visit on my page

Tuesday, July 31, 2012

Pantaskah Jupiter MX ACW di-discontinue?

Ngomong-ngomong masalah motor bebek sport tentu kita akan dipaksa untuk mengingat Jupiter MX. Yup, terakhir kali Yamaha merombak motor ini tak tanggung2 dengan menambahkan rem cakram belakang (Jupiter-MX adalah produk Yamha Indonesia pertama yang mengadopsi rem cakram belakang). Selain itu, ban gambot juga menambah aura garang si kuda besi. Namun, YIMM memproduksi 2 varian untuk Jupiter MX ini. Sama-sama versi cast wheel namun yang satu dengan aplikasi ban standart saja dan minus RDB serta tak terpasang kopling tangan (varian ACW). Dengan adanya 2 varian tersebut, tentu respon pasar tidak lah sama. Dengan selisih banderol di bawah 1 juta, menjadikan varian ACW sepi peminat.

  
  
Meskipun volume penjualan tidak mencapai seperempat dari varian RDB, sampai saat ini Yamaha Indonesia tetap mengalokasikan Jupiter MX ACW ke semua jaringan dealer-dealernya. Asumsi bahwa peminat motor ini adalah para orang tua kemungkinan besar benar adanya. Profil orang yang sudah tidak mudah lagi adalah tidak menyukai kopling tangan. Atau mungkin ibu-ibu yang suka dengan motor bebek berpower lumayan namun tanpa bukan full clutch, Jupiter MX ACW adalah pilihan yang tepat.
Grafik penjualan motor bebek sport (proud2rideblog.com)
Grafik perbandingan penjualan varian Jupietr MX (edorusyanto.wordpress.com)
Value yang sudah terciderai sejak lahir, membuat varian ACW ini susah bertumbuh. Bayangkan, dengan hanya selisih tidak sampai sejuta kita sudah mendapatkan deferensiasi yang wow… Full clutch, RDB, ban gambot… orang waras juga akan memilih Jupiter MX CW ketimbang Jupiter MX ACW. Terkecuali untuk profil konsumen mendambakan motor bebek bertenaga namun menganggap ‘Full clutch’ adalah ribet. Padahal profil konsumen yang seperti itu sangatlah minorotas sekali. Inilah bukti bahwa YIMM masih memperjuangkan kaum minoritas. Hehe…
 
IMHO… dengan segala kelemahannya, Jupiter MX ACW harus segera di-discontinue. Karena tidak ada untungnya Yamaha mempertahankan varian ini. Mending dibuat upgrade varian yang satunya biar lebih mantabh… Bagaimana menurut Anda? Semoga berguna…

Regards,

waw

Gambar dari google

Baca Juga :

14 comments:

  1. biarkan gan. buat nambah opsi lumayan

    ReplyDelete
  2. prthnkn, tpi fiturny jga d strakan dengan yng CW.
    untk orng yg ingn tmpil gaya tpi dngan kapraktisn gaya nkhas bebek.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha kalo fitur dinaikkan (setara dengan CW) apa itu bukan istilahnya membuat 2 type yang setara namun namanya saja yang beda?
      sama aja diskontinyu type ACW dong bro

      Delete
    2. gini mksud gue, mx cw dn acw sma2 pke RDB, gear yng sma dn ukuran ban yng sma. cman dibedakan antara kopling dgan tnpa kopling aja masBro,.

      gue pke mx acw, gra2 ga pke rdb ya terpksa gue modif tu rem tromolnya jdi ckram,,.
      http://septiyanayananjmx135.blogspot.com/2013/03/rdb-di-new-jupiter-mx-acw.html

      Delete
    3. Ya kalo gitu mending gini aja gan..
      - ACW didiscontinue
      - CW didowngrade dengan menghilangkan kopling
      - untuk yang suka kopling, part kopling komplit dijual terpisah.
      GMN?

      Delete
    4. okk, siip
      klo cw d hlangkn koplingya sma dngan acw masBro,.

      Delete
    5. semoga YIMM nya denger bro.. hehe

      Delete
  3. Janganlah yang ACW di diskontinyu.... alasannya ane mau bikin modifikasi motor matic menjadi trail, yang syaratnya shockbreakernya monoshok. Motor trail itu bagus pakai monoshock, karena travel ayunannya flexible. Tanpa kopling, tetapi monoshock ? ya cuma Yamaha ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat dimodif beli yang 2nd aja lah gan.. mosok motor gress mau diodal-adul.. Bisa amsyiong ntar.. hehe

      Delete
  4. solusi terbaik : turunin harga.

    seperti teknik marketin tahun 2006, kenapa yamaha laku ? karena harga termurah dan kualitas bagus.

    dl ane inget yamaha ini di tegor kompetitor karena harga.

    wkwkwkwk...

    sayang strategi ini ga dipake lagi.

    ReplyDelete
  5. Apa ga malah aneh logika artikel ini?

    Bukannya dari dulu bebek ditujukan karena kepraktisan?
    dan motor laki kopling manual ditujukan untuk performa?

    Bebek pake manual clutch..., kenapa ga ke motor laki aja sekalian?

    Nyari MX AT sekarang susahnya yg ready stock, adanya MC.
    Justru mau hindarin kopling nih. Lama-lama males juga pake motor laki kopling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beropini boleh kan bro...menurut ane kalo mau praktis ya pilih matik. moped alias bebek itu sekarang masuk segmen nanggung bin binging, makanya market share nya tergerus ama skutik dan sport.
      selain kopling tangan, sepertinya konsumen juga punya bahan pertimbangan lain seperti ukuran ban san rem cakram belakang bro.
      imho yamaha membangun Jupiter MX adalah dengan tujuan image motor bebek sport. maka jadilah Jupiter MX cw tersebut. kalo ada opsi MX AT itu sebenernya bonus dari YIMM untuk konsumen yang tak suka kopling tangan. makanya produksinya dikit. cmiiw...
      btw thanks dah mampir di mari...

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?