Yups
Sejak lahirnya, varian ini tidak lah mengecewakan. Angka penjualan juga
konsisten. Motor ini walaupun bermesin tanpa gigi namun diidolakan karena
kecepatannya. Pemakaian diasil silinder dan forged piston menjadi andalan
pabrikan garputala untuk mendongkrak performa mesin. Motor ini masuk dalam
motor matik premium dan menjadi flighship pabrikan Yamaha. Tanpa korekan
(karena kedua tool tersebut diatas tak dapat dikorek), motor ngacir singada
lawan. Namun, pasca competitor melaunching varian seteru, matik yang kita kenal
dengan nama XEON ini seakan langsung mati kutu. Meski sempat mengganti jubah untuk merefres tampilan, hal tersebut belum bisa mengangkatnya dari keterpurukan.
Data penjualan matik premium jan-jun 0212 (proud2rideblog.com) |
Pabrikan
sayap ngepak mengeluarkan produk yang merupakan penyempurnaan dari varian
sebelumnya. Honda Vario 125 PGM-FI merupakan produk yang ditempatkan untuk menjungkalkan
Xeon. Kubikasi mesin yang sepadan serta satu level harga merupakan indikasi
keduanya head to head. Namun karena jeroan sang produk baru yang superior
diatas kertas membuat Xeon terasa over price. Gen mesin yang berbeda (injection
dan karburator) merupakan deferensiasi yang paling nyata. Belum aplikasi ESP
power, ACG starter, dan CBS yang tidak ditemui pada varian seteru.Dengan harga
yang 11-12 namun spek terlihat jomplang, maka value to money pun terasa
jomplang.
Tidak
diragukan lagi minat masyarakat akan Xeon pun digerogoti Vario 125 Injeksi.
Dari bulan kebulan sejak lahirnya Vario terberu itu, terlihat penjualan
berbanding terbalik dengan Xeon. Semakin ngegas untuk si injeksi, dan semakin
ngerem untuk si karburator. Mungkin seharusnya Yamaha secepatnya mengangkat
kembali pamor motor matik premiumnya. Mengganti gelondongan mesin dengan
seperangkat sensor adalah wajib hukumnya. Selain itu hendaknya R & D juga
memikirkan nilai plus diatas seterunya. Dan tidak lupa harga juga harus
kompetitif. Dengan begitu, persaingan di segmen ini akan semakin seru dan
berimbang.
Xeon
harus segera di-mayor change… Bagaimana menurut Anda? Semoga berguna…
Regards,
Injeksi, Fitur berlimpah, dan harganya diturunkan
ReplyDeleteajib gan ngarepna...
Deleteulasan yang mantap...
ReplyDeleteulasan yang mantap...
ReplyDeleteTengkyu mas brow...
DeleteDitunggu kunjungannya kembali!
terlihat nyungsepna xeon krn brojolna v125i yg langsung moncer di awal penjualan.
ReplyDeleteMemang si V125i ini diterjunkan untuk itu gan
Deletebarangkali nanti ada penyegaran dengan xeon injeksi,..tp gak tau mampu fresh pa engga :D
ReplyDeleteRumor yang beredar begono gan... Semua usaha pasti ada hasilnya insa-aloh..
Deletekita tinggu saja manuvernya si xeon...
kelemahan yamaha xeon menurut ane pribadi dan tanya2 sama orang2.
ReplyDelete1. harga kemahalan, seharusnya xeon dijual 13 juta.
2. fitur kurang (ini keluhan yang pernah ane denger)
3. body ke kekecilan, ane pernah tanya ke beberapa orang kenapa pilih merk "H" mereka bilang bodynya ga terlalu kecil.
4. jok terlalu datar, seharusnya yamaha inovasi jok dibuat agak nungging (vario baru agak nungging temen ane yang beli cukup suka sama hal ini)
5. sumbu bawah kurang tinggi, ini masalah matic yang seharusnya diatasi.
6. yamaha terlalu PD menjual forged piston, masalahnya "kebanyakan" mindset orang indonesia irit, ga terlalu memperhatikan piston.
7. marketingnya kurang peka sama selera masyarakat, lebih pede sama hasil surveynya yang menurut ane kurang akurat.
ane sempet cari matic yang bagasi gede, tertarik liat xeon tapi pas buka joknya halah ada blok piston mengongak makan tempat bagasi.
kalo yamaha ga ubah drastis hal diatas, ane rasa penjualan xeon stag atau makin jeblok.
CMIIW
wew ternyata banyak juga ya keluhan dari Xeon. Semoga didengar oleh yang bersangkutan ya bro...
DeleteTapi emang, btw 'tiada produk yang sempurna'...
kacian banget xeon, kalah telak m vario 125 fi,,,,kxknya mau injecsi to karbu honda tetap no wahit,,,,buktix:
Deletexeon (karbu)vs vario 125 fi(injection),,,winner vario
mio j (injection) vs beat (karbu),,,winner beat
so,,,,
market share Honda emang asoy geboy ya gan...
Delete