visit on my page

Monday, November 17, 2014

Blackberry Nyala Setelah Masuk Air Laut

illustration (from hong.web.id)
Suatu saat saya melakukan keteledoran. Kala itu karena sedang asyiknya bermain nyebur di pantai bersamasi kecil, saya lupa bahwa di kantong celana saya ada sebuah handheld Blackberry9220. Kurang lebih 1 menit saya bermain air asin di sana hingga saya naik ke cottage yang telah kami sewa. Istri saya berseloroh, “bb mu mana?”. Saya pun  dengan polosnya menjawab “entah, aku gak pegang”. Reflek, otak langsung flash back kejadian beberapa menit yang lalu. Dan, tangan segera menggerayangi kantong celana. “OMIGOD” saya menemukan BB saya di saku sebelah kiri.
Beginilah saya nyemplung laut dengan BB di kantong celana
Rontok seketika hati saya. Setelah memergoki handheld saya basah kuyup setelah saya angkat dari dalam saku. Panik, langsung saya buka casing penutup dan dengan sigap langsung saya lepas battery nya. Dengan langkah gontai namun terarah, saya pun mencari tempat yang terkena sinar matahari untuk menghangatkan dan mengeringkan badan si item (bb saya). Kartu SIM dan micro SD pun saya tanggalkan dari tempat persemayamannya. Sedikit pukul-pukul saya lakukan sebagai upaya air asin yang terjebak didalam bisa keluar semua. Makan siang suasana piknik pun berubah menjadi rasa was was di dalam hati (meskipun makan tetep abis banyak) wkwkwk.

Setelah sampai rumah, saya kembali memanggang si item di bawah sinar matahari yang lagi terik-teriknya. Sekitar 1 atau 2 jam saya angkat untuk kemudian saya masukkan ke tumpukan beras. Konon katanya beras punya sifat menyerap air dan kelembaban. Tapi tunggu dulu, apes saya ternyata belum berakhir. Micro SD yang saya gadang-gadang pasti bisa selamat pun amalah justru wassalam. Entah terjatuh atau tertinggal atau raib tidak tahu kemana rimbanya. Sekali lagi elus dada dan berharap hidayah dan inayah tercurahkan kepada si item.


Keesokan harinya saya pun browsing melalui laptop kantor untuk mendapatkan cara mengatasi blackberry yang terendam air laut. Dengan berbekal beberapa artikel dari google saya masih harap harap cemas dengan kelangsungan hidup bb saya. Akhirnya setelah makan malam, acara menggali harta karun di dalam tumpukan beras pun saya lakukan. Komat-kamit mulut saya melantunkan doa kepada Allah SWT sembari memasangkan kartu SIM dan battery ke bb. Jantung berhenti berdetak sejenak saat melihat lampu led berkedip sesaat setelah battery saya pasang. Jantung pun kembali berdetak kencang saat tampak di layar bb tampilan booting. “Alhamduliilah si item selamat dari maut” gumam saya dalam hati. Proses booting pun selesai dan kemudian muncul halama muka.

Beberapa saat kemudian saya pun mengecek semua fungsi dan tugas blackberry 9220 aka Davis saya itu layaknya saat membeli handheld baru. Dari hardwere hingga perangkat lunaknya. And yes, its runs. Betapa senangnya hati saya. Namun ada beberapa hal yang janggal saya temui yakni lampu led tidak berhenti berkedip. Dan secara sporadis, layar lcd juga berkedip dengan smooth (backlight nya). “Aaah, itu pasti hanya penyesuaian si item saja setelah hibernasi” pikir saya. Akhirnya malam itu saya bisa tidur dengan nyenyak. Dan keesokan harinya saya utak atik bb saya kembali. Lampu led pun tidak berkedip lagi. Backlight lcd pun sudah berhenti berkedip. Dan anehnya, battery kok rasa-rasanya lebih awet dari sebelumnya ya, wkwkwk.

Well, itu adalah sedikit pengalaman saya yang semoga saja bisa mengurangi rasa was-was saat handheld anda menyelam di air, bahkan air asin. Dari air asin saja bisa selamat apalagi dari air tawar. Jika anda sedang mengalami hal seperti saya, mungkin runtutan pengorbanan saya diatas bisa dilakukan juga pada bb anda yang senasib. Semoga berguna...

Regards,


waw

Update : artikel ini saya tulis beberapa hari yang lalu. namun baru saai ini saya sempat posting. dan ternyata setelah beberapa hari tersebut, muncul keluhan pada bb saya yakni sering restart dan hingga akhirnya hendheld tersebut tidak dapat menyala kecuali hanya ada tanda X (silang) pada layar LCD yang muncul. perkiraan sih batre yang mengalami kemalangan. saat ini si item belum saya apa2kan dan masih meu mencoba usaha pertama yaitu coba dengan mengganti batre. sayangnya disekitar, tidak ada handheld yang serupa, jadi mungkin mencari solusi di tempat serpis bb. ada masukan lain dari agan2 sekalian?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?