visit on my page

Friday, April 5, 2013

Siapa No 1 Motor Injeksi Indonesia?

Memang seru ngomingin tentang motor yang ada embel-embelnya komparasi. Apalagi jika komparasi datang antara 2 pabrikan motor terbesar se tanah air. Honda vs Yamaha selalu menjadi perbincangan yang tak kan pernah menjemukan. Sepertihalnya salah satu tema komparasi yang akan saya capture berikut. Bicara mengenai motor injeksi tentunya tak lepas dari Honda maupun Yamaha. Keduanya punya peran terhadap kelangsungan pertumbuhan motor ramah lingkungan. Meskipun pabrikan lain juga punya peranan penting, namun kita batasi permasalahan pada komparasi Honda – Yamaha. Mereka punya jalan dan cara yang berbeda dalam ‘mengembangkan’ motor injeksi. Dengan sistem yang sama tapi mekanisme berbeda dalam teknis, dan dengan sistem dan cara yang berbeda dalam pemasaran. 

pgmfi-step4

e- FI SUZUKI

ymjet-fi

Seperti yang telah saya katakan (pemasaran Honda pure improving sales – Yamaha push education) memberikan output yang berbeda pula. Dengan tujuan volume sales yang besar, Honda ternyata berhasil menguasai market share motor injeksi Indonesia. Sedangkan Yamaha, dengan tujuan edukasi berhasil menancapkan mindset injeksi ke benak masyarakat walaupun itu pelan dan butuh proses. Dalam jangka pendek tentunya strategi Honda lebih advance daripada Yamaha. Namun untuk jangka panjang, Yamaha pasti berharap sebaliknya. Kalau yang menjadi final destination adalah market, tentunya yang harus dipelajari adalah respon pasar. Bagaimana cara memenangkan hati pasar dengan menjadikan mainstream motor injeksi adalah Honda ataupun Yamaha. Disini siapa yang terlebih dahulu menancapkan itu di benak masyarakat, akan menjadi pemenangnya.



 

Lalu cara mana yang benar? Honda berusaha dapat menarik hati pasar dengan menyatakan “Honda no 1 motor injeksi” karena memang mereka menguasai pasar motor injeksi saat ini. Namun yamaha tetap bersabar melakukan pemupukan melalui edukasi kepada masyarakat bahwa “injeksi Yamaha lebih advance, lebih modular, lebih mudah dan murah perawatan, dll”. Jika pasar lebih cepat merespon fakta marketshare, maka Honda berkesempatan menjadi no 1 dalam motor injeksi di hati masyarakat. Sebaliknya, jika pasar tak terlalu menggubris volume penjulan, dan lebih mementingkan proses pembelajaran, tentu Yamaha yang lebih berpeluang. Hingga saat ini strategi itu lah yang dipakai kedua rival. Bisa jadi suatu saat nanti strategi akan berubah seiring terjadinya respon pasar. Karena motor injeksi akan menjadi motor mendatang, tentunya keduanya tidak mau gegabah. Dan biarkan waktu yang akan menjawab... semoga berguna...
 

Regards,

waw
Advertisement
-->

6 comments:

  1. yamaha kencang irit..
    Mau ngebut dimana??
    Cinta pgm-fi cinta indonesia.
    Cinta untk pacar??
    Wkwk

    ReplyDelete
  2. mau injeksi mau karbu, Honda tetep lebih mendominasi mindset masyarakat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yamaha perlu keja keras ya gan..
      Kompetisi semakin serrruuu

      Delete
  3. yang jelas bukan bajaj, apalagi tvs.

    http://survei-motor.blogspot.com/2013/04/kenapa-beat-fi-lebih-laku-daripada-mio-j.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, tapi bukan berarti tidak mungkin

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?