Hal yang agak janggal baru saya
temui kemarin. Melihat salah satu spesies bebek entry level Yamaha di suatu
parkiran. Saat tidak sengaja duduk nongkrong diatas motor tersebut, saya
melihat ada yang aneh pada tutup body bagian mesinnya. Kok ada yang njongat sedikit. Penasaran saya kemudian
menerawang apa yang njongat tadi. Dan tampak lah tulisan disana “choke”.
Sedikit heran juga. Biasanya Yamaha menempatkan
tuas choke pada handle dibawah tombol klakson. Dan baru kali ini saya melihat
produk Yamaha dengan tuas choke menempel pada karburator. Penempatan choke
demikian sepertinya diterapkan oleh pabrikan kompetitor. Cmiiw. Atau memang
saya yang terlalu awam dengan dunia teknis motor.
Kabel Choke |
Entah apa maksut Yamaha memodifikasi
tuas choke dari atas (memakai kabel) dipindah ke bawah langsung nempel dengan
karbu. Penekanan cost? Atau efektivitas? Atau alasan lain? Mungkin ada yang
bisa menjelaskan? Menurut saya teknis penempatan choke saja Yamaha bisa ‘meniru’
Honda dengan alasan tertentu. Kenapa dalam hal fitur seperti SSS (Side Stand Switch) Yamaha tidak bisa menerapkan pada produk-produknya yang jelas-jelas
itu merupakan fitur keamanan.
Semoga Berguna…
Regards,
waw
Link terkait :
sharing selalu ya gan
ReplyDeleteSip.. thanks for support
Deletehmmm saling berbagi ilmu gan mantappp
ReplyDeleteindahnya berbagi
Deletemantappp padahal spek lawas tuh. trakhir di suprafit model lama.
ReplyDeletehonda aja baru nerapin choke distang 'pertama' pada varian karisma.
sdangkan yamaha dari zaman Force 1 dulu sudah nemplok choke di stang.
ehhh balik lagi ke teknologi lawas.
Mungkin bisa menekan cost gan. walaupun agak sedikit mengurangi kemudahan.
Deletehttp://maskurblog.wordpress.com/2010/06/16/absolute-revo-vs-vega-zr/
ReplyDeleteawas jemurannya diambil orang gan...
Deletethanks udah mampir gan..