Telah kita ketahui
bersama. Yamaha telah menghadirkan motor bebek injeksi pertama mereka. Mesin
pengkabut Yamaha telah dicangkokkan kepada produk 115CC. yup Jupiter Z yang
dulu terkenal dengan DNA balapnya yang nggegirisi. Namun entah mengapa gaung jupiterZ
akhir2 kurang terdengar. Bukan hanya aplikasi mesin Fuel Injection biasa. Namun
YIMM telah menggaet teknisi handal MotoGP untuk memodifikasi basis mesin
Jupiter Z1 tersebut. Hasilnya bukan saja lebih irit, namun telah diklaim oleh
pabrikan bahwa performa Jupiter Z1 ini meningkat sebesar 20% dari versi
sebelumnya. Memang jamaknya produk baru akan lebih baik dari versi sebelumnya.
Terdapat peningkatan teknologi yang pasti. Namun, dengan adanya upgrade versi
tersebut, apakah Jupiter Z1 akan dapat mengembalikan pamor Jupiter yang
terkenal nggilani? Mari kita bahas bersama.
Karbu
sudah tidak jaman lagi
Upgrade pertama tentunya
dari bagian mesin. Mesin karbu digantikan dengan mesin FI. disini Yamaha telah
menagantisipasi sejak awal akan adanya era motor injeksi. Dimungkinkan kedepan
dalam waktu yang tidak lama lagi, kendaraan roda 2 akan cibekali mesin injeksi.
Dan sampai pada suatu saat nanti yang namanya mesin karbu itu jadul. Maka,
Jupiter Z1 tidak masuk dalam kategori jadul.
FI
lebih irit jelas
Transformasi dari karbu ke
injeksi jelas memberikan dampak yang
signifikan dalam segi konsumsi bahan bakar. Mesin injeksi tidak akan minum
lebih banyak bengsin dibandingkan mesin karbu. Bagaimana jika sudah kenceng,
ngirit lagi… apa ga semakin naik tuh image Jupiter??
Modifikasi
mesin dapat meningkatkan performa 20%
Segala macam cara
dialkukan RND Yamaha Indonesia untuk menciptakan produk yang diinginkan orang
Indonesia. Jiah… orang Indonesia itu simple kok tapi edyan. Masak minta motor
kenceng tapi uirit… opo tumon?? Namun Yamaha Indonesia menjawabnya dengan
menggandeng teknisi handal MotoGP sebagai otak unutk mngotak-atik Jupiter
menjadi kenceng bin irit. Dan lahirlah Jupiter Z1. Diklaim pabrikan jika
Jupiter Z1 lebih irit dan performanya meningkat 20% dari versi sebelumnya.
Mesin
masih dapat dibore up bahkan lebih mudah (tidak pake diasil cylinder)
Kecerdikan Yamaha bukan
sampai di modifikasi mesin saja. Namun pengaplikasian piston dan silinder pun
dicerna dengan matang. Jika Jupiter MX yang dihembuskan ruh bebek sport
mengaplikasi apek andalah forged piston dan diasil cylinder dan tak mungkin
dapat dibore up, maka Jupiter Z1 ini cukup menggunakan forged piston dan
cylinder biasa (bukan diasil). Tujuannya pun sangat mulia yakni performa.
Piston tetap bisa maksimal karena materialnya ringan nan kuat, sedangkan
cylinder dapat dibore up sesuai keinginan. Yup berarti gampangannya Jupiter Z1
masih bisa dibore up layaknya Jupiter pendahulu.
Bagaimana
kiprahnya di dunia balap nanti (terdekat PON)
Nah inilah poin yang
penting. Gen Jupiter besar karena kancahnya di sirkuit balap nasional yang
sangat disegani. nama beasr Jupiter muncul dari raungan mesin dan aksi diatas
sirkui berkelok. Mudahnya boreup dan modifikasi mesin sangat membantu untuk
mancapai nama besar itu. Dqan pertanyaanya adalah, bisakah versi terbaru dari
Jupiter ini menjawab tantangan itu? Seberapa dominan Jupiter Z1 menguasai dunia
perbalapan motor bebek nasional? Kita lihat saja aksinya. Ajang balap pertama
Jupiter Z1 mungkin dapat kita nikmati pada PON 2012 di Pekanbaru Riau.
Berikut spesifikasi Yamaha Jupiter Z1
Semoga berguna…
Regards,
waw
semogalebih safety key
ReplyDeleteEmang yang dulu kagak safety kah gan??
Delete