawah Davis, namun ternyata performa keduanya tidaklah jauh berbeda. Ini mungkin karena memang Davis dibebani dengan OS yang lebih berat pula. Mungkin ini juga yang jadi alasan keawetan batre keduanya tidak berbeda jauh meski Davis punya lebih kapasitas 1450mAh tau lebih besar 300mAh dibanding Gemini. Memory internal Davis lebih longgar daripada Gemini. Davis disediakan 512MB sedangkan Gemini hanya sdeparuhnya. Jaringan keduanya sama baik untuk internet yang baru 2G (EDGE) maupun jaringan telponnya.

BLACKBERRY
CURVE 9220
HARGA:RP1.950.000
BEKAS:RP1.600.000
DETAIL HANDHONE
BLACKBERRY
CURVE 8520 GEMINI
HARGA:RP1.700.000
BEKAS:RP900.000
DETAIL HANDPHONE
GENERAL
Network
2G  Network  850 / 900 / 1800 / 1900
2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
LAYAR
Tipe
TFT, 65K colors
TFT, 65K colors
Ukuran
320 x 240 pixels, 2.44 inches (~164 ppi pixel density)
- Touch
-sensitive optical trackpad
320 x 240 pixels, 2.46 inches
DIMENSI
Ukuran
109 x 60 x 12.7 mm / 102 g Keyboard, QWERTY
109 x 60 x 13.9 mm / 106 g
SOUND
Fitur
Vibration
Polyphonic(64), MP3 ringtones
MP3/eAAC+/WMA/WAV player - MP4/H.263/H.264/WMV player - Organizer - Voice memo/dial - T9
Jack
3.5mm jack audio
3.5 mm audio jack
Speaker
Ya
Ya
MEMORY
Internal
512 MB ROM, 512 MB RAM
256 MB
Eksternal
Slot Micro SD card up to 32GB
microSD, up to 32GB, buy memory
DATA
3G
Tidak
-
EDGE
Ya
Class 10, 236.8 kbps
GPRS
Ya
Class 10 (4+1/3+2 slots), 32 - 48 kbps
WLAN
Wi-Fi 802.11 b/g/n
Wi-Fi 802.11b/g
Bluetooth
v2.1 with A2DP, EDR
v2.0 with A2DP
Infrared
Tidak
-
Port/USB
v2.0 microUSB
microUSB
KAMERA
Primer
2 MP, 1600x1200 pixels
2 MP, 1600x1200 pixels
Sekunder
Tidak
-
Video
Ya
QVGA
BATERAI
Tipe
Standard battery, Li-Ion 1450 mAh (J-S1)
Standard battery, Li-Ion 1150 mAh
Standby
Up to 432 h
Up to 408 h
Talk Time
Up to 7 h
Up to 4 h 30 min
FITUR
OS
BlackBerry OS 7.1
BlackBerry OS
CPU
Single Core, 800 Mhz Processor
512MHz processor
Browser
HTML
HTML
GPS
Ya, A-GPS
-
Messaging
SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
SMS (threaded view), MMS, Email, IM
Java





Radio
Tidak, Fitur tambahan: Stereo FM radio with RDS - Organizer - Document viewer - Voice memo/dial - Predictive text input
Ya, with RDS
Ya





Tidak


Demikian beberapa hal head to head antara Davis dan Gemini yang telah saya rasakan selama kurang dari tiga bulan terakhir. Mungkin masih ada beberapa hal yang lain yang belum disebutkan. Silahkan berbagi pengalaman di kolom komentar. Semoga dapat menjadi referensi Anda jika ingin meminang salah satu diantaranya. Namun menurut saya produk seri terendah blackberry tersebut sudah cukup worth to buy. Dengan banderol sekitar 1,6 jt untuk Gemini dan 1,9 jt unutk Davis, kalangan menengah bahkan ke bawah dapat mencicipi gadget keluaran RIM yang ternyata sangat populet di Indonesia ini.
Semoga Berguna…
Adertisement
-->
Regard,

Waw

Link terkait :

2 comments:

  1. jadi ragu mau meminang Davis nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tipa produk ada kelemahan dan keunggulannya gan...
      so tinggal dicocokin aja ama kebutuhan kita.

      tapi IMHO Davis cukup worth it to buy kok...

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?