Rumor akan berojolnya matik premium yang bermesin
Injeksi dari pabrikan garpu tala semakin santer terdengar. Hal tersebut bukan
tidak beralasan. Salah satu produk Yamaha yakni Xeon yang terkenal dengan motor
matik yang kuenceng tersebut telah mendapat pukulan telak dari kompetitornya.
Yup, Gacoan Honda yang merupakan competitor sejati dari Yamaha telah merilis
Vario Injeksi yang kabarnya memang khusus di rancang untuk mengobrak-abrik
eksistensi matik berkubikasi 125 dari Yamaha tersebut. Dan sepertinya Yamaha tidak
mau tinggal diam. Di sinyalir Yamaha akan merilis Xeon injeksi untuk menahan
pukulan Honda. Berbagai pihak telah mengulas tentang betapa superiornya Vario
Injeksi atas Xeon yang masih bermesin Karbu tersebut. Dan kabqarnya Yamaha
telah mempersiapkan mayor change dari Xeon. Mengganti mesin dari system Karbu
menjadi Injeksi adalah catatan terpenting dari manuver counter attack Yamaha. Namun
dalam waktu yang tidak lama pasca launchingnya Vario Injeksi tersebut, seberapa
banyak mayor change yang dilakukan Yamaha terhadap Xeon Karbu? Disinyalir dalam
waktu yang relative pendek Yamaha hanya bisa membuat Xeon Karbu menjadi Xeon
Injeksi (baca : mesinnya saja) dan mungkin ditambah beberapa upgrade kecil. Nah
bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Mungkin ulasan dibawah dapat menjadi
pencerahan.
Desain masih
diminati konsumen
Desain Xeon bukanlah desain yang ‘ditolak konsumen’. Rupa
dan bentuk Xeon juga belum ketinggalan jaman. Dan sampai sekarang tidak sedikit
dari masyarakat yang masih menyukai lekuk tubuh matik premium Yamaha tersebut. Tidak
terlalu gambot, easy riding, bersahabat dengan berbagai kalangan, dan segala kelebihan
lainnya yang membuat Yamaha belum berniat untuk merombaknya. IMHO
Masih bisa
bersaing dengan desain competitor
Nah, jika kita lihat desain dari pesaingnya yakni
Vario Injeksi, IMHO Xeon masih bisa diandalkan. Justeru dengan segala
deferensiasi yang ada akan memberikan banyak opsi kepada masyarakat pada matik
premium. Jika ingin matik yang tidak kecil maka pilihlah Vario FI, atau
sebaliknya. Lagian permasalahan ‘inferior’nya Xeon Karbu atas Vario Injeksi IMHO
sepertinya hanya pada masalah mesin yang
sudah injeksi dan belum (menurut mindset kebanyakan masyarakat).Lain dari
pada itu, kemungkinan menciptakan sugesti baru untuk Xeon (agar dianggap Xeon
benar2 sudah berevolusi) adalah dengan pergantian stripping yang lebih extreme.
Seperti kita ketahui setiap Yamaha melakukan pergantian stripping untuk salah
satu produknya, pasti akan terlihat ‘berbeda dengan sebelumnya’.
Alasan efisiensi waktu dan cost memang sangatlah wajar
jika ingin segera melakukan counter attack. ditakutkan market share matik
premium akan tergerus semakin banyak, maka bergerak secepat mungkin adalah
jawabannya. Disamping itu, dari segi cost, strategi fast counter attack ini
tidak akan menggelontorkan banyak dana.
Mengekor pada
evolusi New Jupiter Z ke New Jupiter Z1
Alasan yang masuk akal lainnya adalah, berkaca pada
mayor change yang terjadi pada Jupiter Z1. Guratan desain yang seakan tidak
berubah dari sebelumnya hingga hanya pergantian stripping saja yang terjadi
disana, praktis memberi kesan jika Jupiter Z1 adalah versi injeksi dari New
Jupiter Z. Nah, memang kurang lebih seperti itulah mayor change yang akan terjadi
pada Xeon Injeksi. Desain seakan tidak berubah, dan hanya melakukan pergantian striping.
Tapi tidak menutup kemungkinan terjadi beberapa upgrade kecil di beberapa
bagian.
IMHO Desain Xeon Injeksi akan ‘sama’ dengan Xeon
karbu. Atau ada pendapat lain? Jika benar prediksi saya, apa yang akan terjadi?
Mari berbagi di kolom komentar.
Semoga berguna…
Regards,
dengan kasta dibawah vario125, harga xeon fi ini juga tdk layak melebihi harga vario125.
ReplyDeletekasih harga mepet ya gan...
Deleterasanya motor2 honda jauh lebih unggul di fitur ketimbang motor2 yamaha. apalagi klo dari segi harga gak jauh berbeda bahkan lebih murah, agak susah buat yamaha bertarung.
ReplyDeleteklo boleh ngarep sih mending Yamaha keluarin yamaha nouvo sx :D
ada udang dibalik rempeyek nih...
Delete