Ngomong-ngomong
masalah motor bebek sport tentu kita akan dipaksa untuk mengingat Jupiter MX.
Yup, terakhir kali Yamaha merombak motor ini tak tanggung2 dengan menambahkan
rem cakram belakang (Jupiter-MX adalah produk Yamha Indonesia pertama yang mengadopsi
rem cakram belakang). Selain itu, ban gambot juga menambah aura garang si kuda
besi. Namun, YIMM memproduksi 2 varian untuk Jupiter MX ini. Sama-sama versi
cast wheel namun yang satu dengan aplikasi ban standart saja dan minus RDB
serta tak terpasang kopling tangan (varian ACW). Dengan adanya 2 varian
tersebut, tentu respon pasar tidak lah sama. Dengan selisih banderol di bawah 1
juta, menjadikan varian ACW sepi peminat.
Meskipun
volume penjualan tidak mencapai seperempat dari varian RDB, sampai saat ini
Yamaha Indonesia tetap mengalokasikan Jupiter MX ACW ke semua jaringan
dealer-dealernya. Asumsi bahwa peminat motor ini adalah para orang tua
kemungkinan besar benar adanya. Profil orang yang sudah tidak mudah lagi adalah
tidak menyukai kopling tangan. Atau mungkin ibu-ibu yang suka dengan motor
bebek berpower lumayan namun tanpa bukan full clutch, Jupiter MX ACW adalah
pilihan yang tepat.
Grafik penjualan motor bebek sport (proud2rideblog.com) |
Grafik perbandingan penjualan varian Jupietr MX (edorusyanto.wordpress.com) |
Value
yang sudah terciderai sejak lahir, membuat varian ACW ini susah bertumbuh.
Bayangkan, dengan hanya selisih tidak sampai sejuta kita sudah mendapatkan
deferensiasi yang wow… Full clutch, RDB, ban gambot… orang waras juga akan
memilih Jupiter MX CW ketimbang Jupiter MX ACW. Terkecuali untuk profil
konsumen mendambakan motor bebek bertenaga namun menganggap ‘Full clutch’
adalah ribet. Padahal profil konsumen yang seperti itu sangatlah minorotas
sekali. Inilah bukti bahwa YIMM masih memperjuangkan kaum minoritas. Hehe…
IMHO…
dengan segala kelemahannya, Jupiter MX ACW harus segera di-discontinue. Karena
tidak ada untungnya Yamaha mempertahankan varian ini. Mending dibuat upgrade
varian yang satunya biar lebih mantabh… Bagaimana menurut Anda? Semoga berguna…
Regards,
waw
Gambar dari google
Baca Juga :
biarkan gan. buat nambah opsi lumayan
ReplyDeleteiya gan... kasihan kaum minoritas yah
Deleteprthnkn, tpi fiturny jga d strakan dengan yng CW.
ReplyDeleteuntk orng yg ingn tmpil gaya tpi dngan kapraktisn gaya nkhas bebek.,
Lha kalo fitur dinaikkan (setara dengan CW) apa itu bukan istilahnya membuat 2 type yang setara namun namanya saja yang beda?
Deletesama aja diskontinyu type ACW dong bro
gini mksud gue, mx cw dn acw sma2 pke RDB, gear yng sma dn ukuran ban yng sma. cman dibedakan antara kopling dgan tnpa kopling aja masBro,.
Deletegue pke mx acw, gra2 ga pke rdb ya terpksa gue modif tu rem tromolnya jdi ckram,,.
http://septiyanayananjmx135.blogspot.com/2013/03/rdb-di-new-jupiter-mx-acw.html
Ya kalo gitu mending gini aja gan..
Delete- ACW didiscontinue
- CW didowngrade dengan menghilangkan kopling
- untuk yang suka kopling, part kopling komplit dijual terpisah.
GMN?
okk, siip
Deleteklo cw d hlangkn koplingya sma dngan acw masBro,.
semoga YIMM nya denger bro.. hehe
DeleteJanganlah yang ACW di diskontinyu.... alasannya ane mau bikin modifikasi motor matic menjadi trail, yang syaratnya shockbreakernya monoshok. Motor trail itu bagus pakai monoshock, karena travel ayunannya flexible. Tanpa kopling, tetapi monoshock ? ya cuma Yamaha ...
ReplyDeleteBuat dimodif beli yang 2nd aja lah gan.. mosok motor gress mau diodal-adul.. Bisa amsyiong ntar.. hehe
Deletesolusi terbaik : turunin harga.
ReplyDeleteseperti teknik marketin tahun 2006, kenapa yamaha laku ? karena harga termurah dan kualitas bagus.
dl ane inget yamaha ini di tegor kompetitor karena harga.
wkwkwkwk...
sayang strategi ini ga dipake lagi.
Financial lagi gak memadai kali bro..
DeleteApa ga malah aneh logika artikel ini?
ReplyDeleteBukannya dari dulu bebek ditujukan karena kepraktisan?
dan motor laki kopling manual ditujukan untuk performa?
Bebek pake manual clutch..., kenapa ga ke motor laki aja sekalian?
Nyari MX AT sekarang susahnya yg ready stock, adanya MC.
Justru mau hindarin kopling nih. Lama-lama males juga pake motor laki kopling.
beropini boleh kan bro...menurut ane kalo mau praktis ya pilih matik. moped alias bebek itu sekarang masuk segmen nanggung bin binging, makanya market share nya tergerus ama skutik dan sport.
Deleteselain kopling tangan, sepertinya konsumen juga punya bahan pertimbangan lain seperti ukuran ban san rem cakram belakang bro.
imho yamaha membangun Jupiter MX adalah dengan tujuan image motor bebek sport. maka jadilah Jupiter MX cw tersebut. kalo ada opsi MX AT itu sebenernya bonus dari YIMM untuk konsumen yang tak suka kopling tangan. makanya produksinya dikit. cmiiw...
btw thanks dah mampir di mari...