visit on my page

Monday, May 6, 2019

KZ ZSN PRO VS TAKSTAR HI1200 - in ear monitor battle


Saya sedang memegang 2 iem yang sangat direkomendasikan oleh pecinta audio portable. KZ ZSN PRO yang sedang akan hype dan Takstar Hi1200 yang sudah melegenda sejak dahulu kala. Saya akan coba komparasikan kedua nya dari berbagai sisi dan sudut pandang. Karena menurut saya dari sisi harga keduanya di kelas yang sama yakni 200 ribuan (untuk non garansi). Impresi perbandingan ini adalah sangat tergantung pada preferensi telinga saya. Karena struktur telinga setiap orang berbeda, maka bisa jadi akan berbedea pula hasilnya untuk telinga anda. Namun begitu setidaknya ini akan menjadi gambaran bagi anda yang akan meminang diantara keduanya.

Dari segi desain dan build quality. Untuk desain jilas ini sangat relatif ya. KZ ZSN PRO dengan model over ear dan Hi1200 model  biasa. Ada kelebihan dan kekurangan diantara keduanya. ZSN PRO lebih kekinian dan kabel bisa diginta-ganti, sedang Takstar Hi1200 lebih terasa clasic namun kabel tidak detachable. Saya sendiri lebih suka desain Hi1200 samun begitu lebih suka build quality ZSN PRO. Kabel Hi1200 jelas menjadi nilai merah bagi iem besutan takstar ini. Namun untuk selain kabel saya suka denga takstar Hi 1200. Sedang untuk ZSN PRO saya suak semua build quality kecuali pada housingnya yang terdapat lem sedikit bleber dan faceplate yang sedikit belang. Selebihnya terserah anda, mau kekinian atau yang clasic.


Kita menuju ke menu utama yakni suara. Tentu kita beli iem uutamanya ntuk membeli suara bukan? Karakter kedua iem ini tentu nya cukup banyak perbedaan. Mari kita ulas secara lebih rinci.

LOW. Untuk bass meskipun keduanya terkenal iem untuk para basshead, namun kuantitas bass KZ ZSN PRO lebih banyak dibanding Takstar Hi1200. Iem baru dari KZ ini terasa lebih boomy. Presentasinya cukup menggelegar dari midbass hingga sub bass nya. Sedang bass di takstar Hi1200 sendiri yang menurut saya sedikit kebesaran, kuantitasnya masih di bawah KZ ZSN PRO. Bass hi1200 meski kalah kuantitas tapi untuk deep nya masih bisa menyaingi. Kesan boomy tidak terlalu berasa di hi1200. Kesannya lebih terkontrol dibanding ZSN PRO. Untuk basshead akut silahkan memilih KZ ZSN PRO. Untuk yang suka bass yang besar namun terkontrol silahkan ambil Takstar Hi1200.
MID. Selain bass, Vocal ZSN PRO pun lebih present dibanding takstar Hi1200. Lebih maju dan berbody. Jelas ini karena kuantitas bass yang lebih besar membuat body vocal ZSN PRO lebih terasa. Namun begitu lagi-lagi takstar hi1200 lebih menang di kontrol nya. Jika di ZSN PRO masih terindikasi sibilance, maka di takstar hi1200 tidak. Artikulasi vocal keduanya sama baiknya. 
HIGH. Sekali lagi di sektor frekuensi tinggi ZSN PRO lebih open dan extend dibanding Takstar Hi1200. Bahkan ZSN PRO lebih terasa nusuk dan pearsing. Trebel di Takstar hi1200 lebih terasa lembut namun masih terasa sangat crispy. Dan tentunya takstar hi1200 menang kontrol. Driver balance armature membuat treble KZ ZSN PRO lebih open dibanding lawan.
TEKNIKALITAS. Soundstage di kuping saya leih baik takstar hi1200. Demikian pula separasi, clarity dan detail suara. Secara teknikalitas takstar hi1200 lebih baik dibanding ZSN PRO. Hanya satu yang membuat ZSN PRO yakni power nya. Dengan volume yang sama, potensi ZSN PRO lebih keluar dibanding takstar hi1200. ZSN PRO pun suaranya lebih open di semua sektor. Microdetail akan lebih terasa di iem besutan takstar dengan housing kayu itu. 


CONCLUSION. Soundsig dari ZSN PRO menurut saya lebih balance sedang takstar hi1200 terasa lebih warm/dark. Lalu keduaya lebih cocok untuk siapa? Jika anda adalah basshead sedjati, maka jangan ragu untuk memilih ZSN PRO. Untuk anda vocal lover silahkan membeli ZSN PRO jika tidak ada masalah dengan sibilance, namun silahkan ambil takstar hi1200 jika ingin vocal yang clear meski tidak terlalu maju. Bagi anda pecinta trebel boleh meminang ZSN PRO jika masih suka yang pedes-pedes, namun silahkan memboyong takstar hi1200 jika suka trebel yang lembut tapi detail. Jika anda suka iem dengan desain kekinian, over ear, mudah didrive dan suaranya open maka KZ ZSN PRO adalah pilihan tepat bagi anda. Tapi bagi anda yang mengidamkan desain iem yang clasic dengan teknikalitas suara yang mumpuni maka takstar hi1200 wajib menjadi wishlist anda.

Salam audio lover.. semoga berguna...

Regards

waw


2 comments:

  1. Did you know there's a 12 word sentence you can communicate to your crush... that will trigger deep emotions of love and instinctual attraction to you buried inside his heart?

    That's because deep inside these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, look after and protect you with his entire heart...

    ====> 12 Words That Trigger A Man's Love Impulse

    This impulse is so built-in to a man's genetics that it will make him try harder than before to make your relationship the best part of both of your lives.

    Matter-of-fact, triggering this mighty impulse is so mandatory to having the best possible relationship with your man that the moment you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You will instantly notice him open his mind and soul for you in such a way he never experienced before and he will distinguish you as the one and only woman in the galaxy who has ever truly understood him.

    ReplyDelete
  2. Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -

    Plus, making money online using it is as easy as 1 . 2 . 3!

    Here is how it all works...

    STEP 1. Choose which affiliate products the system will advertise
    STEP 2. Add some PUSH BUTTON TRAFFIC (it LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. See how the system explode your list and sell your affiliate products all for you!

    Are you ready to make money ONLINE???

    Click here to start running the system

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?