visit on my page

Wednesday, December 19, 2012

Tuas Choke Vega ZR Menerapkan Teknis Honda

Hal yang agak janggal baru saya temui kemarin. Melihat salah satu spesies bebek entry level Yamaha di suatu parkiran. Saat tidak sengaja duduk nongkrong diatas motor tersebut, saya melihat ada yang aneh pada tutup body bagian mesinnya. Kok ada yang njongat sedikit. Penasaran saya kemudian menerawang apa yang njongat tadi. Dan tampak lah tulisan disana “choke”.






Sedikit heran juga. Biasanya Yamaha menempatkan tuas choke pada handle dibawah tombol klakson. Dan baru kali ini saya melihat produk Yamaha dengan tuas choke menempel pada karburator. Penempatan choke demikian sepertinya diterapkan oleh pabrikan kompetitor. Cmiiw. Atau memang saya yang terlalu awam dengan dunia teknis motor.
Kabel Choke
Entah apa maksut Yamaha memodifikasi tuas choke dari atas (memakai kabel) dipindah ke bawah langsung nempel dengan karbu. Penekanan cost? Atau efektivitas? Atau alasan lain? Mungkin ada yang bisa menjelaskan? Menurut saya teknis penempatan choke saja Yamaha bisa ‘meniru’ Honda dengan alasan tertentu. Kenapa dalam hal fitur seperti SSS (Side Stand Switch) Yamaha tidak bisa menerapkan pada produk-produknya yang jelas-jelas itu merupakan fitur keamanan.
Semoga Berguna…

Regards,

waw

Link terkait :

8 comments:

  1. hmmm saling berbagi ilmu gan mantappp

    ReplyDelete
  2. mantappp padahal spek lawas tuh. trakhir di suprafit model lama.

    honda aja baru nerapin choke distang 'pertama' pada varian karisma.

    sdangkan yamaha dari zaman Force 1 dulu sudah nemplok choke di stang.

    ehhh balik lagi ke teknologi lawas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa menekan cost gan. walaupun agak sedikit mengurangi kemudahan.

      Delete
  3. http://maskurblog.wordpress.com/2010/06/16/absolute-revo-vs-vega-zr/

    ReplyDelete
    Replies
    1. awas jemurannya diambil orang gan...

      thanks udah mampir gan..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?