visit on my page

Wednesday, November 28, 2012

Supra X 125 satu segmen dengan Jupiter MX?

Bukan merupakan hal yang baru namun sungguh merupakan pertanyaan yang begitu mengusik pikiran. Kalo dipikir-pikir, segmen motor bebek diatas entry level ini “tidak lah sepadan”,.Namun begitulah adanya, line up kedua pabrikan motor jepang di Indonesia menyuguhkan karakteristik kuda besi yang seperti itu. Honda mempunya Supra 125 series diatas produk entry levelnya Revo, sedangkan di lini Yamaha memiliki Jupiter MX diatas produk bebek terendah nya Vega ZR. Yup, hanya seri tersebut di atas kecuali si kembar New Jupiter Z vs New Honda Blade dan segmen motor pintar Revo AT vs Lexam yang keduanya sama-sama mengalami penjualan phenomenal… hehe.




Ditilik dari segi bentuk, Supra 125 vs Jupiter MX dapat dikatakan sangatlah kontras. Supra 125 series yang menyuguhkan aura simple namun elegan, sedangkan Jupiter Series menampilkan aura sporty nan garang. Basic desain jelas sudah berbeda, Honda menawarkan desain yang lebih mature dan lain halnya Yamaha mengiming-imingi konsumen dengan desan yang Youthful. Walaupun sama-sama di segmen motor bebek premium, namun terlihat dari segi desain kedua pabrikan motor jepun ini memiliki target/sasaran yang tidak lah sama. Dan memang strategi kedua pabrikan tidaklah salah sasaran. Lihat saja pengendara Supra 125 series baik itu yang SW,CW, Helm in sekalipun mayoritasnya adalah para-para orang dewasa. Dan sebaliknya Jupiter series banyak ditunggangi oleh para-para pemuda.
Nah sekarang bagaimana profil konsumen motor bebek premium ini yang sesungguhnya? Apakah para mature, atau para pemuda? Jika memang profil konsumen motor bebek strata atas ini cenderung adalah mature, maka strategi Honda lah yang berhasil di segmen ini. Dan sebaliknya pula jika profilingnya adalah para pemuda, maka strategi pabrikan grputala lah yang lebih unggul.
Namun, kita lihat fakta saja. Sampai detik ini, bagaimana tren penjualan di segmen bebek kasta tinggi. Yup, memang supra 125 series lah yang lebih banyak sold. Namun, apakah ini menunjukkan bahwa segmen bebek premium adalah segmennya para mature? Apakah strategi pabrikan sayap ngepak yang lebih berhasil? Atau, memang sales Honda yang lebih jawara? Memang semuanya masih relative. Tidak ada jawaban yang pasti atas fenomena ini. Yang jelas, pada segmen bebek premium kita disuguhkan head to head yang “tidak sama”. Tinggal bagaimana kebutuhan para konsumen. Mau yang simple namun elegan? Pilih Supra 125 series. Mau yang Racy look alias garang? Monggo Jupiter MX nya diboyong. 
Semoga Berguna...

Regards,

Waw

Link Terkait :

6 comments:

  1. pilih HSX 125
    nitip http://motorohim.blogspot.com/2012/11/mengenang-motor-4-silinder-kawasaki-dan.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi bukan yang gratisan kan gan?? ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮

      Thank for coming to my land

      Delete
  2. kyak pilih NJMX 135,.bro
    scara mtor gue NJMX 135 Atcw.
    lbih kren dri tmpiln & cc ny lbih gde,.
    mantapppp
    http://septiyanayananjmx135.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. bner jga,,
      trgntung budget jga,.hhehe

      Delete
    2. kalo udah ngebet, masalah budget bisa diatur

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?