visit on my page

Monday, December 3, 2012

Beli Motor Bagusnya Akhir Tahun apa Awal Tahun ya?

Tidak ada hubungan nya dengan fengshui. Tapi, memang dua masa tersebut lumayan bikin galau untuk  menetukan waktu belanja alat transportasi. Biasanya para produsen khususnya di bidang otomotif rutin memberikan promo menggiurkan di akhir tahun. Bukan tanpa alasan, selain menggenjot sales agar tahun tersebut mencapai target, yang menjadi alasan utama yakni menghabiskan stock yang ‘mungkin’ masih menumpuk di gudang. Maka tak jarang di penghujung tahun seperti bulan Desember seperti ini, bertebaran promo dari potongan DP, cash back, hingga hadiah langsung untuk pembelian Unit motor atau mobil. Kegalauan terjadi karena ‘biasanya’ pabrikan otomotif pun akan mengeluarkan versi baru/type baru/produk baru atau setidaknya facelift anyar dari type yang sudah ada di awal tahun. Ini lah yang menjadi dilemma bagi calon pembeli. Bak buah simalakama. Beli motor akhir tahun dapat promo asoy tapi tidak bisa mencicipi produk anyar, atau beli di awal tahun dengan mendapat new facelift tapi tanpa promo?

Memang ada beberapa momen sacral yang dijadikan kebanyakan masyarakat sebagai waktu yang tepat untuk memboyong tunggangan. diantaranya :
  1. Sudah menyelesaikan angsuran
  2. Lulus sekolah/kuliah
  3. Ongkos angkot naik
  4. Menikah
  5. Mulai bekerja
  6. Menjelang lebaran
  7. Mendapat rejeki tambahan, dll

Namun jika dalam waktu dekat ini Anda berniat memboyong alat transportasi, tentu pilihal hanya ada 2. Akhir tahun atau awal tahun. Dan sebaiknya Anda menimbang hal-hal berikut :
  • Jika membeli di akhir tahun

Keuntungan : mendapat promo yang menarik (bahkan sangat menarik)

Kerugian : belum pake sebulan udah ganti tahun, hal ini biasanya berdampak pada harga penjualan yang jatuh. Namun menurut beberapa pengelola agen motkas, kemungkinan turun tidak akan terlalu besar karena harga motor turun jika kondisi motor tersebut juga turun. Selain motor cepat ‘kelihatan tua’, pembelian motor di akhir tahun juga akan menutup kesempatan kita untuk mencicipi facelift baru yang biasa dilaunching pabrikan di awal tahun.

  • Jika membeli di awal tahun

Keuntungan : memungkinkan dapat mencicipi produk baru atau setidaknya rubahan dari type yang sudah ada. Lumayan kan jadi termasuk orang2 yang punya produk baru.

Kerugian : tidak mendapat promo. Atau bahkan mendapati harga yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya.
Memang semua kembali pada calon konsumen yang akan berencana membeli motor atau mobil. Tidak semua calon konsumen tergiur atau menjadikan promo penjualan sebagai alasan mereka untuk membeli. Tapi sedikit banyak ‘rayuan’ pabrikan yang berupa promo akhir tahun tersebut dapat mempengaruhi keputusan membeli potensial buyer. Kalo sudah kadung niat beli motor sih , kapanpun waktunya calon pembeli bebas untuk meminang ‘incarannya’ tanpa tergantung pada momen apapun. Jadi, mau beli motor atau mobil kapanpun, semua terserah sang raja (baca : pembeli). Bagaimana menurut Anda?
Advertisement
-->
Semoga berguna…

Regards,

waw

Link Terkait :

4 comments:

  1. Maunya sih... produk baru tapi dikasih promo... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada bro...
      Produk baru yang ga laku... mesti dapet promo

      Delete
  2. wah kalau motor second bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. imho.. kalo harga 2nd sepertinya tren nya kurang lebih sama dengan yang baru. meskipun di beberapa type ada pengecualian.
      motor lebih muda dan kondisi bagus ya harga tinggi, begitu pun sebaliknya.
      masalah promo mungkin di beberapa agen besar mokas ada yang bikin promo.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?