Penghuni singgasana bukan berarti
menang segala-galanya. Itu lah yang terjadi pada dunia bisnis roda 2 Indonesia
di bulan Oktober 2012 kemarin. Dikenal sebagai pabrikan yang menjual motor
paling banyak di tanah Nusantara, Honda memang menjadi produsen sepeda motor No
1 di Indonesia. Namun hal yang memilukan menimpa pabrikan sayap ngepak pada
ronde ke 10 di tahun 2012 ini. Disaat produsen sepeda motor lain mengalami
pertumbuhan (baca penjualan naik), justru Honda mengalami penurunan kuantitas
penjualan. Entah apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi.
Memang tidak bertumbuh bukan
berarti kalah, Honda masih mencatat penjualan tertinggi meski tidak mengalami
peningkatan penjualan di bulan tersebut. Namun jika diselidiki penurunan
penjualan Honda diantara peningkatan produsen yang lain membuat kita
bertanya-tanya. Apa sebenarnya yang telah terjadi. Hal ini wajar, atau memang
fenomena yang tidak lazim. Bisa saja kejenuhan masyarakat merupakan alasan itu
semua. Atau mungkin ada strategi Honda di balik fenomena itu? Entah lah. Mungkin
ada pencerahan dari agan-agan??
Semoga berguna…
Regards,
waw
Link Terkait :
Tapi penjualan November kayaknya giliran Yamaha yg empot2an khususnya di Lampung. Kebetulan adikku Kacab yamaha di way Halim. Oktober mereka emang membukukan penjualan yg lumayan tp lumanyun di Nopember
ReplyDeleteapakah akan seperti itu??
Deletekita lihat saja nanti...
promosi besar2an demi mendongkrak penjualan,,, lalu lesu di bulan kemudian = kualitas barang ..??
ReplyDeletetitik jenuh masyarakat terhadap minat beli, penghasilan masyarakat yang tergantung dengan "musim"/"musiman" dapat memicu turunnya penjualan gan...
DeleteJadi diharapkan dengan adanya promo (subsidi) masyarakat tersebut, selain dapat meningkatkan penjualan juga membantu mereka untuk dapat meminang tunggangan.. IMHO
motor honda jaman sekarang ngak awet , yang memberi image baik motor honda adalah GL PRO BLACK ENGINE,HONDA2000 yg awal dan ASTREA. merekalah mutiara honda motor indo.
ReplyDelete