visit on my page

Thursday, August 2, 2012

Xeon Semakin Nyungsep

Yups Sejak lahirnya, varian ini tidak lah mengecewakan. Angka penjualan juga konsisten. Motor ini walaupun bermesin tanpa gigi namun diidolakan karena kecepatannya. Pemakaian diasil silinder dan forged piston menjadi andalan pabrikan garputala untuk mendongkrak performa mesin. Motor ini masuk dalam motor matik premium dan menjadi flighship pabrikan Yamaha. Tanpa korekan (karena kedua tool tersebut diatas tak dapat dikorek), motor ngacir singada lawan. Namun, pasca competitor melaunching varian seteru, matik yang kita kenal dengan nama XEON ini seakan langsung mati kutu. Meski sempat mengganti jubah untuk merefres tampilan, hal tersebut belum bisa mengangkatnya dari keterpurukan.
Data penjualan matik premium jan-jun 0212 (proud2rideblog.com)
Pabrikan sayap ngepak mengeluarkan produk yang merupakan penyempurnaan dari varian sebelumnya. Honda Vario 125 PGM-FI merupakan produk yang ditempatkan untuk menjungkalkan Xeon. Kubikasi mesin yang sepadan serta satu level harga merupakan indikasi keduanya head to head. Namun karena jeroan sang produk baru yang superior diatas kertas membuat Xeon terasa over price. Gen mesin yang berbeda (injection dan karburator) merupakan deferensiasi yang paling nyata. Belum aplikasi ESP power, ACG starter, dan CBS yang tidak ditemui pada varian seteru.Dengan harga yang 11-12 namun spek terlihat jomplang, maka value to money pun terasa jomplang.
Spesifikasi All New Vario 125 PGM-FI
Tidak diragukan lagi minat masyarakat akan Xeon pun digerogoti Vario 125 Injeksi. Dari bulan kebulan sejak lahirnya Vario terberu itu, terlihat penjualan berbanding terbalik dengan Xeon. Semakin ngegas untuk si injeksi, dan semakin ngerem untuk si karburator. Mungkin seharusnya Yamaha secepatnya mengangkat kembali pamor motor matik premiumnya. Mengganti gelondongan mesin dengan seperangkat sensor adalah wajib hukumnya. Selain itu hendaknya R & D juga memikirkan nilai plus diatas seterunya. Dan tidak lupa harga juga harus kompetitif. Dengan begitu, persaingan di segmen ini akan semakin seru dan berimbang.

Xeon harus segera di-mayor change… Bagaimana menurut Anda? Semoga berguna…

Regards,

13 comments:

  1. Injeksi, Fitur berlimpah, dan harganya diturunkan

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Tengkyu mas brow...
      Ditunggu kunjungannya kembali!

      Delete
  3. terlihat nyungsepna xeon krn brojolna v125i yg langsung moncer di awal penjualan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang si V125i ini diterjunkan untuk itu gan

      Delete
  4. barangkali nanti ada penyegaran dengan xeon injeksi,..tp gak tau mampu fresh pa engga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumor yang beredar begono gan... Semua usaha pasti ada hasilnya insa-aloh..
      kita tinggu saja manuvernya si xeon...

      Delete
  5. kelemahan yamaha xeon menurut ane pribadi dan tanya2 sama orang2.

    1. harga kemahalan, seharusnya xeon dijual 13 juta.

    2. fitur kurang (ini keluhan yang pernah ane denger)

    3. body ke kekecilan, ane pernah tanya ke beberapa orang kenapa pilih merk "H" mereka bilang bodynya ga terlalu kecil.

    4. jok terlalu datar, seharusnya yamaha inovasi jok dibuat agak nungging (vario baru agak nungging temen ane yang beli cukup suka sama hal ini)

    5. sumbu bawah kurang tinggi, ini masalah matic yang seharusnya diatasi.

    6. yamaha terlalu PD menjual forged piston, masalahnya "kebanyakan" mindset orang indonesia irit, ga terlalu memperhatikan piston.

    7. marketingnya kurang peka sama selera masyarakat, lebih pede sama hasil surveynya yang menurut ane kurang akurat.

    ane sempet cari matic yang bagasi gede, tertarik liat xeon tapi pas buka joknya halah ada blok piston mengongak makan tempat bagasi.

    kalo yamaha ga ubah drastis hal diatas, ane rasa penjualan xeon stag atau makin jeblok.

    CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew ternyata banyak juga ya keluhan dari Xeon. Semoga didengar oleh yang bersangkutan ya bro...
      Tapi emang, btw 'tiada produk yang sempurna'...

      Delete
    2. kacian banget xeon, kalah telak m vario 125 fi,,,,kxknya mau injecsi to karbu honda tetap no wahit,,,,buktix:
      xeon (karbu)vs vario 125 fi(injection),,,winner vario
      mio j (injection) vs beat (karbu),,,winner beat
      so,,,,

      Delete
    3. market share Honda emang asoy geboy ya gan...

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?