visit on my page

Friday, December 7, 2012

Perjuangan Motor Bebek Di Tengah Himpitan Motor Matik dan Motor sport

Wis, ora susah dijelaskan secara mendetail. Semua orang pada tahu kalau motor matik sekarang memang telah merajalela di jagat otomotif roda 2. Coba sampeyan nongkrong di perempatan, trus ngitung banyaknya roda 2 yang lewat, jika di pilah, mesti lebih dari separuhnya adalah motor matik. Memang ora perlu gumun. Coba lihat berapa banyak penjualan beat, mio, dan jenis motor matik di tiap pabrikan. Pasti mencatat penjualan yang paling tinggi. Lalu bagaimana nasib jenis/type motor lain?

Entah ini strategi yang memang sudah dirancang oleh pebrikan atau justru karena kemauan pasar yang mau gak mau kudu di turutin sama penyedia produk. Sepertinya opsi yang kedua lebih realistis ditengah perkembangan zaman yang menuntut kepraktisan dan efektifitas ini. Yang menjadi pertanyaan, kenapa type yang dulu menjadi type motor sejuta umat justru sekarang yang menjadi tumbal? Motor matik jelas berkembang dengan saaaangaaat pesat, motor sport mengalami peningkatan yang cukup signifikan, motor bebek lah yang cenderung mengalami kevakuman.
 
Motor matik adalah motor yang praktis. Itulah yang menjadi alasan pertumbuhan nya tak terbendung. Cocok dengan tuntutan masyarakat saat ini. Motor sport tergolong segmen menengah pada strata sosiologi persepedamotoran. Dan memang  pertumbuhan strata social ekonomi masyarakat menengah yang cukup pesat saat ini ternyata seiring dengan perkembangan pertumbuhan segmen motor sport. Sedangkan unutk motor bebek, jelas kalah praktis dibanding motor matik, improvisasinya juga kurang ‘mengena’ di hati masyarakat, kejenuhan masyarakat akan motor ini juga sudah mencapai pada titi tertinggi. Hal tersebut lah yang menjadi alasan utama jatuhnya popularitas motor bebek di mata masyarakat. Meskipun begitu, masih ada pula golongan yang belum bisa pindah ke lain hati (baca masih cinta motor bebek).
 
Secara perlahan namun pasti motor bebek kehilangan kepopulerannya., Sepertihalnya sepeda ontel yang menjadi barang klasik. Atau bahkan mungkin nanti motor bebek hanya meninggalkan catatan sejarah barang purbakala. Yang jelas janganlah kita tertinggal oleh perkembangan zaman yang sungguh sangat cepet ini. Mau itu motor, mobil, atau apapun, pasti akan selalu berubah dan “dipaksa” untuk mengikuti perkembangan zaman.
Semoga berguna...
Advertisement
-->
Regards,

Waw

Link Terkait :

4 comments:

  1. hari gini pake gigi???

    ReplyDelete
  2. Haha, tinggal nunggu motogp pake transmisi CVT ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo moto gp ma tetep pake gigi lah bro.. Kan sport semakin nanjak.
      Tapi bole juga tuh kompetisi balapan pake matik..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?