visit on my page

Saturday, September 15, 2012

Bagaimana Jika Desain New Xeon FI Masih Sama Dengan Desain Xeon Karbu ?

Rumor akan berojolnya matik premium yang bermesin Injeksi dari pabrikan garpu tala semakin santer terdengar. Hal tersebut bukan tidak beralasan. Salah satu produk Yamaha yakni Xeon yang terkenal dengan motor matik yang kuenceng tersebut telah mendapat pukulan telak dari kompetitornya. Yup, Gacoan Honda yang merupakan competitor sejati dari Yamaha telah merilis Vario Injeksi yang kabarnya memang khusus di rancang untuk mengobrak-abrik eksistensi matik berkubikasi 125 dari Yamaha tersebut. Dan sepertinya Yamaha tidak mau tinggal diam. Di sinyalir Yamaha akan merilis Xeon injeksi untuk menahan pukulan Honda. Berbagai pihak telah mengulas tentang betapa superiornya Vario Injeksi atas Xeon yang masih bermesin Karbu tersebut. Dan kabqarnya Yamaha telah mempersiapkan mayor change dari Xeon. Mengganti mesin dari system Karbu menjadi Injeksi adalah catatan terpenting dari manuver counter attack Yamaha. Namun dalam waktu yang tidak lama pasca launchingnya Vario Injeksi tersebut, seberapa banyak mayor change yang dilakukan Yamaha terhadap Xeon Karbu? Disinyalir dalam waktu yang relative pendek Yamaha hanya bisa membuat Xeon Karbu menjadi Xeon Injeksi (baca : mesinnya saja) dan mungkin ditambah beberapa upgrade kecil. Nah bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Mungkin ulasan dibawah dapat menjadi pencerahan.

Desain masih diminati konsumen
Desain Xeon bukanlah desain yang ‘ditolak konsumen’. Rupa dan bentuk Xeon juga belum ketinggalan jaman. Dan sampai sekarang tidak sedikit dari masyarakat yang masih menyukai lekuk tubuh matik premium Yamaha tersebut. Tidak terlalu gambot, easy riding, bersahabat dengan berbagai kalangan, dan segala kelebihan lainnya yang membuat Yamaha belum berniat untuk merombaknya. IMHO

Masih bisa bersaing dengan desain competitor
Nah, jika kita lihat desain dari pesaingnya yakni Vario Injeksi, IMHO Xeon masih bisa diandalkan. Justeru dengan segala deferensiasi yang ada akan memberikan banyak opsi kepada masyarakat pada matik premium. Jika ingin matik yang tidak kecil maka pilihlah Vario FI, atau sebaliknya. Lagian permasalahan ‘inferior’nya Xeon Karbu atas Vario Injeksi IMHO sepertinya hanya pada masalah mesin yang sudah injeksi dan belum (menurut mindset kebanyakan masyarakat).Lain dari pada itu, kemungkinan menciptakan sugesti baru untuk Xeon (agar dianggap Xeon benar2 sudah berevolusi) adalah dengan pergantian stripping yang lebih extreme. Seperti kita ketahui setiap Yamaha melakukan pergantian stripping untuk salah satu produknya, pasti akan terlihat ‘berbeda dengan sebelumnya’. 

Efisiensi waktu dan cost
Alasan efisiensi waktu dan cost memang sangatlah wajar jika ingin segera melakukan counter attack. ditakutkan market share matik premium akan tergerus semakin banyak, maka bergerak secepat mungkin adalah jawabannya. Disamping itu, dari segi cost, strategi fast counter attack ini tidak akan menggelontorkan banyak dana.

Mengekor pada evolusi New Jupiter Z ke New Jupiter Z1
Alasan yang masuk akal lainnya adalah, berkaca pada mayor change yang terjadi pada Jupiter Z1. Guratan desain yang seakan tidak berubah dari sebelumnya hingga hanya pergantian stripping saja yang terjadi disana, praktis memberi kesan jika Jupiter Z1 adalah versi injeksi dari New Jupiter Z. Nah, memang kurang lebih seperti itulah mayor change yang akan terjadi pada Xeon Injeksi. Desain seakan tidak berubah, dan hanya melakukan pergantian striping. Tapi tidak menutup kemungkinan terjadi beberapa upgrade kecil di beberapa bagian.

IMHO Desain Xeon Injeksi akan ‘sama’ dengan Xeon karbu. Atau ada pendapat lain? Jika benar prediksi saya, apa yang akan terjadi? Mari berbagi di kolom komentar.

Semoga berguna…

Regards,

4 comments:

  1. dengan kasta dibawah vario125, harga xeon fi ini juga tdk layak melebihi harga vario125.

    ReplyDelete
  2. rasanya motor2 honda jauh lebih unggul di fitur ketimbang motor2 yamaha. apalagi klo dari segi harga gak jauh berbeda bahkan lebih murah, agak susah buat yamaha bertarung.

    klo boleh ngarep sih mending Yamaha keluarin yamaha nouvo sx :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?