Tidak ada hubungan nya dengan fengshui. Tapi, memang dua masa tersebut lumayan bikin galau
untuk menetukan waktu belanja alat
transportasi. Biasanya para produsen khususnya di bidang otomotif rutin memberikan
promo menggiurkan di akhir tahun. Bukan tanpa alasan, selain menggenjot sales
agar tahun tersebut mencapai target, yang menjadi alasan utama yakni menghabiskan
stock yang ‘mungkin’ masih menumpuk di gudang. Maka tak jarang di penghujung
tahun seperti bulan Desember seperti ini, bertebaran promo dari potongan DP,
cash back, hingga hadiah langsung untuk pembelian Unit motor atau mobil. Kegalauan
terjadi karena ‘biasanya’ pabrikan otomotif pun akan mengeluarkan versi baru/type
baru/produk baru atau setidaknya facelift anyar dari type yang sudah ada di
awal tahun. Ini lah yang menjadi dilemma bagi calon pembeli. Bak buah simalakama. Beli motor akhir
tahun dapat promo asoy tapi tidak bisa mencicipi produk anyar, atau beli di awal
tahun dengan mendapat new facelift tapi tanpa promo?
Memang ada beberapa momen sacral yang dijadikan kebanyakan masyarakat sebagai waktu yang tepat untuk memboyong tunggangan. diantaranya :
- Sudah menyelesaikan angsuran
- Lulus sekolah/kuliah
- Ongkos angkot naik
- Menikah
- Mulai bekerja
- Menjelang lebaran
- Mendapat rejeki tambahan, dll
- Jika membeli di akhir tahun
Keuntungan : mendapat promo yang
menarik (bahkan sangat menarik)
Kerugian : belum pake sebulan
udah ganti tahun, hal ini biasanya berdampak pada harga penjualan yang jatuh.
Namun menurut beberapa pengelola agen motkas, kemungkinan turun tidak akan
terlalu besar karena harga motor turun jika kondisi motor tersebut juga turun.
Selain motor cepat ‘kelihatan tua’, pembelian motor di akhir tahun juga akan
menutup kesempatan kita untuk mencicipi facelift baru yang biasa dilaunching
pabrikan di awal tahun.
- Jika membeli di awal tahun
Keuntungan : memungkinkan dapat
mencicipi produk baru atau setidaknya rubahan dari type yang sudah ada. Lumayan
kan jadi termasuk orang2 yang punya produk baru.
Kerugian : tidak mendapat promo. Atau
bahkan mendapati harga yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya.
Memang semua kembali pada calon
konsumen yang akan berencana membeli motor atau mobil. Tidak semua calon
konsumen tergiur atau menjadikan promo penjualan sebagai alasan mereka untuk
membeli. Tapi sedikit banyak ‘rayuan’ pabrikan yang berupa promo akhir tahun tersebut
dapat mempengaruhi keputusan membeli potensial buyer. Kalo sudah kadung niat
beli motor sih , kapanpun waktunya calon pembeli bebas untuk meminang ‘incarannya’
tanpa tergantung pada momen apapun. Jadi, mau beli motor atau mobil kapanpun,
semua terserah sang raja (baca : pembeli). Bagaimana menurut Anda?
Advertisement
-->
Semoga berguna…
Regards,
waw
Link Terkait :
Maunya sih... produk baru tapi dikasih promo... hehe
ReplyDeleteAda bro...
DeleteProduk baru yang ga laku... mesti dapet promo
wah kalau motor second bagaimana ya?
ReplyDeleteimho.. kalo harga 2nd sepertinya tren nya kurang lebih sama dengan yang baru. meskipun di beberapa type ada pengecualian.
Deletemotor lebih muda dan kondisi bagus ya harga tinggi, begitu pun sebaliknya.
masalah promo mungkin di beberapa agen besar mokas ada yang bikin promo.