Berawal
dari gen Vixion, Yamaha kemudian mengaplikasikan Diasil Cylinder dan Forged
Piston pada Produk New Jupiter MX. Untuk produk matik, perangkat yang biasanya
digunakan pada motor balap ini telah dipasang pada Xeon. Cylinder model ini
berbeda dengan cylinder yang diadopsi pada produk motor Yamaha yang lain.
Perbedaan yang mencolok adalah pada bahan yang dipakai yakni alumunium dan silikon yang menjadi raw material dari DiASil Cylinder tanpa ada lapisan apapun pada media gesek cylinder. Sedang Forged Piston
sendiri dibuat dengan sistem tempa modern dan bukan sistem cetak konvensionakl sepertihalnya pada
piston biasa. Sekarang Yamaha justru mengaplikasikan kedua penggerak mesin yang
dikenal mempunyai performa tinggi ini pada produk-produk barunya.
|
Gen awal motor massal yamaha yang mengaplikasikan |
|
Motor Matik massal Pertama Yamaha yang mengunakan juga |
|
Motor Sport bebek Yamaha yang pake keduanya |
|
Produk baru Yamaha dengan aplikasi keduanya |
|
Produk terakhir Yamaha yang juga tidak luput menggunakannya |
Terhitung
sejak launcing Mio-J, dua jenis motor matik yang dirilis Yamaha telah
menggunakan Diasil cylinder dan forged piston. Baik dari Mio-J spoke, CW, maupun
Teen, sampai pada Soul GT telah diaplikasikan keduanya. Karena memang terkenal
dengan performa dan durability nya, Yamaha memberikan garansi sampai 5 tahun.
|
Diasil Cylinder dan Forged Piston pada display saat even Yamaha |
Pengaplikasian
keduanya memang akan meningkatkan cost. Namun mengapa Mio-J dibanderol low
price? Jawabannya adalah “dengan memproduksi sebanyak2nya, maka akan menurunkan
cost tersebut”. Jadi dapat dikatakan, Yamaha memproduksi Mio-J jauh lebih
banyak daripada produk lainnya yang mengaplikaikan diasil cylinder dan forged
piston. Karena produk lain yang mengaplikasikan keduanya dibanderol sebagai
motor premium atau sport. Namun hal ini dapat pula digunakan sebagai strategi
market. Atau mungkin Yamaha memang benar2 serius untuk menggantikan gen Mio
dengan Mio-J. Yang jelas sekali lagi konsumen diuntungkan dengan adanya motor
low price dengan high value (sistem injeksi dan aplikasi diasil cylinder
& forged piston). Bagimana menurut teman2?
Regards,
waw
sayang teknologi ini tidak bisa diboreup...
ReplyDeletehooh bro... materialnya memang keras. alat bubut sekarang kaga mempan
Deletebukan alat bubut gan..
Deletetp alat boring nya..
bkn kagak mempan tp kaLo d boring hiLang Lapisan2 penting nya..
gt broooo
:)
gitu ya bro?
Deleteokelanjuuut...